Kanker dan 3 Dampak Buruk yang Akan Menyerang Jika Kamu Terbiasa Menjemur Baju di Dalam Ruang!

Meski bisa kering, kebiasaan ini menyimpan resiko penyakit yang mematikan lho!

Ada banyak sekali permasalahan yang akan dihadapi masyarakat ketika musim hujan tiba. Mulai dari banjir, penyakit hingga jemuran yang tak kunjung kering karena tidak mendapatkan sinar matahari. Padahal semua ingin baju cepat kering agar bisa untuk ganti pakaian sehari-hari. Hingga terpaksa menjemur di dalam rumah.

Menjemur baju di dalam rumah (papasemar.com)

Menjemur di dalam rumah dianggap biasa dan tidak menimbulkan dampak apapun. Namun ternyata menjemur di dalam sangat tidak baik. Alasan utama mungkin aroma baju menjadi tidak sedap, rumah jadi gelap karena lampu terhalang jemuran dan lebih mengerikan lagi bisa mengancam kesehatan. Berikut ini beberapa penyakit yang mengancam jika kamu terbiasa menjemur di dalam rumah.

Paru-paru basah

Menjemur baju di dalam rumah tentu dapat menyebabkan ruangan menjadi lembab. Apalagi jika baju dibiarkan menggantung terlalu lama, maka jamur, tungau debu bahkan spora bisa muncul. Bakteri tersebut bahkan tidak akan hilang meski baju sudah tidak dijemur lagi.

Paru-paru basah (catatanmini.com)

Bakteri tersebut menjadi salah satu penyebab penyakit asma. Bahkan jika udara di dalam ruangan terlalu lembab bisa menjadi pemicu munculnya penyakit paru-paru basah. Cukup mengerikan, bukan?

Menimbulkan alergi

Bukan hanya membuat ruangan menjadi lembab dan tidak sehat, menjemur baju di dalam rumah juga bisa menyebabkan bermacam-macam alergi yang bisa menyerang anak maupun orang dewasa. Alergi bisa muncul karena zat detergen yang masih menempel pada baju. Zat tersebut kemudian terhirup para penghuni rumah hingga pakaian kering. Belum lagi jika sisa detergen yang tidak kering sempurna terkena kulit ketika pakaian tersebut dipakai. Kulit bisa mengalami iritas, gatal, hingga alergi lainnya.

Menimbulkan alergi (corporate.kimiafarmaapotek.co.id)

Nah, jika terlalu sering zat tersebut bisa menimbulkan alergi yang kemudian memicu penyakit lain di sistem pernafasan. Misalnya saja bronkitis, sinusitis dan penyakit lainnya. Alergi ini sangat cepat menyerang anak-anak dibanding orang dewasa sehingga para ibu harus berhati-hati.

Menurunnya kekebalan tubuh

Salah satu dampak serius karena baju dijemur di dalam adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Sekilas memang tak ada hubungannya, namun penyakit ini disebabkan oleh zat detergen yang terhirup secara terus-menerus. Zat ini nantinya akan menekan kerja dari sel T dalam tubuh kamu.

Menurunnya kekebalan tubuh (autoimun.id)

Sel T sendiri merupakan komponen paling penting dalam sistem imun. Artinya kalau sel tersebut terganggu maka daya tahan tubuh juga akan terganggu dan terus menurun. Alhasil kamu jadi rentan terkena berbagai macam penyakit.

Penyebab kanker

Ketika mencuci baju, banyak orang menambahkan cairan pelembut pada pakaian. Nah zat dari cairan pelembut ini juga sama berbahayanya dengan zat dari detergen. Mungkin memang wanginya enak atau fungsinya baik, namun jika dihirup secara terus-menerus bisa berbahaya bagi pernafasan.

Penyebab kanker (myjewishlearning.com)

Pelembut mengandung bahan kimia bernama acetaldehyde yang dapat memicu kanker ketika masuk ke tubuh manusia. Jadi jika membiarkan pakaian basah menggantung di dalam rumah selama berjam-jam maka zat tersebut bisa masuk ke pernafasan hingga menimbulkan penyakit berbahaya ini.

Itulah beberapa penyakit yang bisa muncul karena kebiasaan buruk ini. Mulai sekarang lebih baik jemur baju basah di luar saja. Jika hujan lebih baik angin-anginkan di teras rumah atau bagian luar rumah yang tidak terkena hujan. Asal jangan di dalam apalagi selama berjam-jam ya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *