Belajarlah Mengatasi Cemburu Agar Kamu Tak Terus-menerus Murung Seperti Itu

Cemburu itu sifat alami manusia. Tapi, jangan lantas dijadikan kebiasaan ya!

Cemburu adalah hal yang sangat normal dalam sebuah hubungan. Tapi, tetap saja, akan ada satu titik di mana cemburu benar-benar bisa merusak. Karena itu, belajarlah mengatasi cemburu dengan memikirkan apa sebenarnya yang membuatmu cemburu seperti tu.

Baca juga : Cinta dan Memberi Adalah dua Kata Sejati dalam Kamus Nurani

Sangat penting untuk mengetahui apa yang membuatmu cemburu. | huffingtonpost.com

Seringkali, cemburu disebabkan oleh perasaan tidak layak atau takut kehilangan seseorang. Benar? Padahal, ada satu fakta menyedihkan di mana kamu tidak bisa memaksa seseorang untuk tetap menjalin hubungan denganmu kalau dia sudah tidak mau.

Dengan kata lain, satu-satunya orang yang bisa kamu kendalikan adalah kamu sendiri. Kalau kamu terus-menerus bersikap cemburu, selalu menuduh, dan tidak percaya lagi pada pasangan, maka sudah waktunya bagimu untuk introspeksi diri. Melihat dirimu sendiri.

5 trik yang bisa membuat perbedaan

Sekali lagi, ada banyak alasan mengapa seseorang cemburu. Beberapa orang memang punya sifat cemburuan, sementara yang lain hanya cemburu ketika benar-benar punya alasan. Kalau kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang tak perlu dipertanyakan lagi kesetiaannya, berhentilah cemburu dan pahami apa yang sebenarnya sedang terjadi pada dirimu.

Berhentilah cemburu untuk kemudian introspeksi diri. | lovepanky.com

Tanyakan pada dirimu sendiri mengapa kamu sampai berpikir dia tidak akan setia. Tapi kalau itu belum bisa membuatmu berhenti cemburu, lima trik berikut ini akan membantumu mengatasi kecemburuan yang berpotensi menghancurkan hubunganmu dan pasangan.

1. Mengapa seseorang berani menipumu?

Kalau kamu terus-menerus merasa ditipu dan dipermainkan, tanyakan pada dirimu sendiri, “apa sebenarnya yang membuat semua orang begitu mudah menipuku?” Karena seringkali, cemburu adalah hal yang dimulai dari dirimu sendiri, harga dirimu, dan kelayakanmu sebagai pasangan.

Apakah kamu layak ditipu? Pikirkan hal ini dan renungkan. | thrillist.com

2. Lupakan masa lalu

Salah satu hal yang paling merusak hubungan adalah kenangan masa lalu. Kalau kamu pernah ditipu oleh mantan, itu membuatmu sangat sulit untuk mempercayai orang lain lagi. Karena itu, lupakan kenangan pahitmu di masa lalu, fokus saja pada hubunganmu sekarang, dan perjuangkan.

Lupakan masa lalu. Apa yang kamu jalani adalah hubunganmu sekarang, bukan pengalaman pahitmu bersama mantan. | pixabay.com

3. Apa yang kamu ketahui dari sebuah hubungan?

Kalau kamu punya banyak teman yang sering dipermainkan dalam hubungan mereka, atau salah satu orang tuamu pernah tertipu di masa lalu, itu akan membuatmu semakin mudah kehilangan kepercayaan dalam hubungan. Oleh sebab itu, ingatlah bahwa, kamu adalah kamu. Bukan mereka.

Semakin kamu dikelilingi orang yang sering tersakiti, kamu akan lebih sulit mempercayai pasangan. | lmt-lss.com

Dan, hanya karena seseorang memilih untuk keluar dari hubungan yang dia bangun bersama pasangannya, itu bukan berarti dia tidak setia. Lupakan semua gagasan yang kamu ketahui dari sebuah hubungan dan mulailah memahaminya berdasarkan pada kebenaran dan cinta.

4. Kamu adalah pilihan

Apapun alasannya, kamu adalah pilihan pasanganmu. Karena itu, terimalah dia. Belajarlah menerima semua yang dia katakan bahwa dia benar-benar mencintaimu, alih-alih melakukan semua hal yang membuatnya mulai membencimu. Seperti terus-menerus cemburu, tentu saja.

Kamu adalah pilihan pasanganmu, jadi sudah seharusnya kamu juga mencintainya. Bukan malah terus-menerus curiga. | bomba.co

5. Berhentilah mencari-cari kesalahan

Bahkan kalau kamu adalah tipe pencemburu, mencari-cari kesalahan pasangan hanya akan membuang-buang waktu. Kalau kamu memang sudah tidak bisa mempercayainya, tinggalkan. Tapi kalau pikiran negatifmu baru sekadar takut kehilangan, fokuskan dirimu untuk lebih mencintainya, lebih memperhatikannya.

Semakin kamu mencintai dan memperhatikan pasanganmu, maka dia juga akan melakukan hal yang sama padamu. | pinterest.com

Cemburu adalah emosi alami manusia. Semua orang pernah, sedang, dan akan merasakannya. Tapi, ada beberapa orang yang cenderung lebih cemburuan dibanding yang lain.

Jadi, kalau kamu ingin tahu bagaimana cara terbaik untuk mengatasi rasa cemburumu, cari tahu dulu dari mana cemburu itu berasal. Mengapa? Karena kamu tidak akan pernah bisa memperbaiki suatu masalah kalau kamu tidak tahu dari mana masalah itu berasal.

Benar?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: “Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal.”

Orang yang Paling Bahagia Adalah Mereka yang Tak Butuh Pembuktian di Media Sosial

5 Cara Mencairkan Suasana Saat Tegang Bertemu dengan Calon Mertua