Meski Keren dan Mentereng, Faktanya 5 Pekerjaan Ini Justru yang Paling Awal Akan Digantikan Oleh Robot

….dan kamu bisa pensiun dini

190
SHARES

Berapa banyak dari kalian yang gemar menonton film science fiction? Melalui genre film tersebut, penonton biasanya dihadapkan pada imajinasi mengenai teknologi canggih apa saja yang mungkin untuk bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari penggunaan mobil terbang, kehidupan di planet lain, hingga dunia yang dipenuhi oleh robot di semua unsur kehidupan. Khusus yang disebutkan belakangan, perkembangannya bahkan cukup pesat.


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, 20 tahun dari sekarang, beberapa pekerjaan penting yang biasa dilakukan oleh manusia dan memiliki tingkat kesulitan tinggi akan digantikan oleh robot atau kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI). Hal ini diperlukan untuk meminimalkan kemungkinan terjadi kesalahan karena faktor manusia (Human Error). Mungkinkah ini berarti kalian yang memiliki pekerjaan seperti di bawah ini akan segera pensiun dini?

1. Dokter

Saat ini, robot bedah masih dioperasikan oleh dokter biasa. Bagaimana di masa depan? – infonawacita.com

Tak ada yang meragukan bahwa perlu sekolah yang tinggi untuk bisa menjadi seorang dokter, dan perlu pengalaman bertahun-tahun untuk bisa menjadi seorang dokter yang handal dan benar-benar ahli. Namun, itu semua akan segera digantikan oleh kerja robot yang tak butuh sekolah maupun jam terbang tinggi. Selain itu, penggunaan robot yang mulai jamak di berbagai rumah sakit juga membuat operasi lebih cepat dan akurat. Bukan tak mungkin jika di masa depan fungsi robot benar-benar menggantikan seluruh peran dokter.

2. Tentara atau polisi

Robot militer – papoyz.blogspot.com

Amerika Serikat dikenal sebagai salah satu negara yang gencar mengembangkan robot untuk keperluan militer. Penggunaan robot memang dinilai lebih menguntungkan, karena mengurangi resiko terbunuhnya tentara di medan perang. Selain itu, robot juga dianggap lebih efektif dalam melakukan penyerangan pada pihak musuh. Pertanyaannya, mampukah peran robot menggantikan rasa kemanusiaan yang ada pada tentara biasa? Ini tentu diperlukan, agar robot tidak main pukul rata dalam menjalankan misinya.

3. Wartawan

Ilustrasi robot wartawan – theverge.com

Menurut para ahli, sekitar 15 tahun tahun lagi peran wartawan akan digantikan oleh robot. Diperkirakan bakal ada 90 persen artikel yang akan ditulis oleh robot. Saat inipun sejumlah media ternama telah menggunakan robot untuk mempermudah pekerjaan. Misalnya saja majalah Forbes yang menggunakan robot untuk menulis laporan tahunan, dan The Big Ten Network yang menggunakan robot untuk menulis berita olahraga.

4. Akuntan

Pekerjaan akuntan akan diambil alih robot. Selain lebih cepat, juga lebih akurat – boft.com

Pekerjaan mengolah data yang biasa dilakukan oleh seorang akuntan memang melelahkan. Namun itu semua akan berakhir, karena robot punya peluang paling besar untuk mengerjakan sebuah tugas yang mempunyai basis logika. Selain itu, penggunaan robot juga diyakini akan meminimalkan kesalahan input data dan mengurangi jam kerja para akuntan karena robot mampu melakukan analisis lebih cepat.

5. Pengemudi truk

Para produsen otomotif mulai mengembangkan teknologi kendaraan tanpa sopir – bbc.co.uk

Meski terkesan sepele, namun peran para pengemudi truk sangatlah besar, karena melalui jalan daratlah kebanyakan jalur distribusi keperluan manusia dikirimkan. Saat ini, banyak pabrikan otomotif yang diketahui telah mengembangkan sistem autonomous dimana setiap kendaraan bisa mengemudikan dirinya sendiri tanpa campur tangan manusia. Dengan teknologi ini, resiko kecelakaan karena pengemudi mengantuk maupun faktor-faktor lainnya bisa ditekan sekecil mungkin.

Kemajuan jaman yang kian canggih tentu perlu diimbangi dengan sumber daya manusia yang juga tak kalah majunya. Sebab kalau tidak, bersiaplah menganggur karena semua pekerjaan telah direbut oleh robot.

190
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~