Semua Akan Baik-Baik Saja. Mungkin Tidak Hari Ini, Tapi Secepatnya

Karena masalah adalah bagian dari hidup yang hanya harus diselesaikan

1.2k
SHARES

Apa kamu sedang mengalami masalah hidup yang sedemikian rumit hingga berpikir bahwa mati adalah pilihan terbaik daripada terus hidup? Atau yang lebih sederhana, apa kamu merasa sedang berada pada titik tercuram dalam sebuah hubungan teman, keluarga, atau cinta?

Kalau iya, luangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan pendek ini sambil merenungi masalahmu.

Apa kamu saat ini sedang mengalami masalah hidup yang sedemikian rumit? – pexels.com

Hidup ini, adalah tentang puzzle masalah yang terus berdatangan

Kalau kamu mau sedikit sadar, hidup ini bukan hanya tentang siklus manusia sebagai makhluk hidup.

Lebih dari itu, hidup ini dibangun atas dasar masalah-masalah yang akan terus ada. Dari hal yang paling sederhana seperti bagaimana mengikat tali sepatu hingga yang tersulit seperti mencari restu sebuah hubungan, hidup ini adalah tentang masalah-masalah yang saling berdatangan.

Kalau kamu mau sedikit sadar, hidup ini adalah tentang masalah-masalah yang saling berdatangan. – pexels.com

Yang tersulit bisa saja menjadi yang termudah, begitu pun sebaliknya

Dengan berbagai level kerumitan yang berbeda, semua orang jelas punya masalah. Tidak terkecuali kamu. Kabar baiknya, kita lahir ke dunia ini dengan dibekali ilmu dan pikiran. Ilmu untuk mencari pengalaman, dan pikiran untuk memanfaatkan pengalaman.

Kenyataannya, kita lahir ke dunia ini dengan dibekali ilmu dan pikiran. – pexels.com

Dengan mengesampingkan level permasalahan yang ada, kita hanya membutuhkan kedua hal itu untuk menyelesaikan semua masalah. Inilah yang kemudian membedakan satu manusia dengan manusia lainnya. Bahwa setiap manusia, mempunyai tingkatan ilmu dan pemikiran yang berbeda-beda.

Dan dalam hal menyelesaikan masalah, perbedaan ini mempunyai pengaruh yang sangat besar. Bisa saja, seseorang menganggap suatu masalah menjadi sangat rumit dan disaat yang bersamaan, ada orang lain yang melihatnya begitu mudah diselesaikan.

Itu semua terjadi karena mereka menempatkan diri, memahami, dan mencari solusi dari masalah itu dengan cara yang berbeda. Mengapa bisa berbeda? Karena mereka membekali diri dengan ilmu dan pikiran yang tidak sama.

Jadi jangan salahkan masalah, namun perbaiki ilmu dan bagaimana kamu berpemikiran

Karena itu, jangan dulu menyerah hanya karena kamu dihadapkan pada masalah yang benar-benar susah. Sebaliknya, perbaiki cara pandangmu tentang masalah itu, bagaimana harus memahaminya, kemudian mencari cara lain yang berpotensi menyelesaikan masalah itu sampai ke akar-akarnya.

Jangan pernah menyerah hanya karena kamu dihadapkan pada masalah yang benar-benar susah. – pexels.com

Ini semua adalah tentang berusaha dan pantang menyerah. Ini semua, adalah tentang kapasitasmu sebagai manusia yang diberi kemampuan untuk menyelesaikan setiap masalah. Ketika kamu sudah benar-benar memahami hal itu, kamu tidak akan lagi menganggap masalah sebagai sebuah masalah.

Kamu, akan menganggap bahwa masalah adalah bagian dari hidup yang hanya harus diselesaikan. Hingga pada akhirnya, kamu akan yakin bahwa semua akan baik-baik saja. Kalau pun tidak bisa terjadi besok atau lusa, kebaikan itu pasti akan datang secepatnya.

1.2k
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."