Mengenal Fika Fawzia, Tangan Kanan Menteri Susi yang Tak Kalah Nyentrik

Kombinasi atasan nyentrik dengan asisten cerdik yang betul-betul serasi!

Nama Fika Fawzia tengah ramai menjadi perbincangan karena baru saja blak-blakan mengaku pernah hamipir disuap oleh salah satu oknum sebesar Rp50 miliar. Kalau kamu belum kenal Fika dan heran kenapa ada orang yang mau menyuapnya dengan angka sebanyak itu, Fika adalah asisten sekaligus tangan kanan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Sebagai orang kepercayaan Susi, tak heran jika ada saja orang yang ingin memanfaatkan hal tersebut untuk mencari cara merayu Susi Pudjiastuti agar bersedia melicinkan jalan dan tujuannya. Namun seperti halnya dengan Susi Pudjiastuti yang pernah menolak meski diiming-imingi uang sebesar Rp5 triliun, maka Fika juga menolak suap yang ditujukan padanya. Penasaran dengan sosok Fika ini? Yuk kita kenalan!

Staff khusus menteri

Fika selalu menyebut Susi dengan kata “Boss” di setiap unggahan Instagramnya (viva.co.id)

Nama Fika mencuat karena sering mengunggah foto-foto kegiatan Susi melalui Instagram pribadinya. Fika yang selalu menyebut Susi dengan sebutan “Boss” ini merupakan staf khusus Menteri Susi di Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Oleh sebab itulah Fika jadi sering menemani bosnya itu pada setiap agenda kegiatan yang melibatkan kehadiran Susi.

Amat dipercaya Susi

Fika Fawia dan Susi Pudjiastuti terlihat amat akrab, bukan? (tribunnews)

Hubungan Susi dan Fika yang cukup dekat membuat Fika berani melarang Susi untuk melakukan hal-hal yang berbahaya atau tidak semestinya. Kita tahu, menteri Susi kerap kali berbuat di luar perkiraan seperti mengendarai motor trail bersama rombongan, dan sebagainya. Pernah suatu ketika Susi ingin berkeliling Kolaka, Sulawesi Tenggara, dengan menggunakan motor. Namun karena Fika melarang, Susi pun menurut dan mengurungkan niatnya itu.

Jebolan UI dan luar negeri

Fika selalu menemani Susi dalam berbagai kegiatannya (suryamalang)

Menjadi staf khusus menteri tentu tidak bisa sembarangan. Begitu pula dengan Fika yang pastinya memiliki kecerdasan tinggi. Terbukti, ia merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 2008 dan lulusan Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore pada tahun 2012.

Pengetahuannya luas

Fika punya pengetahuan yang luas sebagai staf khusus menteri (youtube)

Meski disibukkan oleh pekerjaan, namun Fika masih menyempatkan diri untuk menulis, khususnya lewat blog pribadi beralamat di fikafawzia.wordpress.com. Sayang, blog tersebut terakhir kali di-update pada tanggal 22 Juli 2017. Padahal, isinya cuku menarik, karena Fika membahas banyak hal mulai dari bidang infrastruktur, transportasi perkotaan, ketahanan pangan dan isu-isu gender. Ada juga topik lain seperti demokrasi, politik Islam dan kebijakan tentang perubahan iklim yang tak luput dari perhatiannya.

Melihat track record tersebut, tidak mengherankan jika ada yang berani mengeluarkan uang sebesar Rp50 miliar untuk menyuapnya, kan?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *