Heran Mengapa K-Pop Begitu Populer di Dunia? Ternyata Ini Alasannya

Yang jelas, bukan karena mereka suka pamer paha dan ketampanan

Seiring meningkatnya kecepatan internet di dunia, kita semakin tahu bahwa ternyata dunia ini memiliki banyak sekali seni yang menyegarkan mata. Dan, salah satu yang paling menarik perhatian saat ini adalah K-Pop, singkatan dari Korean Pop (music). Ya, musik pop dari Korea.

K-Pop, musik pop dari Korea yang saat ini benar-benar menginvasi dunia. | soompi.io

K-Pop bukan hanya tentang ‘Gangham Style’, tapi jauh lebih daripada itu. Pendekatan brilian pada setiap video musik dan kerja keras telah membuat K-Pop benar-benar terpisah dari genre lainnya. Lantas, pendekatan dan kerja keras seperti apa yang membuat K-Pop begitu populer di dunia?

1. Kostum dan teori warna

Hal pertama yang membuat K-Pop begitu mengagumkan adalah penggunaan kostum dan warna pada video musik dengan sangat kreatif. Penggunaan efek, make-up, properti, dan lainnya, selalu sesuai dengan tema dan visi yang dibawa. Kalau kamu tidak percaya, lihat saja video dari TVXQ ini:

2. Storytelling

Cara selanjutnya yang digunakan K-Pop untuk menjaring penggemar adalah dengan memasukkan cerita yang kuat dalam banyak lagu dan video musik. Contoh paling sempurna adalah lagu yang dibawakan oleh Kim Wan-Sun berikut ini:

3. Kepribadian

K-Pop juga dikenal karena kepribadian mereka yang unik, extravaganza, dan memanjakan mata. Bintang-bintang K-Pop memiliki kemampuan untuk benar-benar menjadi perhatian di tengah kerumunan dan mengekspresikan diri ke tingkat yang baru.

4. Fashion

K-Pop telah menghadirkan makna baru untuk dunia fashion. Pakaian dan gaya hidup mereka, telah melampaui bintang-bintang dari barat dalam hal intensitas dan orisinalitas. Mereka bukan hanya berbakat untuk membawakan musik yang luar biasa, tapi juga mampu menjadi trendsetter dunia.

Banyak bintang K-Pop yang tidak hanya berbakat dalam musik, tapi juga mampu menjadi trendsetter dunia. | flickr.com

5. Melodi yang menghanyutkan

Menawarkan melodi yang langsung menempel di ingatan, solois, boyband dan girlband K-Pop sama-sama menarik begitu mudah perhatian, tak peduli bahasa apa yang mereka gunakan, dan dari negara mana orang-orang yang mendengarkan.

6. Koreografi

Koreografi adalah magnet lain yang membuat K-Pop benar-benar mendominasi. Hal seperti ini, tentu saja tidak hanya membutuhkan kerja keras, latihan, dan keterampilan, tapi juga bakat yang hebat.

7. Latihan

Jauh berbeda dari ‘anak barat’ yang sering terkenal dalam waktu singkat, bintang-bintang K-Pop dipersiapkan dan dibimbing oleh para manajer dan agen selama bertahun-tahun sebelum akhirnya merekam lagu pertama mereka.

8. Multi bakat

Semua bintang K-Pop bisa bernyanyi, menari, sekaligus berakting. Mereka mempunyai bakat yang sangat beragam. Karena itu, membintangi acara TV dan film merupakan hal yang biasa bagi mereka.

9. Multi bahasa

Selain itu, K-Pop juga sering memadukan bahasa Korea dan bahasa Inggris ke dalam lagu-lagu mereka. Ini, karena rata-rata sekolah di sana sudah mengharuskan siswanya untuk belajar bahasa Inggris sejak dini. Jelas, nilai lebih ini merupakan senjata ampuh untuk menguasai musik dunia.

10. Konsep luar biasa

Pada akhirnya, K-Pop memiliki kecenderungan untuk melahirkan grup-grup musik paling berbakat dan berkonsep luar biasa. Sebagai contoh, Exo. Boyband ini terdiri dari dua boyband: Exo K dan Exo M.


Exo K tampil dan mempromosikan musik mereka di Korea, sementara Exo M, melakukan hal yang sama di Cina. Dengan membawakan setiap lagu dalam dua bahasa yang berbeda, boyband ini benar-benar telah menjaring penggemar dalam jumlah yang tak terkira.

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *