Menikah Bukan Hanya Soal Cinta, Tapi Juga Bersatunya Dua Keluarga dan Hal-hal Penting Lainnya

Dalam pernikahan, ada hal lain yang tidak kalah penting dari persoalan cinta.

Pernikahan menjadi salah satu momen paling dinanti-nantikan oleh setiap orang. Bagaimana tidak, pernikahan merupakan momen membahagiakan dimana bersatunya dua hati yang diikat oleh janji suci. Pernikahan juga menjadi momen penting untuk melangkah ke fase kehidupan yang lebih matang, yakni berumah tangga.

Pernikahan menjadi momen terindah dalam kehidupan seseorang (hipwee.com)

Berbicara soal pernikahan, maka kita tidak bisa terlepas dari persoalan cinta. Sebab cinta merupakan salah satu hal penting dalam membangun rumah tangga. Namun meskipun penting, nyatanya pernikahan tidak melulu soal cinta, melainkan banyak hal yang lebih penting lainnya yang perlu dipertimbangkan juga.

Pernikahan merupakan kesediaan hati menerima kondisi pasangan

Sebagaimana disinggung diatas, pernihakan tidak melulu membahas soal cinta, meskipun cinta itu penting dalam pernikahan. Namun hakikat pernikahan juga harus kamu ketahui agar kamu tidak hanya bermodal cinta dalam membangun rumah tangga. Sebab selain soal cinta, pernikahan juga bukti kesediaan kamu menerima pasanganmu dengan kelebihan dan kekurangannya.

Menerima kekurangan dan kelebihan pasangan (ummi-online.com)

Pernikahan adalah momen dimana kamu menyerahkan sisa usiamu untuk hidup bersamanya. Baik dan buruknya pasanganmu nanti, harus kamu hadapi bersama. Setelah ijab qabul diucapkan, tidak ada alasan lagi untuk mundur dari hubungan tersebut. Kecuali kamu akan dikatakan sebagai orang yang gagal membangun rumah tangga.

Pernikahan merupakan momen pengikraran janji suci yang harus dijaga bersama

Pernikahan juga menjadi momen dimana saat itu, kamu dan pasanganmu berjanji untuk memenuhi hak dan kewajiban sebagai suami dan istri. Saat ijab qabul diucapkan dan disaksikan oleh kedua keluarga besar yang hadir, saat itulah janji suci pernikahan antara kamu dan pasanganmu disaksikan oleh keluarga kedua belah pihak.

Momen ijab qobul dalam pernikahan (weddingku.com)

Saat momen ijab qabul diucapkan, kesakralan pernikahan sangat terasa sehingga tidak sedikit air mata haru dan bahagia kerap bercucuran mengiringi berlangsungnya momen tersebut.

Pernikahan menjadi pintu masuk berjuang bersama pasangan

Saat kamu memutuskan untuk melakukan pernikahan dengan seseorang, itu artinya kamu siap berjuang dengan orang tersebut. Siap selalu bersama dalam kondisi suka dan duka, serta siap saling mendukung dan menguatkan jika salah satu pihak butuh dukungan.

Momen terindah pernikahan (dna-photovideo.com)

Perjuangan dalam hubungan pernikahan tidaklah semudah perjuangan semasa pacaran. Tentu cobaan, ujian dan persoalan yang dihadapi lebih kompleks dan rumit, disinilah pentingnya kekompakan suami istri untuk bersama-sama melangkah melewati segala rintangan dalam rumah tangga.

Pernikahan menyempurnakan separuh agama dan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan melaksanakan perintah-Nya.

Mungkin satu hal ini yang paling terpenting dari beberapa alasan pernikahan tadi, yakni pernikahan sebagai ladang ibadah dan menjalankan perintah-Nya untuk melakukan pernikahan. Bagi umat islam pernikahan menjadi momen ibadah yang disyariatkan agama. Bahkan sebuah hadist menjelaskan belum sempurna agama seseorang sebelum dia melaksanakan sebuah pernikahan.

Pernikahan sebagai ladang ibadah (motivasi-harmoni.blogspot.com)

Niat pernikahan menjadi ladang ibadah, menjalankan perintah agama, dan terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela lebih penting kiranya daripada hanya berasalan karena cinta.

Pernikahan menyatukan dua keluarga menjadi satu keluarga besar

Terakhir, tugas berat yang kamu emban saat melakukan pernikahan ialah bukan hanya menyatukan dua hati dengan cinta, melainkan menyatukan dua keluarga besar yang mungkin memiliki budaya beda dalam satu ikatan status besan. Hal ini tidak lah mudah, terlebih jika kedua keluarga besar tersebut memiliki banyak perbedaan, seperti budaya, tradisi, dan bahasa.

Pernikahan menyatukan dua keluarga (butikdeha.com)

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu persiapkan matang-matang jika ingin melakukan pernikahan. Sebab pernikahan tidak melulu soal cinta, tetapi banyak persoalan lainnya yang harus menjadi pertimbangan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *