Membuka Bisnis Tidak Melulu Soal Modal, Tapi 5 Hal Penting Ini Juga Harus Kamu Miliki

Bacaan wajib buat kamu yang ingin menjadi pengusaha muda.

Generasi millenial dikatakan sebagai generasi emas yang tidak lagi bergantung bekerja di perusahaan. Generasi ini diyakini sebagai generasi yang memiliki kesempatan untuk terjun ke dunia bisnis lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Perkembangan teknologi dan kemajuan pola pikir generasi millenial, menjadi salah satu alasan kenapa generasi millenial lebih cocok membangun bisnis sendiri dibandingkan dengan bekerja di perusahaan. Teknologi yang ada saat ini disinyalir sebagai ladang paling tepat bagi generasi millenial untuk membuka bisnis barunya.

Hal-hal yang harus kamu miliki jika ingin menjadi pebisnis (tipsonline.top)

Jika kamu beranggapan susah membuka bisnis sendiri dengan alasan tidak ada modal, berarti kamu masih mengikuti pola pikir kolot generasi kakek nenek kita. Sebab bagi generasi millenial, seharusnya modal bukan menjadi faktor utama untuk memulai sebuah bisnis.

Ada yang lebih penting dari sekedar modal materi. Setidaknya jika kamu ingin menjadi pemuda pebisnis, kamu harus memiliki 5 hal ini.

1. Skill yang mumpuni terhadap bidang bisnis yang akan kamu geluti

Hal utama yang harus kamu miliki sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, ialah skill atau keahlian kamu terhadap bidang bisnis yang akan kamu bangun. Tanpa hal ini, bisanya bisnis yang dibangun tidak akan bertahan lama, karena kamu tidak memiliki keahlian dalam bisnismu.

Skill menjadi modal utama yang harus kamu miliki (hipwee.com)

Semisal saja, kamu ingin membuka bisnis fotografi, tentu kamu wajib memiliki pengetahuan dan atau skill tentang fotografi. Atau kamu ingin memiliki bisnis properti, tentu kamu harus memiliki skill bernegosiasi dan melobi.

2. Tekad dan mental yang kuat untuk menjadi pebisnis

Mental pengusaha berbeda dengan mental karyawan. Jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis, langkah awal yang harus kamu lakukan ialah melatih mental dan tekadmu layaknya seorang pebisnis.

Mental pebisnis tidak kenal menyerah (uangonline.com)

Mental pebisnis biasanya pantang menyerah, tidak mengenal kata gengsi, selalu optimis dengan usahanya, serta selalu siap menerima sebuah konsekuensi dari keputusan-keputusannya terhadap bisnisnya.

Kebanyakan pebisnis yang gagal, meskipun ditopang modal yang besar, ialah karena mereka mudah menyerah, mudah putus asa dengan kegagalan, dan takut mengambil keputusan yang beresiko. Padahal seorang pebisnis harus berani mengambil resiko meskipun itu sangat besar, sebab bisnis bisa diibaratkan sebagai perjudian yang kadang bisa untung, kadang juga buntung.

3. Visi misi yang jelas terhadap bisnis apa yang akan kamu bangun

Visi misi bisnismu menjadi pondasi dari bisnis yang akan kamu bangun. Maka dari itu, kuatkan visi misi dari bisnismu dengan cara membuatnya sedetail dan sejelas mungkin. Hal ini penting dilakukan agar ditengah jalan kamu tidak kebingungan mau dibawa kemana bisnismu saat menghadapi cobaan.

Visi misi bisnis harus jelas (padlizumi.com)

Visi misi bisnis bisa berupa dari impian terbesarmu dengan bisnismu, target bisnismu, dan produk apa yang akan kamu berikan kepada konsumen. Jika produkmu ternyata sudah ada di pasaran, apa yang membedakan produkmu dengan yang ada di pasaran. Serta siapa target pasar yang akan kamu sasar.

Semua itu harus dijelaskan secara detail dan gamblang. Semisal, persoalan target, kamu menargetkan 5 tahun setelah kamu membuka bisnis barbershop, kamu harus memiliki dua cabang. Lalu apa yang membedakan barbershop dengan tempat pangkas rambut lainnya,semisal adakan garansi, potong rambut bonus pijat, atau tempat yang nyaman dan bersih. Semuanya harus dibangun sedini mungkin.

4. Kesiapan kamu untuk memprioritaskan bisnismu

Kebanyakan anak muda yang mencoba membuka bisnis, biasanya hanya untuk sekedar sampingan saja. Ia terjun ke dunia bisnis namun setengah-setengah. Jika kamu ingin sukses di dunia bisnis jangan sampai kamu menjadikannya sebagai sampingan belaka.

Kamu harus lebih mempriotiaskan bisnismu (marketgraphy.com)

Kenal Mark Zuckerberg, sang pendiri facebook? Atau kenal Bill gates sang pemilik Microsoft? Mereka berdua merelakan meninggalkan kuliahnya agar waktunya bisa sepenuhnya ia gunakan untuk mengurus usahanya. Ingat, jika bisnismu hanya kamu jadikan sampingan, maka hasilnya pun hanya sekedar hasil sampingan, tidak pernah memuaskan.

5. Siap terus belajar dan siap menerima pembaruan

Dalam ranah apapun, seiring dengan berjalannya waktu pasti akan ada sebuah pembaruan. Termasuk dalam dunia bisnis, nah yang paling dari seorang pebisnis agar tidak tergerus zaman ialah ia mau terus mengupdate dan mengupgrade ilmu bisnisnya yang sudah dimiliki di awal tadi.

terus belajar dan lakukan pembaruan (pksgunungsindur.web.id)

Banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang akhirnya tergerus oleh zaman karena ia terlalu kolot dengan perubahan zaman. Katakanlan  Seven Eleven (7Eleven) yang akhirnya tutup gerai karena kalah bersaing dengan pembarunya.

Atau amazon.com yang namanya kini mulai meredup setelah kalah pembaruan dari Alibaba.com. Padahal Alibaba didirikan dengan modal yang sangat sedikit, bahkan pendirinya, Jack Ma berasal dari keluarga yang pas-pasan. Namun ia berhasil menyalip amazon.com dengan pembaruan-pembaruan di produknya.

Gali ide-ide baru dalam bisnismu (entrepreneurcamp.id)

Jadi, agar nantinya bisnismu tidak tergerus zaman, kamu harus memiliki karakter terus belajar dan selalu siap menerima pembaruan.

Itulah 5 hal yang harus kamu miliki sebelum terjun ke dunia bisnis. Jangan jadikan kesuksesanmu tertunda hanya karena selalu dibenturkan dengan persoalan modal. Sebab modal yang paling utama adalah terus berusaha.

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *