Meskipun Sepele, Kegiatan Sederhana Ini Mampu Membuat Kamu Menjadi Lebih Kreatif

Sebab di dunia kerja orang kreatif lebih dibutuhkan dibandingkan orang pintar…

Dibandingkan dengan orang pintar, orang kreatif nyatanya lebih banyak dibutuhkan di dunia pekerjaan. terlebih dengan era sekarang yang dunia kerja sangat membutuhkan gagasan inovatif dan kreatif. Inilah kenapa orang kreatif lebih “dicari” dibandingkan dengan orang pintar di dunia kerja.

Kelebihan orang kreatif dibandingkan orang pintar (idntimes.com)

Namun nahasnya, tipe orang kreatif nyatanya tidak banyak di dunia ini. Mereka seperti orang-orang spesial yang ditakdirkan oleh Tuhan untuk menjadi sosok yang kreatif dengan segala ide gilanya. Namun tenang saja, meskipun orang kreatif itu sedikit, tetapi daya kreatifitas nyatanya bisa dibentuk kok. Dengan melakukan beberapa kegiatan sederhana ini, kamu bisa menjadi sosok yang lebih kreatif dari sebelumnya.

Banyak membaca dan menulis

Berbicara tentang kreatifitas erat kaitannya dengan ide dan gagasan. Orang kreatif juga bisa dilihat dari ide-ide brilian yang dihasilkan, semakin banyak ide dalam fikiran, maka seseorang tersebut semakin kreatif dalam pekerjaannya.

Membaca dan menulis kegiatan yang dapat meningkatkan kreatifitas (idntimes.com)

Untuk mendapatkan banyak ide, bisa kita lakukan dengan cara banyak membaca. Baca apa saja dan sebanyak-banyaknya, bahkan sesuatu yang menurut kamu tidak penting dibaca adakalanya diperlukan dilain kesempatan. Semakin banyak membaca maka otak akan semakin banyak menerima informasi. Dampaknya, rangkaian informasi yang ada dalam otak bisa memunculkan ide-ide kreatif.

Namun kreatifitas tidak akan dapat dirasakan jika tidak dituangkan. Nah salah satu belajar menuangkan kreatifitas ialah dengan cara menulis. Tulislah apa saja yang ada dalam fikiranmu. Jika kamu merasa kesusahan dalam mencari ide, maka tulislah hal-hal sederhana yang ada dikehidupanmu.

Bermain game puzzle atau mengisi TTS

Tidak hanya berhitung atau membaca, melatih otak menjadi kreatif juga bisa dengan cara memainkan game, khususnya game puzzle. Game puzzle atau game yang dituntuk untuk merangkai dan memecahkan masalah memang dibuat tidak hanya untuk hiburan namun juga untuk melatih daya kreatifitas otak.

Bermain puzzle atau merangkai balok (merries.co.id)

Saat main game puzzle, otak akan berfikir memecahkan solusi namun dengan cara menyenangkan. Hal ini tentu berbeda dengan belajar matematika. Sebab meskipun belajar matematika intinya sama yakni memecahkan persoalan, namun matematika sepertinya tidak lebih menyenangkan dibandingkan bermain puzzle.

Jika ingin lebih serius namun tidak menghilangkan suasana senang, kamu juga bisa melatih kreatifitas dengan cara mengisi Teka Teki Silang atau TTS. Saat mengisi TTS otak kita akan bekerja mencari jawaban yang paling tepat, proses berfikir mencari jawaban pada game TTS inilah yang dapat melatih otak berfikir dengan kreatif.

Mendengarkan musik relaksasi dan berekreasi

Sebuah penelitian telah membuktikan jika mendengarkan musik klasik terbukti dapat membuat otak lebih kreatif. Musik klasik memiliki panjang gelombang yang dapat menstimulus otak menjadi lebih kreatif. Selain itu, mendengarkan musik juga membuat fikiran lebih fresh sehingga lebih mudah memunculkan ide-ide kreatif.

mendengarkan musik relaksasi (papasemar.com)

Selain mendengarkan musik klasik, agar daya kreatifitas kamu terus meningkat, kamu juga bisa melakukan rekreasi, treaveling atau berpetualang. Keluar dari zona nyaman dan berani menghadapi tantangan akan membuat otak kamu menerima pengalaman-pengalaman baru yang bisa menstimulus kreatifitas otak.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar daya kreatifitasmu terus terjaga dan meningkat. Lakukan hal sederhana yang paling kamu sukai guys…

Tulis Komentarmu
Amin Aulawi (Aw)

Written by Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Rock Balancing Itu Bukan Ilmu Gaib, Tapi Hobi Sekaligus Seni

Sunat Perempuan: Pro, Kontra, dan Hal-Hal Ambigu di Dalamnya