Dijajah Tetangga Kos yang Suka Bikin Ricuh? Ini Cara Kamu Mengatasinya

Jika kamu dibikin kesal sama temen kos yang seenaknya sendiri, lakukan beberapa hal berikut ini.

Teman rese dan suka bikin ricuh sebenarnya ada di mana-mana nggak cuma di kos saja, tapi juga di sekolah, kampus, bahkan di tempat kerja. Kejahilan mereka terkadang bikin emosi mendidih dan datang di saat yang tidak tepat. Jika sudah begitu bawaannya pengen masukin mereka dalam botol kemudian membuangnya di Samudra Hindia. Jika cuma sekali atau dua kali, mungkin kamu yang menghadapi ulah teman rese itu masih maklum. Tapi jika sampai setiap ketemu bikin ricuh itu adalah masalah yang lebih darurat dari ngadepin amukan pacar sekalipun.

Ada yang suka berisik ketika malam, ada yang hobi ngutang tapi juga sering amnesia sama pinjamannya. Dibiarkan juga terlalu makan hati, akhirnya kamu akan melakukan berbagai cara atau bahkan menghalalkan cara kotor untuk menyingkirkan mereka. Eh jangan dulu ya guys, jika kamu bisa menyelesaikannya dengan jalan damai, kenapa harus pakai cara kotor seperti santet atau guna-guna sih. Atasi saja dengan beberapa cara berikut ini untuk menghentikan temanmu yang suka menjajah dengan semena-mena.

1. Proteslah, Tapi Lakukan Secara Pribadi

Siapa yang nggak panas hati sih ngadepin ulah tetangga kos yang nggak ada ngertinya sama sekali. Seolah-olah dia tinggal di rumahnya sendiri. Apalagi jika kosmu termasuk tempat yang bebas dan tidak dipantau secara langsung oleh bapak atau ibu kos, pasti ada saja yang bikin ulah. Misalnya saja membawa teman segengnya, kemudian main gitar dan teriak-teriak seperti suara mereka ngalahin penyanyi profesional saja, jika begitu terus kamu jangan diam saja.

Protes [via vemale.com]
Protes [via vemale.com]
Kalau kamu pendam, entar malah stres sendiri. Kamu boleh kok protes, karena kalian sama-sama punya hak untuk mendapat ketenangan. Namun sebaiknya lakukan secara pribadi, hindari untuk ngomong via chat karena bisa menimbulkan kesalahpahaman. Proteslah secara langsung, ajak temanmu itu untuk ngobrol empat mata saja dan katakan bahwa kamu cukup terganggu dengan tingkahnya selama ini.

2. Jelaskan Sejelas-jelasnya

Saat kamu mendapat kesempatan untuk ngobrol langsung dan berdua saja, manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menjelaskan unek-unekmu selama ini. Katakan apa saja ulahnya yang membuat kamu muak dan kenapa bisa begitu.

Jelaskan [via opinionessoftheworld.com]
Jelaskan [via opinionessoftheworld.com]
Penting sekali untuk memberikan alasan sejelas-jelasnya ini agar dia mau mengerti dan tidak menimbulkan rasa dendam dan sakit hati. Karena kamu tahu sendiri, omongan itu bisa tajam dari pisau. Jadi kamu harus hati-hati dalam memilih kata.

3. Hindari Kata-kata Kasar Ketika Menegur

Saat berhadapan dengan orang yang mungkin adalah paling nyebelin di planet ini sangat memungkinkan bagi kamu untuk marah. Emosimu bisa saja meluap dan akhirnya tanpa sadar mengeluarkan kata-kata kasar yang tidak pantas. Menegur itu wajar, tapi harus tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik. Kendalikan diri dengan baik dan ingat bahwa tujuanmu adalah untuk mengakhiri penderitaanmu di tempat kos bukan malah menambah masalah lain.

Hindari kata kasar [via thrivingnow.com]
Hindari kata kasar [via thrivingnow.com]
Beda lagi jika kamu pandai merangkai kata dan mengucapkan teguran dengan sopan tapi langsung mengena di hati, mungkin temanmu akan segera sadar. Bahwa kamu adalah orang yang pantas untuk dihargai dan disegani. Sehingga di kemudian hari teman kosmu ingin berulah lagi, dia akan berpikir dua kali karena takut membuat kamu tersinggung.

4. Protes ke Ibu Kos

Jika dengan kata-kata tidak mempan dan teman kosmu tetap menjajahmu dengan segala tingkahnya yang menyebalkan. Ada satu cara pamungkas yang bisa kamu lakukan yaitu biarkan penguasa kos turun tangan. Siapa lagi kalau bukan ibu atau bapak kos. Kamu harus jujur katakan yang sebenarnya, jangan melebih-lebihkan apalagi sampai memfitnah demi bisa mendepak teman kosmu itu.

Protes ke ibu kos [via parentinghub.co.za]
Protes ke ibu kos [via parentinghub.co.za]
Tentu  karena kamu juga membayar sewa kos, kenyamanan bersama jauh lebih penting. Dengan omelan yang ampuh dari pemilik kos, harapannya biang kerok yang sering mengganggumu bisa “bungkam” untuk selama-lamanya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi teman kos yang suka ricuh. Kamu punya cara lain? Silakan bagikan pengalamanmu di bawah ini ya.

Written by Titasya Anugraheni

Titasya Anugraheni

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *