Tak Selalu Berakhir Perpisahan, Ada Cara Memperbaiki Hubungan yang Ternoda Perselingkuhan

Namun, dibutuhkan komitmen kuat diantara kalian

Hubungan yang telah ternoda perselingkuhan umumnya akan berantakan, bahkan tak jarang berakhir dengan perpisahan. Namun ternyata tak sedikit juga pasangan yang memilih terus bertahan pasca perselingkuhan. Memang tidak mudah, ibarat merangkai kembali vas yang telah pecah. Meski berhasil kembali ke bentuk semula, tapi tetap tak akan sempurna seperti sedia kala.

Memperbaiki hubungan yang ternoda perselingkuhan (gistpartner.com)

Apalagi jika hubungan tersebut adalah pernikahan yang tak bisa diakhiri hanya karena emosi. Ada banyak alasan untuk tetap bertahan meski pasangan telah mendua. Untuk kamu yang memilih memperbaiki pernikahan dan juga memaafkan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Pastikan perselingkuhan tersebut telah selesai

Yang pertama kali harus dilakukan adalah, memastikan bahwa perselingkuhan tersebut sudah benar-benar berakhir. Bukan hanya hubungannya saja namun juga perasaan diantara mereka. Pastikan semua selesai hingga tidak ada yang perlu dibahas. Jika memang pasangan kamu berniat memperbaiki hubungan kalian, mintalah padanya untuk mengakhiri semua kontak dengan selingkuhannya.

Pastikan perselingkuhan tersebut telah selesai (huffpost.com)

Cara ini untuk menghindari perasaan dendam, marah atau cemburu yang mungkin muncul kembali. Mulai bangun komitmen penuh untuk memperbaiki hubungan kalian. Menyelesaikan terlebih dulu masalah di masa lalu, bisa menumbuhkan kembali cinta diantara kalian.

Akui kesalahan

Agar bisa memperbaiki hubungan, sangat penting untuk melihat kembali apa saja yang telah terjadi di masa lalu. Renungkan apa saja kesalahan yang telah kalian lakukan sebelum dan selama perselingkuhan terjadi. Kemudian buatlah komitmen atau langkah kongkrit untuk menghindari kesalahan yang sama terulang di masa depan.

Akui kesalahan (heartyhosting.com)

Jika kamu merasa dikhianati, mintalah pasangan untuk membuktikan cintanya padamu dan mengembalikan kepercayaanmu. Ini akan memberimu kekuatan untuk terus bertahan dan memperbaiki hubungan kalian.

Komunikasi semuanya secara terbuka

Jika pasangan kamu bersungguh-sungguh ingin memperbaiki hubungan kalian, setidaknya dia akan bertanya-tanya bagaimana caranya mengembalikan kepercayaanmu yang telah rusak. Atau bagaimana cara meyakinkanmu ketika kamu kembali mempertanyakan kesetiaannya. Meski sangat sulit untuk menjawabnya, namun dengan komunikasi terbuka, semua akan membaik secara perlahan.

Komunikasi semuanya secara terbuka (typeset-beta.imgix.net)

Iya, komunikasikan semuanya secara terbuka tanpa ada rahasia diantara kalian. Jika salah satu diantara kalian menyimpan rahasia, maka semua akan sia-sia. Bicara dari hati ke hati tanpa kata-kata yang menyakiti. Jika sulit, coba minta bantuan mediator untuk berkomunikasi. Juga cari tempat yang tenang agar kalian bisa lebih nyaman dalam mengutarakan pikiran atau mengungkapkan perasaan.

Namun sebelum melakukan semua poin di atas, ada baiknya tanyakan kembali komitmennya untuk memperbaiki hubungan kalian. Karena ini membutuhkan kesungguhan, tekad, niat dan usaha agar bisa membangun kembali hubungan yang telah hancur.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *