Misteri Masakan Mama yang Entah Mengapa Selalu Enak Rasanya

Kamu juga memikirkannya?

Masakan mama itu, entah mengapa selalu membuat saya enggan beranjak dari meja makan sebelum memastikan tidak ada lagi yang bisa dimakan. Bukannya doyan makan atau kelaparan, tapi masakan mama, dari yang sederhana sampai yang entah apa namanya, memang berhasil memaksa saya untuk kecanduan. Dengan masakan mamamu, apa kamu juga merasakan keanehan yang sama?

Baca juga : Para Suami Jangan Gengsi Bantuin Pekerjaan Rumah Istri, Sebab Itu Justru Cowok Sejati

Entah mengapa, masakan mama itu selalu enak. | ndonesiaone.org

Meskipun hanya ditemani tempe goreng dan semangkuk kecil sambal terasi, entah mengapa nasi putih yang standar rasanya itu bisa jadi luar biasa nikmatnya. Rasanya tangan ini benar-benar getol ingin mencocolkan terus tempe ke dalam sambal sebelum habis.

Fans nomor satu

Dengan pengalaman sederhana itu, sudah cukup membuktikan bagaimana nge-fans-nya saya dengan masakan mama. Karena alasan itu juga, saya tidak begitu suka jajan di luar. Bukannya dompet saya tipis atau apa, tapi masakan mama memang tidak ada duanya hingga saya terbiasa membawa bekal masakan mama ke kantor ketimbang harus menggoda mbak penjaga warung makan setiap pagi.

Masakan mama adalah alasan mengapa jajan di luar adalah kebiasaan yang membosankan. | hellosehat.com

Bisa jadi saya sudah menjadi fans nomor satu mama sejak dalam kandungan, sejak lahir ke dunia yang fana ini dan hanya mengkonsumsi ASI, hingga sekarang gigi saya terlalu kuat untuk menyantap apapun menu yang dimasak mama.

Tidak mementingkan untung-rugi

Pernah suatu hari, saya menyempatkan diri untuk mengamati, mengkaji, dan memahami mengapa masakan mama bisa sebegitu enaknya. Jujur, saya masih heran mengapa mama bisa dikaruniai kedua tangan yang luar biasa ajaib dalam urusan memenuhi nafsu makan itu.

Hingga pada akhirnya saya mendapat satu kesimpulan, bahwa tidak ada yang benar-benar misteri di dunia ini, bahwa segala keajaiban pasti ada penjelasannya. Bahwa, mengapa masakan mama bisa sedemikian enaknya itu pasti ada jawabannya.

Selalu ada jawaban dari semua pertanyaan, termasuk mengapa masakan mama selalu enak. | rockingmama.id

Saya yakin seratus persen, bahwa semua kenikmatan itu tercipta karena mama memasak dengan selalu melibatkan hati, dengan bumbu-bumbu cinta agar semua anggota keluarga ketagihan dan tidak berpikir untuk iseng mencicipi masakan tetangga, misalnya.

Mama tidak pernah memasak dengan mementingkan untung-rugi, dimana bumbu harus segini dan porsi harus segitu agar modal tercukupi dan jangan sampai merugi. Ini adalah prinsip yang awam dijalankan oleh pemilik warung makan atau pun restoran. Tapi tidak dengan mamaku. Karena bagi mama, keuntungan memasak adalah rasa kenyang dan kepuasan keluarga, bukan soal uang dan diliput oleh media-media.

Kamu, maukah jadi idola selanjutnya?

Jadi, tentu saja, adalah sebuah kebohongan jika saya tidak bersyukur memiliki seorang mama yang begitu piawai memainkan tangan di dapur. Dan semoga, tulisan ini bisa menginspirasi setiap perempuan untuk menjadi perempuan yang sebenarnya, yang pintar masak, jago mengenal dan meracik bumbu, juga tertantang untuk selalu menciptakan menu masakan baru.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Bukan Nasi, Melainkan Sagu yang Sebenarnya Menjadi Makanan Pokok Bangsa Indonesia

Kalau Kamu Sempat Percaya Sama 10 Mitos Lucu Ini, Masa Kecilmu Greget Banget!