Karena Harga Katering Nikahan Semakin Mahal, Gunakan Cara Ini Supaya Lebih Hemat

Biaya nikah 60 juta, masa iya kateringnya aja sampai 40 juta :( Yuk hemat dengan cara ini!

Ada banyak sekali pos-pos pengeluaran yang harus dipikirkan dengan matang ketika mempersiapkan pesta pernikahan. Mulai dari makeup, gaun, gedung, hingga katering yang biasanya paling banyak menghabiskan anggaran. Apalagi jika tamu yang diundang mencapai ribuan, makanan yang disajikan tentu harus lebih banyak sehingga biaya semakin mahal.

Oleh karena itu, dibutuhkan siasat khusus untuk mengatur anggaran katering. Jangan sampai budget pernikahan bengkak hanya karena biaya katering yang berlebihan. Berikut ini beberapa cara menghemat biaya katering.

Sesuaikan dengan budget

Sesuaikan dengan budget (amazonaws.com)

Langkah pertama adalah pilih menu yang sesuai dengan budget. Tak perlu minta yang macam-macam hanya demi gengsi, yang penting rasanya tidak mengecewakan tamu. Jenis makanan pun tak perlu terlalu banyak. Paling penting ada makanan utama, gubukan, hingga pencuci mulut. Jangan lupa minuman untuk meredakan haus. Bahkan tak masalah jika tidak menggunakan gubukan. Sediakan saja snak sederhana sebagai makanan ringan.

Gubukan lebih menarik

Jujur deh, ketika kondangan, apa hal pertama yang bikin kamu penasaran? Selain pengantinnya, menu yang tersedia di gubukan pun membuat bertanya-tanya. Tak heran sih, mengingat menu yang tersedia di masing-masing gubuk biasanya dibuat spesial dan tidak setiap hari ada. Misalnya saja zuppa soup, kambing guling, selat solo dan lainnya.

Gubukan lebih menarik (ringkatering.co.id)

Secara tak langsung menu yang bervariasi menarik perhatian tamu. Mereka lebih sering komentar menu gubuk daripada yang utama. Untuk menyiasatinya perbanyak menu gubukan dan kurangi porsi buffet. Misalnya menu utama biayanya 5 juta, sementara per gubuk harganya 1 juta. Atur saja supaya makan utama 3 juta sementara gubuk ditambah porsinya.

Gunakan cara “piring terbang”

Istilah piring terbang dalam hajatan ini sangat lumrah di lingkungan masyarakat jawa. Konsepnya sederhana, pelayan akan menyajikan seporsi makanan dan diantar ke masing-masing tamu. Mulai dari hidangan pembuka, makanan utama, pencuci mulut, minuman hingga snak secara bergiliran. Semua diantar langsung sehingga setiap tamu mendapat porsi dan menu yang sama.

Piring terbang (Orek-orekan Dwi Pramono – WordPress.com)

Tradisi ini diyakini bisa lebih hemat dibanding cara prasmanan. Biaya dan budgetnya bisa diutak-atik tergantung menu yang disajikan serta jumlah porsinya. Pun tak perlu ada pondokan atau gubukan. Semua langsung diantar dari dalam dapur.

Ganti minuman soda dengan air putih

Minuman soda dengan warna-warna menarik seringkali menghiasi meja prasmanan pesta pernikahan. Soda memang enak, tapi kalau mau lebih irit coba deh ganti dengan air putih. Harga satu liter soda bisa setara dengan dua atau 3 liter air mineral. Kalau tak ingin hanya air putih, masukkan berbagai irisan buah segar biar jadi infused water.

Minuman soda (hotelhouseofeva.com)

Selain lebih irit, air putih dan infused water dijamin lebih sehat dan ampuh menghilangkan dahaga sehingga satu gelas saja cukup. Berbeda dengan soda yang segelas saja rasanya masih kurang sehingga tamu ingin ambil lagi dan lagi. Belum lagi orang tua yang hadir banyak yang menghindari soda sehingga lebih memilih ambil air mineral dalam kemasan gelas.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat biaya katering. Dengan catatan, pemilihan menu dan rasa jangan sampai asal-asalan ya. tetap utamakan kualitas meski kuantitas bisa diutak-atik sesuai selera.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *