Pada Dasarnya, Mencari Muka di Depan Atasan Adalah Perilaku Sah dan Dihalalkan

Maka, siapkan mukamu sebaik-baiknya

431
SHARES

Tak bisa dipungkiri bahwa dunia kerja memang sering dibumbui oleh drama. Dan sebenarnya, inilah yang membuat politik kerja dan tipu muslihat sulit dihindari di banyak perusahaan, mencari muka di depan atasan misalnya. Pertanyaannya adalah, perlukah karyawan melakukannya?

Perlukah seorang karyawan mencari muka di depan atasan? | rula.co.id

Jawabannya akan menjadi perlu kalau mencari muka dilakukan dengan cara elegan. Bukan dengan melakukan segala cara agar mendapat pujian dari atasan, namun dengan melakukan ketiga hal berikut ini dengan baik dan berkelanjutan.

Lampaui harapan atasan

Biasanya, seorang atasan akan memberikan target kepada anak buahnya dengan harapan agar mereka bisa bekerja secara lebih terstruktur dan tepat waktu. Namun pada kenyataannya, bisa mencapai target yang diberikan atasan saja tidak cukup.

Buatlah rencana kerja sendiri yang melampaui target atasan. | pexels.com

Maka dari itu, akan menjadi sangat baik jika kamu membuat target kerja sendiri yang melampaui harapan atasan. Jika kamu berhasil melakukannya, potensimu sebagai seorang karyawan yang baik akan terlihat dengan sendirinya tanpa perlu sesumbar di depan atasan atau pun rekan kerja.

Inisiatif, bukan sok tahu

Atasan mana pun pasti senang melihat anak buahnya bekerja dengan penuh inisiatif. Namun, jangan sampai sikap positifmu itu justru membuatmu terlihat sok tahu. Menunjukkan inisiatif adalah hal yang baik, namun tentu saja, kamu tetap mempunyai kewajiban untuk melaporkan rencana dan hasil kerja.

Bagaimana pun, melaporkan rencana dan hasil kerja adalah kewajiban karyawan. | pexels.com

Kalau kamu memang tidak yakin dengan suatu hal, mintalah arahan kepada atasan. Hal ini penting dilakukan agar kamu dan atasan bisa menyelaraskan rencana kerja tim dan menyusun prioritas dengan baik. Jangan sampai karena ingin terlihat hebat, pada akhirnya kamu malah menyesal.

Bekerja dengan antusias dan semangat positif

Seorang atasan yang baik pasti bisa melihat mana anak buahnya yang berprinsip asal kerja dan dapat gaji, mana yang bekerja dengan passion yang kuat, dan mana yang begitu berambisi untuk meraih kedudukan tertentu di perusahaan.

Banyak tipe anak buah di sebuah perusahaan. Maka, tunjukkan tipe pekerja seperti apakah kamu. | pexels.com

Karena itu, pastikan kamu selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan atasan dengan sepenuh hati. Jangan sering mengeluh, karena hal ini bisa mempengaruhi penilaian atasan dan rekan kerja terhadapmu, juga berpotensi mengganggu kinerja tim.

Jadi, daripada membuang-buang waktu dan tenaga untuk mencari muka di depan atasan, lebih baik tunjukkan mukamu dengan berkontribusi pada perusahaan dan buktikan bahwa kamu adalah karyawan berprestasi yang punya performa memuaskan.

431
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."