Bukan Emas, Tapi Inilah Material termahal di Dunia, Per-gram Bisa Mencapai Rp 812 Juta Triliun!

Kalau kamu punya lima gram saja bisa menjadi orang terkaya di dunia guys!

Di dunia ini banyak bahan materi yang mengandung nilai jual yang fantastik. Mungkin selama ini bagi kebanyakan masyarakat hanya mengenal emas dan berlian sebagai material berharga yang bisa dijual belikan. Namun sebenarnya ada beberapa material yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan emas dan permata.

Baca juga : Meskipun Sepele, Sekian Benda Ini Memiliki Harga Fantastis yang Tak Kamu Duga!

benda paling mahal di dunia (brilio.net)

“Benda” termahal di dunia bernama Antimatter

Antimatter sebagai “benda” termahal di dunia (tahupedia.com)

Untuk sampai saat ini, rekor material termahal di dunia masih dipegang oleh antimatter. Untuk satu gram antimatter bisa mencapai harga Rp 812 juta triliun. Sungguh angka yang fantastik bukan? Mahalnya antimatter di dunia ini disebabkan memang zat ini sangat sulit ditemukan. Kalaupun bisa diciptakan namun hal itu sangat sulit dan harus mengeluarkan anggaran yang sangat banyak juga.

Apa itu antimatter?

Antimatter merupakan molekul yang tidak memiliki massa (tahupedia.com)

Mengutip pengertian antimatter dari laman wikipedia menyebutkan jika antimatter ialah materi yang terdiri dari antipartikel dari partikel yang menyusun materi biasa. Antimatter ini dibuat dari antipartikel. Misalnya elektron yang bermuatan postif disebut positron, alias antielektron. Proton dengan muatan negatif disebut antiproton. Nah molekul yang disusun oleh antiproton dan antielektron ini disebut antimatter

Bagaimana cara mendapatkan antimatter?

Pada dasarnya antimatter merupakan hasil dari ledakan yang sangat besar di tata surya ini, atau yang kita kenal dengan Big Bang. Pada saat terjadi ledakan yang maha besar di tata surya, terjadi pembentukan beberapa molekul yang kemudian menjadi antimatter.

Para ilmuan Eropa sedang mencoba menciptakan antimatter (tahupedia.com)

Apakah antimatter bisa dibuat oleh manusia? Jawabannya sangat mungkin bisa, mengingat semakin majunya ilmu dan teknologi yang berkembang saat ini. Beberapa ilmuan di CERN (organisasi Eropa yang bekerja di bidang riset dan nuklir) konon berhasil menciptakan antimatter dengan menyusun molekuk antiproton dan antielektron. Namun antimatter yang berhasil diciptakan oleh para ilmuan masih dalam jumlah yang sangat sedikit. Bahkan antimatter yang diciptakan hanya bisa bertahan selama 16 menit, meskipun anggaran yang dikeluarkan untuk proyek ini sangat besar.

Antimatter merupakan sumber energi yang kekuatannya jauh lebih besar dari nuklir

Sebagaimana disinggung diatas, jika antimatter merupakan lawan dari materi. Di alam raya ini keberadaan antimatter sangatlah sedikit, dan lebih banyak zat matter atau materi.

Antimatter bisa dijadikan sumber energi yang jauh lebih besar dibandingkan energi nuklir (tahupedia.com)

Jika manusia bisa menciptakan antimatter, maka hal ini bisa dijadikan sumber energi yang besarnya jauh dari energi nuklir. Mungkin jika antimatter dalam jumlah banyak energinya bisa menyerupai energi matahari.

Ledakan supernova yang terjadi di tahun 2009 meleburkan bintang yang besarnya 200 kali lebih besar dari matahari (tempo.co)

Namun disisi lain, antimatter juga bisa menjadi alat penghancur yang daya ledaknya jauh lebih dahsyat dari ledakan nuklir yang ada di muka bumi ini. Bahkan mungkin bisa menimbulkan ledakan yang maha dahsyat seperti Big Bang. Contoh ledakan yang disebabkan oleh antimatter yang terekam ilmuan di tata surya ialah ledakan supernova SN2007bi yang maha dahsyat, yang terjadi di penghujung tahun 2009 lalu. Bahkan akibat dari ledakan tersebut, bintang yang ukurannya 200 kali  lebih besar dari matahari bisa hilang dalam waktu sekejap.

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

Cewek Wajib Tau, Ini Lho 4 Kebohongan yang Sering Dilakukan Cowok ke Pasangannya

Memilih Meninggalkan Dunia Hiburan, Deretan Artis Ini Memilih Berhijrah Menjadi Pendakwah