Untuk Pengantin Baru, 5 Masalah Ini Akan Kamu Hadapi di Awal Pernikahanmu

Bahkan di awal pernikahan yang seharusnya bahagia, bisa muncul berbagai masalah tak terduga~

Pernikahan bukanlah tujuan akhir dari sebuah hubungan cinta, melainkan sebuah awal dimana kalian harus mulai berjuang bersama mempertahankan rumah tangga. Mungkin kamu merasa sangat lega setelah ijab kabul atau pemberkatan selesai. Merasakan datangnya hari-hari baru nan bahagia bersama pasangan halal. Tak ada salahnya, tapi kamu juga harus ingat bahwa, tidak ada pernikahan tanpa masalah.

Masalah di awal pernikahan (thoughtcatalog.files.wordpress.com)

Bahkan masalah bisa datang di tahun awal pernikahan. Biar kamu nggak kaget dan bisa mempersiapkan diri dari sekarang. Inilah sekian masalah yang akan kamu hadapi di awal pernikahan.

Hubungan dengan mertua

Hubungan antara menantu dan mertua memang menjadi masalah kompleks dalam rumah tangga. Kamu harus siap dengan berbagai masalah yang mungkin muncul dengan mertua ketika proses adaptasi di awal pernikahan. Apalagi jika kamu dan mertua memiliki kepribadian yang jauh berbeda.

Hubungan dengan mertua (huffpost.com)

Butuh waktu lama untuk saling menyesuaikan diri dan menerima. Kuncinya adalah keterbukaan dan saling respek untuk menjembatani perbedaan antara kamu dan mertua.

Membangun kedekatan

Sebelum menikah, kamu dan dia mungkin sudah kenal cukup lama. Kamu bahkan tau apa saja kebiasaannya sehari-hari. Namun setelah menikah, pasti ada sifat baru yang muncul atau sesuatu yang akan berubah dalam hal kedekatan atau keintiman.

Membangun kedekatan (media.glamour.com)

Mungkin mulanya terasa sangat canggung tinggal serumah dengan suami/istri. Proses adaptasi bahkan bisa menimbulkan masalah. Namun jika dikomunikasikan dengan baik dan terbuka, semua bisa diselesaikan dengan mudah dan baik-baik saja.

Prioritas yang berbeda

Masih ingat apa prioritasmu sebelum menikah? Bisa orang tua, pendidikan, traveling atau bahkan karir dan kebahagiaan. Namun kini, kamu harus menempatkan pasangan sebagai prioritas pertama. Kamu harus sadar bahwa kamu bukan lagi seorang lajang yang bebas kemana-mana tanpa kabar. Kini ada seseorang yang harus kamu kabari setiap hari dan apa saja kegiatanmu hari ini.

Prioritas yang berbeda (verilymag.com)

Penyesuaian kebiasaan sehari-hari

Mungkin terkesan sangat sepele, namun hal ini bisa jadi pemicu pertengkaran di awal pernikahan. Kamu dan dia pasti memiliki kebiasaan yang berbeda yang dilakukan masing-masing dirumah. Namun setelah menikah, kebiasaan tersebut harus disesuaikan satu sama lain.

Penyesuaian kebiasaan sehari-hari (The Spruce)

Proses adaptasi dengan kebiasaan pasangan ini yang terkadang menjadi masalah. Kamu tak menyukai kebiasaan buruknya namun kamu juga harus menerimanya dan terbiasa, begitupun sebaliknya.

Masalah finansial

Ada baiknya jika kalian selalu berkomunikasi terkait masalah finansial atau keuangan. Karena kamu bukan lagi lajang yang bebas menggunakan uang untuk keperluan pribadi. Penghasilan kalian berdua sudah harus berada dalam manajemen yang sama untuk kebutuhan bersama dan rumah tangga.

Masalah finansial (rd.com)

Karena jika tidak ada komunikasi terkait finansial, bisa menimbulkan kecurigaan dan rasa tidak percaya kepada pasangan. Tentu, rasa curiga ini bisa menjadi masalah besar jika tidak segera diluruskan.

Itulah beberapa persoalan yang akan dihadapi oleh pengantin baru. Tapi jangan khawatir, semua masalah bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik dan adanya sifat terbuka. Jadikan masalah sebagai batu lompatan untuk hubungan yang jauh lebih berkualitas. Jangan malah karena banyak masalah kamu jadi takut menikah.

Semangat ya!

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *