Meskipun Kematian Masih Menjadi Misteri, Namun Inilah Tanda-tanda Kematian Pada 100 Hari Menjelang Ajal

Jika ajal menjemput kita, sudah siapkah kita menghadapinya?

Sebagai umat yang beriman kita tentu meyakini jika kematian, jodoh, dan rejeki sepenuhnya mutlak rahasia Ilahi. Tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi dengan tepat terkait tiga hal tersebut. Namun jika manusia mau berfikir dan mengamati tanda-tandanya, maka sebenarnya Tuhan memberikan tanda-tanda kepada tiga hal tersebut.

Entah kapan waktunya kita semua akan merasakan kematian (timdakwahalbahjah.blogspot.co.id)

Khusus untuk perkara kematian, ada beberapa tanda-tanda yang bisa dikatakan sebagai tanda-tanda jika ajal sudah dekat. Namun sayangnya tanda-tanda ini tidak semua orang bisa mengamati, tentu hanya mereka yang benar-benar diberi kenikmatan oleh Tuhan untuk bisa merasakan tanda-tanda tersebut.

Inilah tanda-tanda ajal mendekat yang berhasil penulis kumpulkan dari berbagai referensi terpercaya.

Tanda-tanda 100 hari sebelum ajal tiba

Tanda-tanda 100 menjelang kematian, biasanya seseorang akan mengalami menggigil di waktu sehabis ashar. Pada waktu tersebut, jika seseorang sudah mendekati ajalnya maka dari ujung rambut sampau ujung kaki akan mengalami getaran, atau menggigil.

Menggigil sehabis ashar (vemale.com)

Namun hanya orang yang senantiasa memperhatikan tanda-tanda dari yang Maha pemilik nyawa yang dapat merasakan atau menyaksikan tanda-tanda ini. Bagi orang yang telah lalai dengan hal kematian, maka tanda ini akan lewat begitu saja tanpa ada yang bermakna. Padahal ini merupakan tanda jika ajal sudah mendekat.

Tanda-tanda 40 hari sebelum ajal tiba

Pada 40 hari menjelang kematian, Tuhan lagi-lagi menurunkan tanda-tanda jika kematian akan tiba kepada hambanya. Kali ini tanda-tanda tersebut ialah akan ada denyutan setiap waktu ashar pada bagian pusar.

Bagian pusar mengalami denyutan pada waktu ashar (dakwatuna.com)

Pada 40 hari menjelang kematian, dalam tradisi umat Islam konon malaikat sudah mengikuti langkah orang yang akan dicabut nyawanya. Bahkan konon tumbuhan dan hewan mengetahui seseorang akan meninggal pada 40 hari sebelum ajalnya.

Tanda-tanda 7 hari menjelang kematian

Untuk tanda-tanda 7 hari menjelang kematian biasanya hanya dirasakan untuk mereka yang mengalami sakit terlebih dahulu. Mereka yang sakit menjelang kematian, biasanya tujuh hari sebelumnya akan mengalami kondisi yang membaik.

Bagi orang sakit masa ini cenderung membaik (papasemar.com)

Jika biasanya ia susah makan, maka tujuh hari sebelum kematian ia tiba-tiba mengalami peningkatan selera makan.

Tanda-tanda 3 hari menjelang kematian

H-3 menjelang kematian, biasanya seseorang akan mengalami pertanda yang cukup jelas tentang dekatnya ajal. Biasanya saat waktu ini seseorang akan mengalami denyutan yang jelas di tengah dahinya.

3 hari sebelum kematian akan terasa denyutan di dahi (islamidia.com)

Saat-saat tersebutlah seseorang dianjurkan untuk mengurangi makannya. Sebab hal ini juga untuk mengurangi kotoran (najis) dalam perut yang bisa keluar saat sudah meninggal. Tiga hari sebelum kematian, organ tubuh juga mulai pucat, seperti kedua daun telinga.

Tanda-tanda 1 hari menjelang kematian

Denyutan di bagian ubun-ubun (wajibbaca.com)

Jika seseorang sudah dekat ajalnya, satu hari sebelum kematian orang tersebut akan mengalami denyutan yang keras dibelakang kepala sekitar ubun-ubun. Biasanya waktu terjadinya denyutan ialah sore hari atau sehabis ashar.

Detik-detik menjelang kematian

Pada detik-detik menjelang kematian, seseorang akan merasakan adanya tarikan udara dari pusar turun ke pinggang, lalu naik sampai ke kerongkongan. Pada saat-saat inilah proses keluarnya nyawa atau ruh dalam raga seseorang.

Ada semacam tarikan udara dari pusar turun ke pinggang, lalu naik ke kerongkongan (viva.co.id)

Pada kondisi tersebut hendaklah orang yang sedang menghadapi sakaratul maut dituntun untuk menucapkan kalimah tahlil atau syahadat.

Itulah beberapa tanda-tanda jika ajal akan menjemput kita. Sehebat apapun kita, secantik apapun wajah kita, sekaya apapun harta kita, kita semua tentu akan menghadapi dan merasakan kematian. Sudahkan kita mempersiapkan diri jika kematian datang esok hari?

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Bukan Berarti Playboy, Tapi Inilah Alasan Logis Kenapa Cowok Lebih Mudah Jatuh Cinta Dibandingkan Cewek

Jika Punya 10 Pemikiran Ini, Kamu Adalah Kelas Menengah Yang Susah Kaya