Mengenal Tex Saverio, Desainer Muda Indonesia yang Karyanya Digemari Seleb Hollywood

Mulai dari Lady Gaga hingga Kim Kardashian pernah mengenakan rancangan Tex Saverio

Nama Indonesia di kancah dunia fashion mungkin memang kalah jauh jika dibandingkan dengan Perancis maupun Italia. Meski begitu, ternyata ada beberapa nama desainer ternama di Indonesia yang ternyata punya kiprah menakjubkan di dunia busana, dan salah satunya adalah Tex Saverio.

Kalau kamu mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan, mungkin kamu familiar dengan nama tersebut. Meski berbau Barat, nyatanya Tex Saverio adalah salah satu desainer asli Indonesia loh! Bukan hanya memukau di kalangan selebritis Indonesia, rancangan karya Tex Saverio bahkan juga digilai oleh selebritis Hollywood.

Demi fashion, meninggalkan bangku SMA

Tex Saverio atau yang biasa disapa Rio ini adalah seorang pria kelahiran Jakarta 24 Agustus 1984 silam. Rio yang sudah hobi menggambar sejak taman kanak-kanak ini pun akhirnya menyadari bahwa ia menyukai dunia mode, tepatnya saat ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Tex Saverio (youtube)

Sempat melanjutkan sekolah di SMAK 1 BPK Penabur, Rio merasa bahwa fashion adalah jalan hidupnya. Ia pun mengambil keputusan nekad untuk berhenti dari SMA dan pindah ke Bunka School of Fashion Jakarta, sebuah sekolah mode yang didirikan oleh Siah Tjeng Lan, anggota Organization Fashion Teacher of Japan. Meski sempat kecewa, namun orang tua Rio tetap merestui pilihan tersebut dan mendukung Rio hingga seperti saat ini.

Corak desain Rio

Sebagai perancang busana, Rio punya gaya desain yang unik. Ia kerap kali mengawinkan tampilan dramatis yang penuh fantasi pada karya-karyanya. Boleh dibilang, Rio lebih suka melawan arus ketimbang mengikuti trend busana yang sedang hits.

Salah satu gaun rumit dari koleksi The Revelation karya Tex Saverio (youtube)

Salah satu contoh keberanian desainnya ada pada koleksinya yang berjudul ‘The Revelation’. Melalui karya itu, Rio memperkenalkan sebuah gaun berkelir emas dengan detail yang sangat rumit. Tidak hanya itu, gaun ini pun terbuat dari ukiran kayu yang didukung dengan bermacam material lainnya. Maka wajar jika gaun yang muncul pada ajang Jakarta Fashion Week 2012 itu begitu berat dan sulit dikenakan.

Selebritis Hollywood dan karya-karya Rio

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, banyak kalangan selebritis yang suka dengan karya-karya Rio. Sebut saja Lady Gaga yang mengenakan gaun hitam karya Rio pada pemotretan majalah Harper’s Bazaar Amerika edisi Mei 2011. Jennifer Lawrence pun pernah mengenakan gaun pengantin putih dengan perhiasan kristal Swarovski dan korset organza karya Rio dalam film The Hunger Games: Catching Fire.

Kim Kardashian terang-terangan mengaku suka gaun Tex Saverio (fashionschooldaily.com)

Kim Kardashian turut menambah daftar panjang nama selebritas yang menggemari busana rancangan Rio. Dalam pemotretan majalah Elle Amerika edisi Maret 2013, Kim mengenakan gaun karya Rio. Kim pun mem-posting foto dirinya yang sedang memakai gaun tersebut di akun Twitter-nya dengan caption, “I loved this dress!!”.

Paris Fashion Week

Tahun 2013 mungkin menjadi salah satu tahun bersejarah bagi Rio. Pasalnya, pada bulan September 2013 itulah Rio berhasil mencatatkan namanya sebagai desainer dan label Indonesia pertama yang secara resmi tampil di pekan mode Paris Fashion Week.

TEXSAVERIO Jakarta saat muncul di Paris Fashion Week (hannahwintour.wordpress.com)

Melalui ajang tersebut, Rio memamerkan koleksi dari lini ready to wear miliknya yang dinamai TEXSAVERIO Jakarta pada acara Paris Fashion Week Womenswear Spring/Summer 2014. Perhelatan tersebut digelar di Jeu de Paume, Paris, Prancis pada 28 September 2013.

Kalau kamu tertarik pada lini busana TEXSAVERIO Jakarta, setidaknya kamu harus merogoh kocek paling murah sebesar Rp 7 juta. Bagaimana, sudah terbayang kan kira-kira seperti apa kelas busana rancangan Tex Saverio?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *