Pernah Mengirim Pesan Ketika Tidur? Awas, Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit Ini!

Berikut bahaya dan cara menghindarinya!

Di masa sekarang ini, ponsel pintar seakan menjadi sahabat paling setia bagi manusia terutama kaum milenial. Kemana saja dan kapan saja ponsel selalu ada di genggaman, memudahkan berbagai macam aktivitas sehari-hari hingga update segala macam informasi. Meski begitu, smartphone juga membawa banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan.

Menggunakan ponsel (Consumer Energy Alliance)

Ponsel memang menemani keseharian dan mudah dibawa kemana saja, termasuk kamar mandi hingga kasur. Bahkan menjelang tidur pun seseorang masih bisa mengetik pesan, mengecek media sosial hingga streaming video. Imbasnya orang tersebut jadi sulit tidur dan tidurnya pun tidak berkualitas. Bahkan menurut pakar kesehatan, tak sedikit yang mengalami kondisi “sleep texting“.

Menurut informasi dari laman doktersehat.com, sleep texting merupakan sebuah kondisi dimana tubuh ada dalam kondisi setengah sadar di waktu tidur dan tetap melakukan beberapa aktivitas dengan ponsel. Biasanya, sleep texting diawali dengan adanya notifikasi baik itu berupa pesan atau bahkan panggilan telepon. Sering kali, orang yang mengalami ini tidak sadar hingga keesokan harinya bahwa Ia telah menjawab telepon atau pesan tersebut.

Sleep texting (Today Show)

Lalu bagaimana dampak sleep texting terhadap kondisi tubuh jika sering terjadi? Menurut pakar, kondisi ini termasuk gangguan tidur atau parasomnia. Gangguan ini sama seperti sleep walking (berjalan saat tidur), bahkan sleep talking (mengigau). Jika sering mengalami hal ini, kualitas tidur akan terganggu sehingga pengidapnya bangun dalam keadaan lelah dan kurang fit.

Selain itu banyak penderita sleep texting yang merasa malu karena balasan pesan atau telepon yang mereka lakukan. Kondisi setengah sadar membuat mereka mengetik atau bicara tentang hal-hal yang tidak pas, bahkan ada yang tidak pantas sama sekali. Tentu hal ini bisa menjadi sumber salah paham terhadap pihak yang dihubungi.

Dilakukan secara setengah sadar (NewsLocker)

Nggak mau kan hal ini terjadi? Ada cara untuk menghindari sleep texting, misalnya dengan menjauhkan ponsel dari posisi kamu ketika tidur. Hingga mematikan notifikasi maupun daya secara keseluruhan sehingga tidur tidak terganggu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas serta menghindari percakapan yang tidak diinginkan.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *