Menabung vs Investasi: Sama-Sama ‘Menimbun Uang’, Tapi Beda Keuntungan

Namun keduanya sama-sama penting

Bagi kamu yang sudah bekerja, seharusnya kamu mempunyai tanggung jawab baru. Bukan hanya tanggung jawab menyelesaikan semua pekerjaan, namun juga mengelola gaji. Nah, jika kamu sudah biasa menabung, kini saatnya mencoba alternatif pengelolaan keuangan lain, yaitu investasi.

Investasi, alternatif lain ‘menimbun uang’ selain menabung. | 365.co.za

Investasi bisa dimulai dengan gaji berapa pun

Investasi cukup populer karena menawarkan keuntungan yang lebih besar ketimbang tabungan. Jika penghasilanmu masih pas-pasan, salah satu jenis investasi yang bisa kamu pilih adalah reksa dana. Dengan modal hanya Rp100.000 per bulan, di masa depan kamu sudah bisa merasakan nikmatnya berinvestasi.

Reksa dana bisa dijadikan pilihan terbaik bagi kamu yang ingin mencoba berinvestasi meski bergaji pas-pasan. | irfan.id

Selain reksa dana, ada juga deposito berjangka, salah satu jenis investasi aman dengan bunga yang cukup kompetitif. Biasanya bank-bank menyediakan pilihan deposito berjangka 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan, dengan minimum penempatan dana yang bervariasi di setiap bank.

Bagaimana jika kamu tipe orang yang takut rugi?

Emas bisa menjadi pilihan investasi yang aman untuk kamu coba. Meskipun harga emas biasanya naik secara perlahan, namun tak ada salahnya kamu mulai menyisihkan sebagian gaji untuk “menabung” emas dalam bentuk perhiasan atau pun emas batangan.

Meski kenaikan harga emas cenderung lambat, namun investasi emas minim resiko. | portal investasi.com

Tanah dan properti juga bisa menjadi alternatif jika gajimu sudah mencukupi untuk membeli tanah atau properti. Karena jelas, investasi jenis ini memerlukan modal yang besar, namun dengan keuntungan yang besar juga.

Bagaimana dengan keuntungan menabung di bank?

Menabung di bank bukan berarti tidak memberi keuntungan, karena selain keamanannya terjamin dan risikonya kecil, manfaat bunga bank juga bisa kamu rasakan. Hanya saja, keuntungan yang akan kamu dapatkan tidak sebesar investasi.

Belum lagi, setiap bank juga menarik biaya administrasi bulanan dan membebankan pajak kepada nasabahnya.

Keuntungan menabung di bank tidak akan sebesar ketika kamu berinvestasi. | infoperbankan.com

Untuk jangka panjang dan menengah, investasi jelas dianjurkan mengingat banyaknya hal tak terduga dalam hidup yang bisa terjadi. Investasi adalah pilihan yang pas untuk perencanaan masa depan, namun, bukan berarti menabung menjadi tidak penting. Pasalnya, kita tidak akan pernah tahu kapan akan membutuhkan dana darurat.

Benar?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *