Bahagiakan Diri Sendiri Saja Karena Membahagiakan Semua Orang Bukan Tugasmu

Lakukan saja apa yang menjadi tanggungjawabmu, yaitu membahagiakan diri sendiri

Kebahagiaan menjadi hak setiap manusia, termasuk juga kamu. Namun sayangnya, banyak orang (dan mungkin juga kamu) yang terlalu sibuk memperhatikan perasaan dan kebahagiaan orang lain dan melupakan diri sendiri. Hingga akhirnya hanya mendapat kekecewaan maupun patah hati yang mendalam.

Baca juga : Penting Diketahui para Orang Tua: Cara Sederhana Mendidik Anak Tidak Matre

Bahagiakan diri sendiri saja (fthmb.tqn.com)

Mungkin saat ini kamu sibuk membahagiakan orang lain hingga mengorbankan perasaan dan keinginan diri sendiri. Padahal aturannya, sebelum membahagiakan orang lain kamu harus membahagiakan diri sendiri terlebih dahulu. Menyenangkan orang lain memang perilaku baik, namun jika sampai mengorbankan kepentinganmu adalah sebuah kesalahan.

Apalagi biasanya seseorang rela menyenangkan orang lain dan mengharapkan imbalan. Dan jika imbalan ini tidak sesuai dengan harapan, maka yang didapat hanya kekecewaan. Untuk itulah lebih baik menyenangkan diri sendiri saja.

Membahagiakan semua orang bukanlah tugasmu

Setiap orang memiliki cara untuk membahagiakan dirinya sendiri. Dan tentu saja, kamu tidak akan pernah bisa memenuhi kebahagiaan semua orang. Pilih saja orang-orang berdasarkan prioritas, mana yang harus kamu bahagiakan dan mana yang harus kamu abaikan. Karena membuat semua orang bahagia adalah ketidakmungkinan.

Membahagiakan semua orang bukanlah tugasmu (c.pxhere.com)

Dan sebelum kamu menyenangkan orang lain, tanya dulu pada dirimu sendiri. Apa kamu sudah bahagia? Apa yang harus kamu lakukan agar bisa membuat orang lain bahagia tanpa menyakiti dirimu sendiri? Dan juga pastikan bahwa, apa yang kamu lakukan benar-benar yang kamu inginkan. Jangan membahagiakan orang lain dengan membohongi diri sendiri.

Apa alasan kamu membahagiakan orang lain?

Sebelum menempatkan orang lain di atas kepentingan kamu, pastikan kamu paham benar apa tujuanmu melakukan hal tersebut. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengambil langkah selanjutnya. Setelah paham betul alasannya, kamu bisa menyamakan langkah yang harus kamu ambil.

Apa alasan kamu membahagiakan orang lain? (tea.empresschic.com)

Mengetahui alasan ini juga bisa membuat kamu lebih ikhlas dalam membahagiakan orang lain. Meninggalkan rasa tidak nyaman atau mengharapkan imbalan. Kamu juga akan mendapatkan tanggapan dan hasil yang positif dari apa yang kamu lakukan.

Ambil keputusan yang tepat

Pengambilan keputusan memang bukan hal yang mudah. Membutuhkan pertimbangan dan pemikiran yang matang. Dan dalam hal ini, kamu harus tau apa yang kamu inginkan. Jangan memaksa diri bahwa kamu harus mengambil keputusan yang menyenangkan semua orang.

Ambil keputusan yang tepat (tricialottwilliford.com)

Mengungkapkan apa yang kamu inginkan bisa membantu dalam pengambilan keputusan dan membuat lebih nyaman. Tak apa jika keputusan yang kamu ambil tak bisa membuat orang lain tersenyum. Yang penting kamu yakin dengan yang sudah kamu putuskan.

Pada dasarnya kebahagiaan semua orang adalah tanggungjawab masing-masing individu. Tak perlu risau atau alau kalau kamu tak sanggup membuat orang lain bahagia. Karena yang harus kamu lakukan adalah tanggungjawab untuk membahagiakan diri sendiri.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Inspiratif! Guru Ini Ajarkan Bahaya Bullying pada Muridnya Melalui Dua Buah Apel

Bungkus Mie Goreng yang Kini Beralih Fungsi Jadi Tas Keren nan Mentereng