Kamu Tidak Menikah dengan Seseorang. Kamu, Hanya Sedang Menikahi Gaya Hidup

Mengapa semua orang berubah setelah menikah? Karena mereka sedang berumah tangga dengan gaya hidup

Apa kamu punya teman yang kelihatannya berubah setelah dia menikah? Misalnya, suasana hatinya terlihat berbeda, atau punya kebiasaan baru. Jangan kaget, karena semua orang yang telah menikah juga akan seperti itu. Termasuk kamu, sebentar lagi. Maksud saya, beberapa tahun lagi.

Semua orang yang telah menikah akan menjadi berbeda dari saat masih lajang dulu. | pexels.com

Setelah kamu menikah, kamu tidak hanya mencurahkan isi hati dan tenagamu untuk pasanganmu, tapi juga membentuk diri agar sesuai dengan gaya hidup pasanganmu. Sama, pasanganmu nanti juga akan seperti itu. Itulah mengapa, ketika kita memperhatikan pasangan yang sudah hidup bersama selama 10, 20 atau 30 tahun, kita seperti sedang dihadapkan pada satu orang yang sama.

Mengapa pernikahan mampu mengubah kita?

Kita tidak bisa hidup bersama pasangan tanpa saling memahami satu sama lain. Ini, terbukti bukan hanya pada hubungan jangka panjang, tapi juga hubungan jangka pendek seperti pacaran. Dalam pernikahan, memahami pasangan itu pengaruhnya sangat besar dalam mengubah hidupmu.

Memahami pasangan sangat berpengaruh besar dalam mengubah hidupmu. | pexels.com

Bukan hanya karena kamu dan pasanganmu bertemu setiap hari, tapi juga karena kamu telah berkomitmen padanya. Tentu saja, kamu akan mulai belajar memahami segala aspek yang pada pasanganmu sejak hari pertama menikah.

Hal-hal kecil

Hal pertama yang mungkin akan membuatmu sama dengan pasanganmu adalah, cara bicaramu. Sentilan-sentilan kecil yang dia sengajakan atau gaya ‘pidatonya’, lama-kelamaan akan keluar juga dari mulutmu. Bertahun-tahun kemudian, kalian bahkan tidak tahu siapa yang pertama melakukannya. Tapi jangan khawatir, ini hanya salah satu tanda kecil bahwa kalian semakin dekat.

Di awal-awal pernikahan, kamu akan meniru hal-hal kecil pada pasanganmu. Begitu pun sebaliknya. | pexels.com

Hal-hal yang lebih besar

Setelah menikah, kebiasaan yang sudah kamu pertahankan sejak masih lajang bisa menjadi semakin kuat, atau sebaliknya, benar-benar kamu lupakan. Itu semua, dipengaruhi oleh keinginan, jadwal, kesehatan, kepribadian, keuangan, dan hal penting lainnya dalam rumah tanggamu.

Hal-hal besar seperti keuangan rumah tangga juga akan mengubah hidupmu secara signifikan. | pexels.com

Terdengar mengerikan, memang. Tapi sekali lagi, menikah merupakan arena formal untuk penyesuaian diri antara kamu dan pasangan.

Jika kamu merasa tertekan, bicarakan

Yang perlu digarisbawahi adalah, semua perubahan gaya hidup itu mungkin mengejutkan bagimu, juga pasanganmu. Jadi, jika ada sesuatu yang membuatmu frustasi atau khawatir, jangan biarkan berlarut-larut dan tumbuh menjadi dendam. Bicarakan saja secara terbuka pada pasanganmu.

Bicara terbuka adalah satu-satunya cara agar kamu tidak terus-terusan merasa tertekan dengan perubahan hidupmu. | pexels.com

Misalnya, jika pasanganmu biasa membiarkan rumah berantakan dan kamu bosan dengan hal itu, katakan padanya bahwa mungkin akan menyenangkan jika pekerjaan itu diselesaikan secara bergantian. Karena ingat, dia tidak akan tahu apa masalahmu sampai kamu mau mengatakannya.

Apa yang saya uraikan di atas anggap saja sebagai sebuah pesan. Mudah-mudahan, jika suatu saat nanti kamu menikah dengan seseorang, kamu bukan hanya bisa dan mampu menerimanya, tapi juga gaya hidupnya. Tidak akan ada pernikahan yang sempurna, tapi paling tidak, jadikan itu sebagai pengalaman paling menyenangkan dalam hidupmu.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *