Tidak Bisa Disebut Susu, Inilah 3 Cara Terbaik Menikmati Kental Manis

Salah besar kalau kita rutin minum kental manis untuk mengharapkan khasiat susu

Sejak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan surat edaran tentang pelabelan dan iklan produk Susu Kental Manis (SKM), muncul banyak pembahasan di masyarakat. Pasalnya, diketahui bahwa SKM tak bisa disetarakan dengan susu karena kandungan susunya sangat rendah dan lebih banyak mengandung gula dengan level protein yang sangat sedikit. Para produsen SKM pun dilarang mencantumkan kata ‘susu’ dalam produknya.

Melalui edaran tersebut, kita jadi tahu bahwa minum SKM untuk mencari khasiat dari susu amatlah tidak tepat. Bahkan, mengonsumsinya secara rutin bisa meningkatkan resiko diabetes dan mengganggu asupan nutrisi lain, terutama bagi anak-anak. Jadi, dengan cara bagaimanakah kental manis sebaiknya dinikmati?

1. Memperkaya rasa jus buah

Jus alpukat yang ditambahkan kental manis coklat menjadi lebih nikmat diminum (databisnisekonomi.com)

Mencampurkannya pada jus buah sudah lama diketahui bisa memperkaya rasa jus tersebut. Misalkan saja dengan mencampurnya pada jus melon yang biasanya hambar. Tapi perlu diingat juga untuk tidak usah menambahkan gula ke dalamnya, karena kental manis saja sudah cukup untuk membuat jus bebas dari rasa hambar.

2. Campuran kopi

Menambahkan kental manis ke dalam secangkir kopi membuat rasanya lebih nikmat (instagram/@ottencoffee)

Setelah dipikir-pikir kembali, istilah kopi susu nampaknya tidak tepat untuk minuman yang mencampurkan SKM pada secangkir kopi. Sama halnya dengan pemanfaatan kental manis sebagai penambah rasa dari jus buah, kita juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan rasa kopi yang manis dan menyegarkan. Ingat, tak perlu tambah gula, ya!

3. Topping pada pancake

Menambahkan kental manis untuk topping pancake membuatnya lebih sedap dipandang sekaligus disantap (instagram/@kattys_cabrera)

Bagi kamu yang menggemari hidangan pancake sebagai cemilan di kala senggang, menjadikan kental manis sebagai topping adalah sebuah pilihan yang tepat saat kamu tiak menemukan bahan lain sebagai toppingnya. Cukup tuangkan di atas pancake, maka rasanya pun jadi lebih lezat untuk dinikmati.

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *