5 Cara Mencairkan Suasana Saat Tegang Bertemu dengan Calon Mertua

Dijamin obrolan jadi seru dan nggak garing lagi!

Sebagai seorang calon menantu yang baik, kalian tentu ingin memberikan impresi yang bagus saat bertemu dengan calon mertua bukan? Bagaimanapun juga, memberikan kesan yang bagus saat berjumpa dengan calon mertua bisa ikut menentukan arah hubunganmu dengan mereka di masa depan.

Baca juga : 6 Strategi Meraih Hati Calon Mertua Dengan Cara Sederhana

Terkadang, membuka obrolan dengan calon mertua jauh lebih sulit ketimbang saat kita pertama kali ingin menyatakan cinta pada anak mereka. Maklum, beda usia yang terpaut jauh sering membuat kita kebingungan dalam mencari topik pembicaraan yang sesuai dan bisa membuat suasana lebih cair. Kalau kamu adalah salah satu orang yang tengah kebingungan mencari cara untuk mencairkan suasana saat bertemu calon mertua, coba deh ikuti lima saran kami berikut ini.

1. Mempersiapkan bahan obrolan sedari awal

Mempersiapkan topik obrolan sedari awal bisa membantumu tidak kehilangan momentum bersama calon mertua (papasemar.com)

Jika kamu benar-benar kebingungan harus ngobrol apa dengan orang tua pacarmu, persiapkanlah sedari awal bahan obrolan yang mungkin bisa kamu keluarkan saat suasana mulai terasa kaku. Sebagai bahan obrolan, kamu bisa menanyakan pada pacarmu apa hal-hal menarik seputar orang tuanya. Mulai dari hobi, makanan kesukaan, maupun acara favorit di televisi. Kembangkanlah bahan yang kamu dapat dari pacar untuk membuat suasana lebih rileks.

2. Menanyakan masa kecil pacarmu

Meski anak-anaknya sudah menginjak usia dewasa, para orang tua biasanya tetap menganggap anak mereka sebagai bocah kecil yang lucu, menggemaskan dan perlu dilindungi setiap saat. Oleh karenanya, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mencairkan suasana. Mulailah dengan menanyakan masa kecil pacarmu pada orang tuanya. Cara ini amat ampuh dipergunakan, karena calon mertua akan langsung bernostalgia mengenang masa-masa lucu anaknya ketika kecil dulu. Bonusnya, kamu pun jadi punya informasi lebih tentang pacarmu.

3. Masa muda calon mertua juga bisa jadi bahan

Ajak calon mertua membicarakan kenangan masa muda mereka (rockingmama.id)

Kalau obrolan mengenai anak mereka sudah habis digali, kamu bisa ganti menanyakan masa muda mereka. Pada umumnya orang senang menggali kenangan pada hal-hal yang menakjubkan di masa lalunya. Kamu bisa mencoba bertanya bagaimana cerita kedua calon mertuamu bertemu dulu, atau bagaimana ayah pacarmu merintis kariernya dari bawah. Selain memancing pembicaraan lebih hangat, kamu juga jadi bisa menarik pelajaran dari kisah mereka.

4. Arahkan obrolan ke tema yang kamu kuasai

Mengarahkan obrolan ke hal yang kamu kuasai juga membantu menyelamatkanmu dari rasa canggung saat bercengkerama dengan calon mertua (rockingmama.id)

Bukan hanya kamu yang sejak awal sudah menyiapkan beberapa senjata untuk mencairkan suasana, karena calon mertuamu pun pasti mempersiapkan pula. Mereka biasanya sudah menanyai anaknya tentang kegiatanmu sehari-hari, pekerjaanmu, atau bahkan hingga hal-hal kecil seperti makanan kesukaan dan sebagainya. Jika mereka sudah mulai mengarahkan pembicaraan ke arah ini, kamu bisa menggiring mereka untuk membahas hal-hal yang kamu kuasai. Hal ini bisa mmeberikan impresi lebih di mata calon mertua loh, karena kamu terlihat fasih dan menguasai hal-hal yang mungkin menarik bagi pandangan mereka.

5. Lakukan kegiatan bersama calon mertua

Berkegiatan bersama calon mertua juga bisa mencairkan suasana loh (zettamedia.co)

Ketika obrolan sudah mulai kehabisan bahan, kamu bisa menggantinya dengan mengajak mereka untuk melakukan kegiatan bersama. Misalkan saja mengajak ayah pacarmu bermain catur, menonton pertandingan bola, atau melihat-lihat koleksi kesayangan beliau. Bagi kamu yang perempuan, menawarkan bantuan memasak atau membuat penganan ringan pada ibu pacar juga bisa membuat suasana lebih akrab dan cair.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Belajarlah Mengatasi Cemburu Agar Kamu Tak Terus-menerus Murung Seperti Itu

Inilah Tipe Pelajar yang Akan Selalu Dikenang Teman-temannya Meski Sudah Lulus Lama