Mereka yang Sukses Berhenti Melakukan 8 Hal Ini Ketika Memasuki Usia 20an

Yuk mulai benahi diri sebelum sukses menghampiri

677
SHARES

Kesuksesan memiliki arti tersendiri bagi masing-masing orang. Ada yang mengukur kesuksesan berdasarkan harta yang dipunya, ada juga yang mengartikan kesuksesan saat tercapainya cita-cita. Tapi satu hal yang pasti, semua orang ingin meraih kesuksesan di usia muda. Tentu hal ini tak mudah, mengingat kesuksesan diraih karena kerja keras. Dan di bumi sudah banyak yang bisa membuktikkan diri bahwa sukses di usia muda bukanlah suatu hal yang mustahil.

Sebenarnya apa sih yang dilakukan orang-orang yang meraih sukses diusia muda? Padahal jika dilihat lagi, latar belakang mauapun pendidikannya tak jauh berbeda dengan kamu dan kita semua. Tapi,, ada beberapa hal atau kebiasaan yang mereka sudah berhenti melakukannya sejak memasuki usia 20an, sementara kamu masih saja berkutat dengan kebiasaan ini. Apa saja?

Kebiasaan yang ditinggalkan orang sukses (pawoon.com)

1. Mengandalkan bakat dan kecerdasan

Jadi, hingga sekarang kamu masih saja menganggap bakat dan kecerdasan adalah segalanya? Memang, memiliki bakat dan kecerdasan yang bagus adalah dambaan setiap orang. Tapi ingatlah, kesuksesan itu lahir dari kerja keras. Percuma saja kamu mengandalkan bakat dan kecerdasan tapi tak diimbangi dengan kerja keras. Ketekunan dan keuletan menjadi prioritas dibanding sekedar cerdas.

Mengandalkan bakat dan kecerdasan (tinypic.com)

2. Mengabaikan kesehatan

Kesehatan adalah sesuatu yang tak bisa dibeli dengan uang, bahkan sekaya apapun kamu. Tanpa kesehatan yang baik, kamu tidak akan bisa beraktivitas. Jika beraktivitas saja tidak bisa, lalu bagaimana caramu bekerja keras meraih kesuksesan? Kesehatan menjadi prioritas sejak masuk usia 20an. Orang yang sukses, menjadikan kesehatan sebuah keutamaaan bahkan diatas materi yang didapatkan.

Mengabaikan kesehatan (smartfoun.cz)

3. Buang-buang uang

Mereka yang sukses selalu paham bahwa, buang-buang uang hanya untuk foya-foya dan membeli barang yang tidak dibutuhkan adalah kesia-siaan. Orang sukses selalu mempunyai rencana dan juga tabungan cadangan untuk mengantisipasi apabila terjadi sesuatu diluar perkiraan. Menghabiskan uang dan harta di masa muda tidak menjadi jaminan kamu memiliki masa tua yang bahagia.

Berfoya-foya (iamsterdam.com)

4. Mudah menyerah

Mudah menyerah bukanlah ciri yang dimiliki orang sukses. Orang-orang sukses sangat sadar bahwa, untuk mencapai kesuksesan bukanlah hal yang mudah. Perlu perjalanan panjang, kerja keras dan juga keuletan. Oleh karena itu mudah menyerah tak ada dalam kamus hidup mereka yang sukses!

Mudah menyerah (thoughtcatalog.files.wordpress.com)

5. Sabar dengan berdiam

Terkadang banyak orang yang mengartikan sabar dengan berdiam diri, padahal ini sangatlah keliru. Sabar itu kamu tau kapan waktu yang tepat untuk mengambil tindakan. Tidak tergesa-gesa hingga hasilnya juga bisa memuaskan. Jika masih saja mengartikan sabar dengan berdiam diri, jangan heran kalau hidupmu juga hanya diam ditempat, tidak bergerak dan tanpa kemajuan.

Sabar dengan berdiam (Pinterest)

6. Menyenangkan semua orang

Pertama-tama kamu harus paham bahwa di bumi ini, tak semua orang bisa menyukai apa yang kita lakukan. Selalu saja ada orang yang menyukai dan ada pula orang yang membenci. berusaha menyenangkan semua orang adalah tindakan sia-sia yang hanya akan merugikan diri sendiri. Lebih baik fokus pada dirimu dan bahagiakan orang yang benar-benar sayang kepadamu.

Menyenangkan banyak orang (theconversation.com)

7. Membatasi diri dalam pergaulan

Manusia hidup membutuhkan relasi. Dan biasanya, relasi ini terjalin sesuai dengan tingkat kepentingan. Semakin penting, hubungan bisa semakin dekat dan juga erat. Jika banyak orang membatasi relasi sesuai dengan kepentingan, hal ini tak berlaku bagi mereka yang sukses. Orang sukses tak pernah membatasi diri dengan siapa dia bergaul. Karena baginya semua relasi itu penting dan ditempatkan pada kedudukan yang sama.

Membatasi diri dalam pergaulan (independent.co.uk)

8. Terlalu mendengarkan kata orang

Berhentilah untuk selalu mendengarkan kata orang lain tentangmu. Tak semua ucapan bisa kamu dengarkan. Beri perhatian pada nasehat-nasehat penting yang bisa membuatmu lebih baik saja dan abaikan mereka yang hanya memberi komentar tanpa tau solusinya. Kamu lebih tau dan lebih paham dengan dirimu sendiri, bukan orang lain. Jadi mulailah tutup telinga dan berkarya dengan leluasa.

Terlalu mendengarkan kata orang (smartgirlsgroup.com)

Kami yakin kamu juga salah satu dari mereka yang menginginkan sukses di usia muda. Oleh karena itu jika memang sudah memasuki usia 20an, tak ada salahnya untuk mulai meninggalkan kebiasaan-kebiasaan di atas.

Semoga berhasil!

677
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"