Kamu yang Pemalu, Yuk Latihan Bangun Networking dengan 5 Cara Mudah Ini

Buktikan bahwa pemalu juga bisa memiliki networking yang oke!

Ketika seseorang memasuki dunia kerja, membangun jaringan pertemanan atau networking merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan.  Bukan hanya untuk memperluas pergaulan semata, namun jaringan yang luas juga akan mengantarkan kamu kepada berbagai macam peluang kesuksesan. Pun perusahaan besar sekarang menilai kemampuan membangun jaringan menjadi salah satu yang dipertimbangkan ketika mencari karyawan baru.

Membangun networking (simonalmstrom.com)

Sayangnya, membangun jaringan bukan hal yang mudah untuk dilakukan, terutama oleh mereka yang pemalu dan cenderung introvert. Orang pemalu memiliki sedikit jaringan, pun untuk membangunnya mereka tak tau harus mulai dari mana. Nah, jika kamu termasuk orang yang pemalu, berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk membangun networking yang luas!

Latihan dengan kelompok kecil

Bagi seseorang yang pemalu, memulai percakapan merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Bahkan bisa menjadi masalah besar yang membuat begitu gugup dan khawatir. Untuk itu, latihan dengan kelompok kecil perlu dilakukan.

Latihan dengan kelompok kecil (lingbe.com)

Datang saja ke pertemuan kecil dengan suasana akrab agar bisa menciptakan obrolan yang hangat dan santai. Mulai pembicaraan dengan orang yang hadir dalam pertemuan tersebut. Tak apa jika hanya sedikit orang, asalkan bisa membangun hubungan erat maka akan menjadi latihan yang bagus untukmu.

Latihan dengan keluarga dan teman

Selain bergabung dengan pertemuan kecil, kamu juga bisa berlatih dengan teman atau keluarga yang jarang kamu temui dan ajak bicara. Tak perlu ragu, kamu bisa membuka obrolan dengan basa-basi tentang cuaca, hobi, atau bahkan tentang keluarga. Beruntung jika keluarga atau teman yang kamu ajak ngobrol memiliki pengetahuan atau bahkan punya bisnis sendiri.

Latihan dengan keluarga dan teman (budget.vic.gov.au)

Kamu bisa bertanya tentang pekerjaan mereka, atau sekedar saran sederhana untuk memulai bisnis sendiri. Atau kamu bisa berlatih dengan atasan di tempat kerja dengan meminta tips atau saran tentang bidang tersebut. Dengan begitu kamu telah memulai langkah untuk membangun jaringan yang luas.

Mengikuti kelas public speaking

Bagi seorang pemalu, bertemu orang baru saja akan membuat gugup. Apalagi jika harus memulai percakapan terlebih dahulu. Untuk itu, disarankan mengikuti kelas public speaking untuk mengurangi rasa gugup yang sering dialami, membangun kepercayaan diri ketika bicara, hingga bisa menyampaikan pesan secara efektif sehingga dapat diterima dengan baik.

Mengikuti kelas public speaking (usatcollege.files.wordpress.com)

Ketika berbicara di depan banyak orang, kamu akan merasakan atmosfer yang berbeda dibanding saat bicara di depan satu orang saja. Untuk itu, kemampuan dasar public speaking setidaknya harus dikuasai dengan baik.

Datangi networking event

Memang tak mudah untuk membangun networking yang luas, kamu butuh usaha dan sedikit “memaksa” diri agar bisa berkembang. Cobalah datangi berbagai macam career event atau networking event yang sering diadakan oleh kampus atau lembaga lain. Dalam acara tersebut biasanya kamu akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai macam posisi yang datang dari bermacam-macam perusahaan.

Datangi networking event (nursing.columbia.edu)

Disana kamu memiliki banyak kesempatan untuk membuka percakapan dan melatih dirimu yang pemalu. Mungkin jika kamu beruntung, kamu bisa direkrut salah satu perusahaan karena melihat kemampuan networking yang kamu pelajari itu.

Tersenyum

Langkah paling mudah untuk membuka networking adalah dengan senyuman! Dengan tersenyum, kadar rasa percaya diri akan meningkat dengan sendirinya. Pun dengan tersenyum kamu akan terlihat lebih santai, ramah, dan hangat sehingga orang lain tidak sungkan untuk mendekat dan mengajakmu bicara.

Tersenyum (smileinhour.com)

Ajaibnya, senyum juga bisa melunturkan rasa malu sehingga kamu bisa lebih berani membuka percakapan dengan orang asing sekalipun. Namun jangan terlalu banyak tersenyum jika kamu tak ingin dianggap aneh oleh orang lain. Senyum seperlunya saja ya!

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu latih untuk membangun networking yang kuat dan luas. Buktikan bahwa kamu bisa menaklukkan rasa malu dalam dirimu itu. Oh ya, ketika ada yang mengajak bicara maka tunjukkan ketertarikanmu dengan lawan bicara ya agar terjadi komunikasi dua arah dan kamu bisa semakin memperluas jaringan.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *