Mengenal NDX AKA, Mantan Kuli Bangunan yang Sukses Melejitkan Lagu Hip Hop Dangdut

Dibalik kesuksesan NDX dengan musik dangdut hip hopnya, ada kisah inspiratif ternyata.

Seiring dengan kemajuan jaman, musik dangdut mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan kini musik dangdut tidak lagi dianggap sebagai musiknya masyarakat pinggiran. Banyak aliran dangut bermunculan yang semakin membuat warna musik khas Indonesia Ini.

NDX aka dibalik keopuleran dangdut hip hop (youtube.com)

Buat kamu pecinta musik dangdut, tentu akhir-akhir ini famiiar dengan jenis kombinasi musik dangdut dan musik hip hop yang banyak dinyanyikan artis dangdut. Namun siapa sangka, dibalik kepopuleran aliran dangdut hip hop, ada pemuda mantan tukang parkir dan buruh bangunan dibelakang melejitnya musik dangdut hip hop.

Mereka menamakan diri dengan NDX. AKA. penyanyi sekaligus pencipta lagu dangdut hip hop yang kini sedang populer.

Siapa NDX AKA itu?

Bagi pecinta musik dangdut hip hop tentu sudah tidak asing lagi dengan nama mereka. NDX AKA merupakan grup musik dangdut hip hop asal Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Mereka dimotori oleh  Yonanda Frisna Damara atau dikenal dengan Nanda (21) dan Fajar Ari Alias PJR (22). Ditangan merekalah dangdut hip hop bisa populer seperti saat ini.

NDX AKA grup msuik dangdut hip hop asal Imogiri Bantul (edgecastcdn.net)

Adapun nama grup musik NDX sendiri dipilih karena memiliki arti ND (singkatan dari Nada) dan X berasal dari extreme. Sedangkan tambahan AKA dibelakang nama NDX konon ditujukan untuk para fans, komunitas, dan masyarakat yang menggemari musik NDX.

Mantan kuli bangunan dan tukang parkir

Sebelum terkenal seperti saat ini, Nanda dan PJR sempat mengalami hidup susah terlebih dahulu. Nanda menceritakan jika setelah lulus SMA, dirinya bingung mencari kerjaan. Bahkan dia sempat berputus asa jika ia tidak akan memiliki masa depan cerah.

Sebelum terkenal Nanda dan PJR pernah menjadi kuli bangunan dan tukang parkir (brilio.net)

Ia kemudian ikut PJR untuk menjadi kuli bangunan di daerah Imogiri Bantul. Saat itu ia dibayar 50.000 rupiah untuk satu hari kerja. Selain pernah menjadi kuli bangunan, ia juga sempat menjadi juru parkir di kawasan terminal giwangan. Ia bekerja dari mulai jam 7 malam sampai subuh, dan setiap harinya ia bisa mengantongi 30.000.

Iseng menciptakan lagu dangdut hip hop

Kesukaan Nanda dengan musik dangdut memang terlihat sejak ia duduk di bangku SMP. Namun baru pada tahun 2011 ia mengajak PJR untuk coba-coba membuat lagu dan rekaman di studio musik. Ia menumpulkan uang dari bekerja sebagai kuli bangunan untuk melakukan rekaman.

Awalnya Nanda dan PJR iseng menciptakan lagu dangdut hip hop (jawapos.com)

Setelah NDX mengeluarkan beberapa lagu di youtube, ia pun sedikit demi sedikit mulai dikenal masyarakat. Namun waktu itu tawaran manggung belum banyak, pertama kali NDX mendapatkan job manggung yaitu di acara senam, dan hanya dibayar sebesar 65 ribu rupiah.

Namun dengan ketekunan berkreasi, NDX mulai mengunggah lagu-lagu ciptaannya ke youtube. Banyak pengguna youtube yang menyukai jenis musik yang dibawakan NDX. Hingga akhirnya banyak yang me-reupload musik NDX. Satu sisi itu baik, sebab membantu NDX dalam menyebarkan dan memperkenalkan jenis musik NDX lebih luas. Namun satu sisi itu merugikan NDX, sebab mereka me-reupload lagu NDX tanpa seizin pencipta.

NDX semakin populer berkat lagu dangdut hip hop dibawakan artis dangdut terkenal

Kini nama NDX menjadi salah satu figur yang diperhitungkan di dunia musik dangdut. Keberhasilan NDX juga tidak terlepas dari penyanyi dangdut terkenal lainnya yang kerap membawakan lagu-lagu dari NDX. Salah satu penyanyi dangdut yang kerap membawakan lagu-lagu NDX ialah Via Vallen.

Via Vallen menjadi salah seorang yang mempopulerkan lagu NDX (youtube.com)

Bahkan bisa dikatakan antara Via Vallen dan NDX terjadi sebuah simbiosis mutualisme. Berkat lagu-lagu NDX, Via Vallen bisa terkenal seperti ini. Dan berkat Via Vallen, lagu-lagu NDX lebih banyak dikenal. Lagu NDX yang palng sering dinyanyikan Via Vallen seperti Kimcil Kepolen, Sayang, Kelingan Mantan, dan lain sebagainya.

Aksi panggung Via Vallen (hipwee.com)

Kini setelah populer, NDX pun sering kebanjiran manggung. Bahkan dalam sebulan ia bisa manggung sebanyak 20 sampai 30 kali. Bayarannya pun kini bisa mencapai 30 jutaan sekali manggung. Keren bukan?

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Kenapa Kita Sering Disebut Sebagai “Bangsa Sumbu Pendek”?

Belajar Sukses Ala Best CEO Whisnutama, Sang Maestro Televisi Generasi Millenial