Jangan Terlalu Pamer Foto Pernikahan, Karena Berkeluarga Itu Tak Seindah yang Kamu Bayangkan

Jadi, cari calon yang nggak cuma pintar upload foto ya

Sebagai makhluk Tuhan yang bersosial dan punya cinta, menikah adalah babak baru yang akan kamu lewati dalam hidupmu. Layaknya babak baru pada banyak hal lainnya, pernikahan pun menawarkan sesuatu yang berbeda, petualangan yang berbeda. Namun kalau kamu yakin bahwa pernikahan berarti selamanya bahagia dan penuh adegan-adegan mesra, silahkan lanjutkan dulu pacaranmu. Serius.

Baca juga : 3 Tantangan Besar yang Akan Dihadapi Kamu yang Bersedia Jadi Istri Kedua

Kalau kamu pikir hidup berumah tangga itu akan selalu semesra ini, silahkan perpanjang masa pacaranmu dulu. | satujam.com

Membuktikan sendiri rumitnya hidup berkeluarga

Setelah menikah, ada berbagai tantangan dan permasalahan yang mau tak mau harus kamu hadapi. Saat sudah menikah dan menemui masalah untuk pertama kali, mungkin kamu akan merasakan beban yang sangat berat. Mengapa? Karena untuk pertama kalinya, kamu menghadapi kenyataan dan membuktikan sendiri bahwa hidup berkeluarga jauh lebih rumit dari yang selama ini kamu bayangkan.

Berbagai tantangan dan masalah harus kamu hadapi setelah menikah. | duitpintar.com

Dan yang harus kamu tahu, permasalahan yang akan kamu dan pasanganmu hadapi nanti tidak akan selesai karena pernikahan. Yang bisa menyelesaikan, apapun masalahnya, adalah kalian berdua. Bukan karena kalian sudah resmi menjadi suami-istri, namun bisa tidaknya kalian berdiskusi dan berkompromi untuk menemukan solusi. Ini, adalah hal penting yang mutlak harus kamu pahami.

Masalah-masalah yang baru ditemui

Oleh karena itu, ada baiknya kamu dan dia belajar menyelesaikan semua masalah sebelum kalian benar-benar memutuskan untuk menikah. Setidaknya, itu bisa meringankan masalah-masalah di masa mendatang, karena pernikahan selalu punya masalahnya sendiri. Saya tidak berani menjamin, namun di awal-awal pernikahan, pasti kamu cukup pusing dengan beberapa masalah yang baru ditemui.

Jangan kaget kalau di awal-awal pernikahan kamu akan menemui masalah yang baru kamu temui seumur hidupmu. | infophoria.com

Kamu akan mulai menemukan sisi lain dari pasanganmu, sesuatu yang selama ini belum kamu tahu. Adanya kesempatan untuk bisa bersamanya selama 24 jam setiap hari, akan membuatmu dengan mudah menemukan hal-hal yang selama pacaran belum pernah dia perlihatkan. Tentu saja, hal yang sama juga berlaku padamu. Dan percayalah, ini tidak selamanya menyenangkan, lho…

Yang kedua, seringnya melewati hari-hari bersama akan membunuh me time-mu. Karena di awal pernikahan, adalah sesuatu yang canggung kalau kamu meminta ‘jarak’ dari pasanganmu. Selain itu, menjauh darinya juga menimbulkan beberapa dilema, seperti bingung bagaimana mengatakannya, bagaimana memberi alasan yang tepat, dan apakah hal itu bisa menimbulakan kecurigaan atau tidak.

Lanjut ke soal finansial. Kamu, akan mulai dihadapkan pada masalah pengeluaran yang ternyata jauh lebih besar ketimbang saat kamu masih lajang. Dulu, setiap gajian mungkin kamu bisa bebas membuka online shop untuk belanja baju, tas, gadget, dan apapun yang kamu inginkan. Namun setelah menikah, hal pertama yabg harus kamu pikirkan setelah gajian adalah memenuhi kebutuhan rumah!

Masalah lain yang sangat mungkin kamu temui setelah menikah adalah lelah mengurusi keluarga. Mengurusi keluaraga itu membutuhkan kekuatan di atas rata-rata, entah itu bagi seorang suami maupun istri. Kalau bekerja masih bisa mengambil cuti, mengurusi keluarga tidak. Di saat-saat seperti itulah kamu akan rindu dengan rumah orang tua atau kehidupan masa muda.

Calon suami/istri yang tepat dan pintar

Setelah membaca ini, seharusnya kamu benar-benar sadar dan percaya bahwa hidup berkeluarga itu tak semudah yang kamu kira.

Dan karena kamu mustahil bisa menghindarinya, maka yang bisa kamu lakukan sekarang adalah memastikan bahwa orang yang kamu jadikan calon suami/istri adalah orang yang tepat dan pintar bekerja sama untuk mengarungi susah senangnya hidup berkeluarga, bukan yang hanya pintar memamerkan foto pernikahan di media sosial.

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Merayakan Erotisme Lewat Despacito yang Tengah Booming

Kol Goreng, Penganan Lezat Namun Mematikan