Kalau Kamu Masih Yakin Micin Itu Bikin Bego, Berarti Kamu yang Bego

Kalau ada yang nyeletuk “ntar bego lho makan micin mulu”, abaikan!

Kamu pasti sering dengar orang yang bilang kalau micin itu bikin orang bego alias bodoh, kan? Saat enak-enaknya makan mie instan atau snack favorit, ada saja orang yang nyeletuk “jangan makan gituan lagi deh, itu micinnya bikin bego tau!” Tapi, apakah benar micin bisa membuat kita jadi bodoh?

Baca juga : Meski Nggak Sehat, Ini yang Bikin Kamu Selalu Ketagihan Kentang Goreng di Restoran Cepat Saji

Apa benar micin itu bisa bikin kita bodoh? | deliciousliving.com

Bukan racun

Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) merupakan bahan aditif yang memang banyak terkandung dalam berbagai makanan. Secara kimia, MSG adalah gabungan antara senyawa sodium seperti garam, dengan glutamat yang merupakan salah satu jenis senyawa penyusun protein dalam tubuh.

MSG merupakan gabungan antara senyawa sodium dan glutamat. | businessinsider.com

Dengan kalimat yang lebih sederhana, MSG bukanlah racun kimia, melainkan bahan-bahan yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, MSG yang terkandung di dalam makanan sebenarnya tidak diperlukan, karena kita mampu memproduksi sodium dan glutamat sendiri di dalam tubuh.

Bahkan secara alami, MSG sudah terkandung di dalam berbagai makanan yang kita konsumsi setiap hari, seperti daging dan kacang-kacangan. Jadi, tanpa MSG yang membuat makanan terasa nikmat seperti surga itu pun, kebutuhan tubuh kita akan MSG sebenarnya sudah tercukupi secara alami.

Aman dikonsumsi secara umum

Sekarang kamu sudah tahu kan kalau MSG tidak berbahaya bagi tubuh dan otak kita? Bahkan Food and Drugs Administration di Amerika Serikat telah menyatakan bahwa MSG aman dikonsumsi secara umum. Dan, tidak pernah ada kasus empiris manusia yang menjadi bodoh akibat MSG.

MSG tidak berbahaya bagi tubuh, dan tidak pernah ada kasus orang menjadi bodoh karena MSG. | gogirlmagz.com

Tapi ingat, MSG itu juga sama seperti (bahan) makanan lain yang menjadi tidak baik kalau dikonsumsi secara ekstrim dan berlebihan. Fast food itu nikmat, tapi akan jadi membahayakan kalau dinikmati terus-terusan setiap hati selama 24 jam. Mie instan dan snack favoritmu juga sama saja kok…

Akhir kata, selamat menikmati nikamatnya micin yang membuat setiap makanan terasa seperti surga dunia yang hakiki itu, tanpa perlu lagi gusar dan was-was dengan segala macam cibiran, celetukan, dan nyinyiran dari orang-orang di sekitarmu. Percayalah, yang bego itu mereka, bukan kamu.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

4 Hal Ini Membuktikan Bahwa Netizen Indonesia Polosnya Nggak Ketulungan

Bukan PNS, Inilah 5 Pekerjaan Impian Generasi Muda Jaman Sekarang