Untuk Kamu yang Selalu Merasa Kesepian dalam Pernikahan

Kamu, menikah bukan karena ingin kesepian, kan?

Logikanya, orang yang sudah menikah pasti tidak akan merasa kesepian karena telah hidup bersama orang yang disayangi. Sayangnya, hal seperti itu jarang terwujud. Sebuah penelitian menyatakan bahwa 20% orang merasa kesepian, padahal 60% di antaranya sudah menikah.

Faktanya, ada lebih banyak orang yang merasa kesepian meski sudah menikah. | flickr.com

Kesepian adalah perasaan tidak nyaman yang dirasakan saat kamu ingin berhubungan dengan seseorang, namun orang yang kamu harapkan tidak ada atau tidak menanggapi karena berbagai alasan.

Hal-hal yang memicu kesepian

Kesepian tidak hanya terjadi ketika kamu sendirian, namun juga ketika kamu dan pasangan kehilangan koneksi, entah karena perasaan marah, menarik diri, lelah, sakit, atau yang lainnya. Jadi, jika kamu merasa kesepian meskipun sudah menikah, coba perhatikan, apakah hal-hal berikut ini terjadi padamu?

  • Kamu dengan sengaja atau tidak sengaja menutup hati, karena kamu ingin melindungi diri dari rasa sakit karena hubungan yang kamu jalani.
  • Pasanganmu terlihat menarik diri darimu dan bersikap tidak komunikatif, entah itu dengan menyibukkan diri dengan pekerjaannya, nonton TV, menekuni hobi, dan sebagainya.
  • Kamu dan pasangan memilih untuk saling menghindar saat terjadi konflik. Kalian enggan berkomunikasi demi menyelesaikan konflik tersebut..
  • Pasanganmu terlalu memegang kontrol dalam hubungan, dan selalu menilai sikap dan perilakumu.
  • Kamu dan pasangan sama-sama terlalu lelah dengan pekerjaan, sehingga tak punya waktu untuk berhubungan satu sama lain.

Jika hal-hal di atas memang sering kamu rasakan dalam menjalani hidup berumah tangga, maka wajar kalau sampai saat ini kamu selalu merasa kesepian. Karena kelima hal di atas merupakan sebab-sebab paling umum mengapa seseorang bisa merasa kesepian dalam pernikahan.

Ada banyak hal yang menimbulkan perasaan sepi, bukan hanya karena sendiri saja. | shutterstock.com

Karena itu, sangat penting bagimu untuk segera memperbaiki apa yang sebenarnya menjadi masalah di antara kamu dan pasangan. Ingat, sepasang suami-istri yang ‘terhubung’ cenderung lebih mampu untuk mempertahankan hubungan dalam waktu yang lama.

Lagi pula, kamu menikah bukan karena ingin kesepian, kan? Kamu menikah dengan pasanganmu bukan karena kalian ingin saling diam, kan?

Tulis Komentarmu

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Anti Mainstream, Judul Berita Koran Lampu Hijau Dikenal Nyeleneh dan Bikin Ngakak

Bagi Wanita Selalu Ada Alasan Kenapa Tega Mendua dari Pasangannya