Menggosip: Perbuatan Dosa yang Untungnya Tidak Membatalkan Puasa

Hore!!!

518
SHARES

Beruntunglah bagi kamu yang suka membicarakan kejelekan orang lain atau bahkan menjadikan kebiasaan itu sebagai passion tersembunyi. Mengapa? Karena ternyata menggosip itu tidak membatalkan puasa, dan kamu tidak perlu menggantinya di lain hari. Itulah mengapa, acara-acara gosip di pertelevisian Indonesia masih saja eksis meskipun sudah memasuki bulan Ramadhan.


Benar, menggosip itu memang tidak membatalkan puasa kok. – slamindonesia01.blogspot.co.id

Puasa adalah tentang pahala-pahala

Menyenangkan? Kemungkinan besar kamu akan menjawab iya. Tapi tunggu dulu, karena ketika kita membicarakan puasa berarti kita juga sedang membahas tentang pahala-pahalanya. Dan bukankah tujuan kita berpuasa adalah karena ingin menjalankan perintah Allah dan mendapatkan pahala dariNya, dan bukan hanya karena ingin terlihat kuat dengan tidak makan dan minum sehari penuh?

Puasa adalah tentang perintah Allah dan pahala-pahalaNya, bukan hanya tentang seberapa kuat kamu menahan lapar dan haus. – youtube.com

Tidak batal puasa seseorang karena menggosip itu memang kabar baik. Namun sayangnya, membicarakan kejelekan orang lain adalah perbuatan tercela dan tidak dibenarkan dalam Islam, baik dalam kondisi berpuasa atau pun tidak. Lebih buruk, orang yang menggosip diibaratkan seperti orang yang sedang memakan bangkai saudaranya sendiri.

Usaha yang tidak ada gunanya

Mungkin kamu pernah mendengar kalimat ini, “banyak sekali orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali rasa lapar.” Ini, adalah hadits riwayat Ibnu Majah yang bertujuan untuk menyindir orang-orang yang meskipun berpuasa, namun mereka tetap saja melakukan perbuatan-perbuatan haram atau membicarakan kejelekan orang.

Berpuasa namun tetap membicarakan kejelekan orang lain? Hmm… – fotografer.net

“Kecuali rasa lapar” dalam kalimat itu menunjukkan bahwa mereka sama sekali tidak mendapatkan pahala dari Allah. Sayang sekali kan.. sudah berusaha sekuat tenaga bangun tidur untuk sahur, kemudian seharian penuh tidak makan dan minum dengan segala macam godaannya, namun pada akhirnya yang didapat hanya rasa lapar karena terlalu asyik membicarakan kejelekan temannya.

Se-pede presenter acara gosip murahan

Jika dalam kondisi tidak puasa saja kita dilarang menggosip, mencela orang lain, dan berkata bohong, bukankah semua itu harus lebih dijauhi lagi ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa?

Hanya karena tidak membatalkan puasa, bukan berarti kamu bisa seenaknya menggosip seperti presenter-presenter acara gosip di Indonesia. – indosehatnews.com

Bukan malah sebaliknya, tetap hobi menggosip karena tahu bahwa membicarakan kejelekan orang lain itu tidak membatalkan puasa, sama seperti pede-nya para presenter acara gosip murahan di pertelevisian Indonesia yang tetap saja eksis meskipun mereka tahu.. mereka sedang berpuasa.

518
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."