Dari Kesehatan Hingga Pariwisata, Ini 4 Manfaat yang Disumbang Pokemon Go

Apa saja kebaikan yang diberikan oleh pokemon go? Cari tahu di sini

Pokemon Go belum resmi di rilis di Indonesia. Namun saat ini sudah banyak pengguna smartphone yang menggunakannya. Tak sabar menunggu perilisan resmi, mereka mengunduh file APK dari source lainnya. Pokemon Go adalah sebuah fenomena, mengingat baru sebentar dirilis sudah meledak dan digunakan oleh jutaan pengguna.

Baca juga : Merasa Kuota Internetmu Boros? Mungkin kamu Perlu Praktekkan Tips Hemat Kuota Berikut Ini.

Tak heran, selain menawarkan cara bermain game yang unik dan baru, Pokemon Go ternyata juga menawarkan banyak manfaat. Penasaran apa saja yang akan kamu dapatkan setelah bermain Pokemon Go? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Dipuji oleh Ahli Kesehatan

Hampir semua orang sangat suka dengan game. Jenisnya pun banyak, namun sebagian besar bisa menyebabkan masalah kesehatan. Duduk dalam waktu yang lama bisa membuat seseorang jadi kurang gerak. Hal tersebut tidak bisa disepelekan begitu saja karena bisa memicu obesitas bahkan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Namun semenjak game Pokemon Go dirilis, ada cara lebih seru untuk bermain game. Para pemburu pokemon, harus bergerak untuk mencari pokemon di sekitar mereka.

Pokemon Go [via teenvogue.com]
Pokemon Go [via teenvogue.com]
Aktivitas fisik yang dilakukan oleh pemain Pokemon Go tentu mendatangkan manfaat tersendiri untuk kesehatan. Hal itu disampaikan oleh para ahli kesehatan. Salah satunya adalah Dale Bond. “Semakin lama Anda bergerak, semakin banyak kalori yang akan terbakar dan akan memberikan kesehatan secara keseluruhan,” ungkap Bond.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Dengan fiturnya yang canggih dan seru, Pokemon Go  membuat para gemers dan pengguna smartphone jadi sumringah. Bahkan di Indonesia sendiri yang notabene belum mendapat giliran perilisan resmi, sudah dibanjiri oleh pemain Pokemon Go. Efek menyenangkan yang ditimbulkan ternyata bisa membuat seseorang terhindar dari perasaan cemas dan depresi. Hal itu juga disampaikan para ahli psikologi. Karena mau tak mau harus bergerak untuk mendapatkan Pokemon, maka game tersebut jadi membuat kamu lebih aktif secara fisik.

Pokemon Go [via foxnews.com]
Pokemon Go [via foxnews.com]
Ada kabar yang menyebutkan jika Pokemon Go membantu seorang remaja berumur 18 tahun keluar dari masalah depresi dan kecemasan setelah memainkan game keluaran Niantic tersebut. Para psikolog menjelaskan jika Pokemon Go memang benar-benar memberikan dampak yang positif. Meski begitu, mereka juga mengatakan jika game tidak bisa serta merta dijadikan sebagai langkah pengobatan. Tetap harus ada batasan, menggunakannya secara berlebihan justru akan mendatangkan banyak masalah.

3. Baik untuk Pendidikan Anak

Kamu tidak hanya akan sehat setelah memainkan game Pokemon Go, tapi juga cerdas seiring dengan bertambahnya wawasan. Permainan yang mulai dirilis tahun 2016 tersebut, menjadi demam tersendiri. Jika sudah memainkannya kamu pasti tahu dengan fitur Poke Stops yang biasanya terletak di tempat-tempat spesial.

Pokemon Go [via tekno.rakyatku.com]
Pokemon Go [via tekno.rakyatku.com]
Seperti rumah ibadah, monumen, museum, tempat wisata dan bangunan bersejarah. Untuk mendapatkan bola pokemon, pengguna harus mendatangi tempat itu. Secara tak langsung akan menambah wawasan tentang lingkungan dan tempat-tempat penting.

4. Sebagai Langkah Promosi Pariwisata

Kemunculan Pokemon Go bisa dibilang adalah sebuah sukses besar. Tak banyak game yang mendapat dukungan dari pemerintah.  Namun sebelum resmi rilis di Indonesia saja, Pokemon Go sudah mendapat perhatiand dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya, Pokemon Go bisa ampuh untuk menarik perhatian para wisatawan.

Pokemon Go [via megapolitan.kompas.com]
Pokemon Go [via megapolitan.kompas.com]
Caranya tentu saja dengan menjadikan tempat wisata sebagai lokasi perburuan Pokemon.  “Bagus banget, beberapa destinasi pariwisata di Jakarta juga ditempatkan menjadi wilayah perburuan Pokemon Go! Makin banyak tempat, makin bagus untuk mempromosikan Wonderful Indonesia,” ujar Arief.

Itulah beberapa kebaikan yang diberikan oleh game Pokemon Go. Meski begitu ada juga laporan tentang bahayanya game tersebut. Bahkan ada yang sampai kehilangan nyawa. Itulah mengapa, kamu tetap harus berhati-hati. Jangan berlebihan menggunakannya, tetapkan batas waktu yang sehat untuk menikmati Pokemon Go, misalnya saja 30 menit setiap harinya.

Bagaimana Menurutmu?

She's busy with her life goals: living life to the fullest. a sky lover, sunrise hunter.

Ternyata Ini Lho 3 Alasan Kenapa Antar Anak di Hari Pertama Sekolah Itu Penting

5 Mitos Manajemen Waktu yang Justru Menghancurkan Hidupmu