Menurut Penelitian, Manusia Hanya Bisa Memiliki 5 Sahabat yang Benar-Benar Setia dalam Satu Waktu

Kira-kira siapa lima teman terbaikmu?

631
SHARES

Manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak bisa hidup dengan menyendiri. Kita dari sejak dilahirkan, sampai nanti meninggal dan dikuburkan tentu akan membuatuhkan peran orang lain. Inilah yang menjadikan manusia tidak bisa hidup dengan menyendiri.

Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup menyendiri (vebma.com)

Terkait hubungan sosial manusia, baru-baru ini terdapat penelitian tentang seberapa banyak manusia bisa memiliki sahabat dekat, yang memiliki empati dan rasa emosi yang sama. Penelitian ini menggunakan catatan ponsel, dimana dari seluruh kontak ponsel yang ada di hp objek penelitian. Setidaknya hanya lima nomor ponsel teman yang paling sering dihubungi dan berinteraksi.

Penelitian tersebut memperkuat penelitian sebelumnya, yang dilakukan oleh antropolog Inggris dan peneliti Robin Dunbar pada tahun 90an. Menurut penelitian yang dilakukan kepada lingkup sosial 150 orang ini, manusia dalam melakukan hubungan sosial terdapat empat lapisan yang menentukan kedekatan.

Hubungan pertemanan (aribowo.net)

Lapisan pertama ialah orang yang paling dekat atau sahabat, lapisan kedua ialah teman bermain, lapisan ketiga ialah teman perkenalan, dan lapisan terakhir ialah masyarakat pada umumnya.

Yang menarik dari penelitian ini, ialah pernyataan jika manusia hanya mampu memiliki hubungan dengan lapisan sosial pertama, maksimal 5 orang. Artinya setiap manusia hanya bisa mampu memiliki 5 sahabat yang benar-benar dekat secara emosional dalam satu waktu. Adapun lapisan kedua terdapat 10 orang, lapisan ketiga 35 orang, dan lapisan terluar atau lapisan keempat terdapat 100 orang.

Dalam satu waktu kamu hanya mampu memiliki lima orang teman dekat (kanaltigapuluh.info)

Awalnya penelitian ini dilakukan terhadap hubungan sosial simpanse, menurut antropolog Inggris dan peneliti Robin Dunbar, semakin besar volume otak simpanse maka ia akan semakin lebih banyak memiliki teman dekat. Penelitian ini kemudian diaplikasikan kepada manusia, bahwa ternyata manusia juga memiliki batas maksimal jumlah sahabat dekat.

Menurut penelitian Robin Dunbar, manusia yang memiliki volume otak lebih besar akan lebih banyak memiliki sahabat dekat, jumlahnya bisa mencapai 15 orang. Namun yang demikian sangatlah jarang ditemukan, justru manusia rata-rata memiliki volume otak yang sama yang hanya mampu memiliki kedekatan emosional dengan 4-5 orang.

Temukanlah lima orang teman terdekatmu, dan selalu bersamanya (kompasiana.com)

Lapisan pertama atau sahabat terdekat yang berjumlah lima orang ini, tentu mereka yang merasa cocok dengan beberapa hal. Selain itu mereka memiliki empati satu sama lain yang tinggi sehingga bisa saling berbagi persoalan, dan orang-orang ini biasanya akan sangat merasa cocok satu sama lain. Inilah yang kemudian disebut dengan sahabat sejati kalian.

Setelah mengetahui hal ini, mungkin kamu bisa mengkasifikasi 150 orang disekitar kamu. Kemudian kamu bisa membaginya menjadi 4 kelompok. Selanjutnya temukan 5 orang teman terbaik buatmu, dan teruslah bersamanya meskipun kalian disibukkan dengan kehidupan masing-masing.

631
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,