Menguak Sisi Lain Haikal, Hacker Ganteng yang Suka Bagi-bagi Uang Ke Pengemis

Haikal pantas dijuluki dengan Robin Hood Indonesia.

882
SHARES

Julukan sebagai Robin Hood ganteng memang pantas disematkan kepada hacker yang satu ini. Kemampuannya yang berhasil membobol ratusan situs dan meraup uang dari situs tersebut, lalu membagikannya kepada para pengemis. Tindakannya tersebut membuatnya menjadi salah satu orang paling dicari oleh pihak kepolisian.

Haikal yang hanya lulusan SD berhasil membobol ratusan situs (detik.net.id)

Namun sebagaimana pepatah bilang, sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya terjatuh juga. Pun dalam kasus ini, Sultan Haikal seorang pria lulusan SD pun harus menyerah dalam penangkapan polisi.

Kasus yang dialami Haikal memang cukup menarik perhatian masyarakat, selain wajahnya yang cukup ganteng, latar belakang pendidikannya yang hanya lulus sekolah dasar, bakatnya yang istimewa di dunia IT, sampai karakternya yang dermawan dengan membagi-bagi uang curian kepada pengemis membuat Haikal dijajarkan dengan Robin Hood. Seorang pria ganteng dengan kemampuan luar biasa, yang membela rakyat kecil dan pandai meluluhkan hati perempuan.

Haikal dikenal sebagai seseorang yang baik hati dan dermawan (youtube.com)

Sepak terjang Haikal dalam dunia pembobolan situs internet memang sudah tidak diragukan lagi. Merujuk pada beberapa situs yang berhasil diretasnya merupakan situs yang memiliki sistem keamanan yang mumpuni, seperti situs resmi Polri, Citilink, sampai maskapai penerbangan Garuda.

Haikal yang kini baru berusia 19 tahun memang mempunyai bakat istimewa di dunia internet, ia belajar membobol situs hanya belajar dari internet dan secara otodidak. Merujuk pada kemampuan tersebut, tidak heran kalau banyak yang mengatakan jika Haikal merupakan aset negara yang sangat berharga.

Baru berusia 19 tahun hacker ganteng haikal berhasil membobol ratusan situs, termasuk situs Polri (tribun.com)

Namun dibalik kehebatan Haikal yang berhasil membobol situs Tiket.com dan meraup uang sebesar 4,1 Miliar, ada beberapa kisah menarik dari seorang Haikal. Yang pertama ialah kebiasaan Sultan Haikal membagikan uang kepada pengemis. Dilansir dari akun IG mantan pacarnya, ia menyebutkan jika haikal merupakan seorang remaja yang sangat dermawan. Bahkan uang yang ia hasilkan dari peretasan, ia bagikan kepada pengemis dan orang yang kurang mampu.

Uang hasil pembobolannya ia gunakan untuk memberi mereka yang membutuhkan (merdeka.com)

Menurut pengacara Haikal, Ramdan Alamsya, Pihaknya mengatakan jika kliennya tersebut hanya kenalakan remaja yang tidak disalurkan dengan benar. Tujuan peretasan yang dilakukan Haikal bukan semata-mata menjari keuntungan, namun hanya sebagai sebuah kebanggaan dan merasa memiliki jati diri.

Uniknya, sebelum Haikal membobol situs Tiket.com, remaja yang pernah merasakan dinginnya kasur pondok pesantren ini, sempat memberi tahu terlebih dahulu tentang lemahnya sistem keamanan situs tersebut, melalui akun twitternya. Namun karena tidak digubris oleh pihak Tiket.com, mungkin Haikal merasa perlu membuktikan kelemahan tersebut.

Pemberitahuan dari haikal kepada pihak Tiket.com terkait kelemahan situs tersebut (merdeka.com)

Yah, memang sangat disayangkan, remaja dengan kemampuan luar biasa seperti Haikal akhirnya harus berurusan dengan polisi karena bakatnya yang tidak disalurkan dengan benar. Apapun alasannya, membobol situs orang lain dan mengambil keuntungan darinya merupakan tindakan yang tidak dibenarkan.

Meskipun kini akhirnya Haikal direkrut oleh polisi Republik Indonesia sebagai tenaga ahli IT Polri, namun ia harus mengakhiri masa hukuman terlebih dahulu sebagai pertanggung jawaban perbuatannya.

 

882
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,