Tanpa Bantuan Dokter dan Bidan, Remaja Tanggung Membantu Pacarnya Melahirkan Dipandu Tutorial YouTube!

Padahal, peralatan yang dibawa hanya gunting dan sarung!

Sejak internet demikian akrabnya dengan kehidupan kita sehari-hari, rasanya kita bisa menemukan apa saja hanya bermodalkan jaringan internet. Mulai dari aneka resep masakan, musik dan film terbaru, serta bermacam-macam tutorial, bahkan tutorial melahirkan sekalipun.

Baca juga : Yuk, Belajar Untuk Selalu Berpikir Positif dari 5 Hewan Menjijikkan yang Ternyata Punya Banyak Manfaat Ini

Hal terakhir inilah yang belakangan ramai menjadi perbincangan karena terjadi di kehidupan nyata. Adalah MI, seorang remaja berusia 19 tahun asal Kotabaru, Kalimantan Selatan yang membantu persalinan pacarnya, AU dengan dipandu tutorial melahirkan di YouTube. AU pun akhirnya berhasil melahirkan seorang bayi perempuan pada hari Jumat 25 Agustus 2017 pukul 05.30 WIT lalu tanpa bantuan tenaga medis sama sekali.

Bermula dari pacaran yang kebablasan

Syahdan, MI adalah seorang remaja tanggung yang sehari-hari bekerja sebagai tukang las. Sementara AU masih duduk di bangku SMA kelas XII dan tinggal dengan neneknya. Keduanya tinggal di desa yang berdekatan, sekitar 14 km dari pusat kota. Hubungan dua sejoli ini sudah berlangsung cukup lama, namun sayangnya malah mengarah pada hal yang negatif dan berakibat pada kehamilan AU.

Sebagai seorang siswi SMA, AU tentu tidak siap dengan kehamilannya. Pelan tapi pasti, usia kandungannya sudah memasuki usia tua pada penghujung Agustus ini, hingga akhirnya ia pun menelepon MI menjelang adzan subuh 25 Agustus silam. Kepada MI, AU mengatakan bahwa ia merasa kesakitan yang diperkirakan akibat si jabang bayi sudah siap untuk lahir ke muka bumi.

Ilustrasi pacaran yang kebablasan (youtube.com)

Sontak hal tersebut membuat MI panik dan bingung. Ia tak mungkin melaporkan hal tersebut pada orang tuanya, apalagi sang ibu sudah sejak dahulu mewanti-wanti MI untuk tidak kebablasan dalam berpacaran. Melalui telepon, MI lantas berpesan pada AU agar keluar rumah dan menunggunya di tepi jalan. MI pun memberanikan diri pamit pada orang tuanya untuk keluar rumah pada pagi hari buta itu dengan alasan akan menjemput seorang teman. Segera saja MI meluncur menuju tempat AU menunggunya dengan harap-harap cemas.

Bantuan tutorial YouTube dan peralatan sederhana

Setelah bertemu AU, MI langsung membawa AU menuju semak-semak. Ternyata MI sudah mantap akan menangani sendiri persalinan AU, meski dengan peralatan sederhana yang sudah dibawa dari rumah berupa gunting dan sarung.

Ilustrasi tutorial-tutorial melahirkan yang ada di YouTube – youtube

MI lantas sibuk browsing cara-cara yang diperlukan dalam membantu ibu melahirkan dan melakukannya satu per satu sesuai dengan arahan. Ketika si jabang bayi sudah akan keluar, ia pun membuka YouTube untuk mencari tutorial cara melahirkan hingga akhirnya seorang bayi perempuan lahir pada pukul 05:30 WIT. Berkat video tutorial itu pula, MI mengerti cara menggunting tali pusar anaknya sebelum akhirnya membungkusnya dengan sarung.

Pura-pura menemukan bayi

Setelah menyelesaikan urusan persalinan, MI meminta AU untuk pulang dan beristirahat. MI pun kemudian membawa buah hatinya ke tepi jalan, sekitar 500 meter dari tempat bersalin pacarnya. MI lantas menaruh bayi tersebut di pinggir cerukan jalan, dan kemudian berlari ke arah desa dengan tujuan untuk mengabarkan warga bahwa ia menemukan bayi di jalanan.

Ilustrasi bayi ditinggal di semak-semak – radar banjarmasin

Kabar penemuan bayi ini langsung menghebohkan warga sekitar, termasuk Bidan Susi Fitriah yang merupakan istri dari Bhabinkamtibmas Bripka Suyitno. Susi lantas membawa bayi ini ke Puskesmas terdekat agar bisa mendapatkan perawatan. Sementara itu, berita penemuan bayi tersebut juga menyebar hingga jajaran kepolisian. Kasat Reskrim Polres Kotabaru, AKP Suria Miftah Irawan beserta anggotanya langsung meluncur untuk melakukan olah TKP.

Bayi yang dilahirkan oleh AU dalam keadaan sehat dan normal – radar banjarmasin

Polisi kemudian menginterogasi MI sebagai saksi pertama dari penemuan bayi ini. Namun setelah interogasi mendalam dan bingung dalam memberikan jawaban, MI pun akhirnya mengaku bahwa bayi tersebut sebenarnya adalah buah hatinya. Ia pun lantas menyerahkan barang bukti berupa gunting dan sarung, serta berjanji akan bertanggung jawab dengan menikahi AU dan menafkahi buah hatinya ini.

Bagaimana menurutmu tentang kisah ini?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Gebetan Nggak Bales Chat

Nasehat Kecil untuk Kamu yang Suka Mengumbar Kemesraan di Media Sosial