5 Mie Ayam di Jogja yang Wajib Kamu Cicipi, Rasanya Ingin Makan Lagi dan Lagi!

Mie ayam addict wajib mampir!

Bagi masyarakat Indonesia, mie merupakan salah satu bahan makanan yang cukup digemari untuk menggantikan nasi. Mie bisa diolah menjadi aneka kuliner yang lezat, salah satunya mie ayam. Iya, siapa sih yang tidak kenal makanan satu ini? Keberadaannya sangat mudah sekali ditemukan, mulai dari pinggir jalan hingga restoran bintang lima sekalipun.

Mie Ayam Kampus Wirobrajan (Instagram, @jogjaculinary)

Bahkan bisa dibilang setiap daerah memiliki mie ayam dengan cita rasa khas masing-masing, salah satunya Yogyakarta. Kota Gudeg ini nyatanya memiliki sekian mie ayam favorit yang wajib kamu jajal rasanya! Dijamin deh bakalan bikin ketagihan.

Mie ayam Bu Tumini

Kamu pasti sudah bisa menebak siapa yang ada di urutan pertama jika bicara tentang mie ayam terenak di Jogja. Yup, hingga saat ini “Tumini” masih saja menjadi primadona terutama di Yogyakarta bagian selatan. Banyak yang menyebutnya mie ayam ndeso karena lokasinya yang terbilang cukup jauh dari kota, yaitu Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Umbulharjo, utara Terminal Giwangan.

Mie ayam Bu Tumini (Instagram, @jogjaculinary)

Sebutan ndeso bukan hanya karena lokasi, namun mie-nya yang dibuat sendiri memiliki ketebalan dan tekstur kenyal sehingga kental nuansa Jawa. Belum lagi kuahnya yang pekat, kental dan manis, dengan potongan ayam melimpah menjadi daya tarik utama. Jangan lupa ceker ayam yang lezat tak boleh dilewatkan. Harganya terbilang murah yaitu 8-15 ribu rupiah tergantung ukuran porsi yang dipesan.

Mie ayam Rendang Tresno

Pernah makan rendang? Nasi padang dengan kuah rendang pasti juga pernah dong. Tapi apa hubungannya dengan mie ayam? Nah kali ini ada perpaduan unik antara mie ayam dan rendang yang bisa kamu temukan di Jogja. Berbeda dari umumnya, mie ayam ini menggunakan kuah rendang sebagai pengganti kaldu. Kalau toppingnya tetap menggunakan ayam kok.

Mie ayam Rendang Tresno (Instagram, @jogjaculinary)

Kalau mie ayam Tumini memiliki cita rasa yang cenderung manis, mie ayam Tresno lebih condong ke gurih. Saking lezatnya kamu bahkan tak perlu menambahkan kecap atau saus ke dalamnya. Tertarik mencoba? Lokasinya ada di Jalan Kaliurang 48 Jogja. Harganya cukup terjangkau kok, sekitar 10-15 ribu rupiah!

Mie ayam Sendowo Pak Wiyono

Nama Sendowo ini diambil dari nama daerah tempat warung didirikan yaitu Jalan Sendowo F 129, Sinduadi, Mlati, Sleman. Bisa dibilang unik karena mie ayam satu ini ada toppingnya yaitu berupa bakso goreng yang kriuk-kriuk. Belum l;agi kauhnya yang kental dengan cita rasa bumbu yang begitu kuat, bikin ketagihan deh. Masalah porsi jangan khawatir, pasti kenyang.

Mie ayam Sendowo Pak Wiyono (Instagram, @jogjaculinary)

Harga satu porsinya hanya 8.500 rupiah lho. Harga yang cukup bersahabat dengan porsi satu mangkuk penuh hingga sulit di aduk. Warung Pak Wiyono ini buka dari jam 11 siang hingga 5 sore saja. Jangan sampai kehabisan ya, enak banget untuk menu makan siang.

Mie ayam goreng Mekaton

Nyari mie ayam goreng di Jogja? Adaaa dong, salah satunya bisa kamu temukan di Jalan Kebon Agung, Pasar Srikaton, Seyegan, Sleman. Atau bisa juga di sebelah barat perempatan Cebongan. Sesuai dengan namanya, mie ayam ini disajikan kering tanpa kuah dengan rasa manis dan merica yang cukup kuat. Ukuran mie-nya terbilang cukup tebal dibanding mie ayam pada umumnya.

Mie ayam goreng Mekaton (Instagram, @jogjaculinary)

Topping ayamnya sendiri bukan di bacem melainkan di bumbu kecap seperti ayam panggang. Ada juga sawi dan acar yang menambah cita rasa makin sempurna. Konon katanya, warung ini menjadi pelopor mie ayam goreng di Jogja lho. Buka pukul 9 pagi hingga jam 2 siang, karena banyak penggemarnya terkadang sudah habis sebelum waktunya.

Mie ayam Lempar Cak Uji

Kalau kamu mencari mie ayam yang unik, mungkin warung satu ini bisa jadi pilihan. Biasanya orang-orang menyebutnya mie ayam Cak Uji, ada juga yang menyebut mie ayam Lempar atau Sirkus. Kok bisa ya? Ternyata penyematan nama tersebut bukan tanpa alasan. Penyajian seporsi mie ini penuh dengan atraksi keren berupa melempar mie ke udara sebelum akhirnya mendarat sempurna di mangkuk.

Karena atraksi si penjual itulah warung ini tidak pernah sepi dari pembeli terutama saat malam. Namun bukan hanya atraksinya yang keren, rasa mie ayam yang disajikan juga tak kalah lezat lho. Kalau kamu berminat mampir lokasinya ada di barat lampu merah Jalan Taman Siswa, buka mulai pukul 5 sore hingga tengah malam. Harganya? Tenang saja, cukup bersahabat kok.

Nah itulah beberapa mie ayam enak yang bisa kamu temui di Jogja, mana nih yang ingin kamu kunjungi?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *