Menurut Ahli, Senang Melihat Orang Susah dan Susah Melihat Orang Senang Merupakan Tanda Harga Diri Rendah

Karena iri dan dengki tanda tak mampu~

Normalnya, kita akan merasa senang jika melihat orang lain senang. Namun ternyata, ada sebagian orang yang merasa tidak senang jika melihat orang lain bahagia. Lalu bagaimana sains menjelaskan fenomena tersebut?

Secara ilmiah, kondisi saat seseorang merasa bahagia ketika melihat orang lain menderita disebut sebagai chadenfreude. chadenfreude, sendiri berasal dari bahasa Jerman, yakni Chaden artinya membahayakan, dan Freude artinya sukacita.

Penyakit iri dan dampaknya (loop.co.id)

Menurut profesor psikologi di Universitas Leiden Belanda, Wilco W. van Dijk, fenomena chadenfreude merupakan bentuk penyimpangan emosional pada diri seseorang. Biasanya, hal ini muncul karena adanya rasa iri, atau terancam dengan kesuksesan, keberhasilan, dan kebahagiaan orang lain.

Adapun menurut Catherine Chambliss, Ketua Psikologi dan Ilmu Saraf di Ursinus College, Pennsylvania mengatakan, jika ketika seseorang merasa bahagia saat melihat orang menderita, atau menderita ketika melihat orang lain bahagia ialah disebabkan karena adanya rasa depresi dan keputusasaan dalam dirinya.

Penderita chadenfreude tanda memiliki harga diri yang rendah

Berbagai penelitian mendapatkan fakta jika kebanyakan pengidap chadenfreude merupakan orang yang memiliki harga diri rendah. Bahkan, tidak jarang mereka adalah sosok yang depresi dengan kehidupan mereka, sehingga hidupnya dipenuhi dengan emosi iri.

iri tanda dia memiliki harga diri rendah (gtasimport.com)

Pada dasarnya, bahagia melihat orang lain menderita atau sebaliknya merupakan tindakan yang tidak membahayakan. Namun, jika hal ini terus dibiarkan, maka karakter ini bisa mencelakakan orang lain.

Bahkan, dalam beberapa kasus, banyak sekali kekerasan terhadap orang lain didasari oleh rasa emosi iri.

Orang iri tanda tak mampu?

Tentu kamu pernah mendengar idiom jika orang iri tanda tak mampu. Jika kita merujuk dengan paparan di atas, maka sangatlah tepat dikatakan jika iri, dengki, dan cemburu dengan keberhasilan orang lain merupakan tanda kita tidak mampu untuk berbuat baik seperti orang lain.

Dia iri dengan prestasimu (health.com)

Kabar buruknya, rasa iri yang berlebihan sebenarnya hanya akan merugikan dirimu sendiri. Sebab, kamu akan lebih fokus memperhatikan kehidupan orang lain dibandingkan dengan fokus untuk memperbaiki diri.

 

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *