Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Luar Biasa dari Kulit Jeruk yang Bisa Kamu Gunakan

Setelah mengetahui manfaatnya yang luar biasa, yakin masih buang cuma-cuma kulit jeruk?

Selama ini mungkin kamu akan membuang kulit jeruk karena menganggapnya sebagai sampah tak berguna. Memang sih, secara fisik kulit jeruk hanyalah barang sisa yang terlihat tidak ada manfaatnya. Namun siapa sangka, ternyata kulit jeruk memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan loh.

Tentu kamu sering mendengar atau melihat berbagai merk alat kecantikan atau kesehatan terbuat dari bahan kulit jeruk. Jika demikian, kenapa ya kita masih menyepelekannya. Berikut ini manfaat luar biasa dari kulit jeruk yang bisa kamu coba.

1. Ampuh menurunkan berat badan

Pengen nurunin berat badan namun enggan berolahraga? Kamu bisa melakukannya dengan cara yang satu ini. Yakni minuman ramuan dari kulit jeruk. Cara penyajiannya sama seperti kamu minum teh atau kopi. Namun teh dan kopi digantikan dengan kulit jeruk.

Menurunkan berat badan (suaramerdeka.com)

Cara pembuatannya cukup mudah. Pertama kamu bisa keringkan kulit jeruk yang dalam kondisi baik, setelah mengering campurkan ke dalam cangkir air panas, tunggu selama 10 menit, setelah air berubah warna angkat kulit jeruk dan tambahkan madu. Minum dua kali sehari.

Para pakar kesehatan membuktikan jika kulit jeruk memiliki khasiat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga membakar kalori lebih banyak dan mampu menurunkan berat badan.

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia ini. Ratusan ribu jiwa harus kehilangan nyawa akibat ganasnya penyakit yang satu ini. Biaya pengobatannya cukup mahal. Tidak berlebihan jika penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang paling dihindari masyarakat.

Menurunkan kadar kolesterol (erabaru.net)

Namun siapa sangka, ternyata kulit jeruk mampu menurunkan kolesterol seseorang. Kandungan kulit jeruk terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi seseorang. Tidak hanya itu, kulit jeruk juga memiliki flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina,  yang efektif untuk melawan kanker usus besar dan osteoporosis.

Lalu bagaimana cara menjadikan kulit jeruk sebagai minuman kesehatan? Cara pengkonsumsiannya bisa kamu lakukan seperti poin pertama di atas. Yakni dengan menjadikannya minuman teh kulit jeruk.

3. Memutihkan gigi

Salah satu khasiat terbaik dari kulit jeruk ialah mampu memutihkan gigi secara alami dan cepat. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene yang mampu memutihkan gigi dengan cepat.

Memutihkan gigi (bacaterus.net)

Caranya memutihkan gigi pun sangat mudah, kamu cukup menggosokkan kulit bagian dalam ke gigi. Tips ini sangat cocok buat para pecinta kopi, teh, dan perokok yang mengalami kerusakan warna pada gigi.

4. Mempercantik kulit wajah

Kulit jeruk kaya akan vitamin C dan A yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Jika kamu mengalami berbagai persoalan kulit wajah seperti kusah, kering, berjerawat, dan berminyak, kamu bisa menggunakan kulit jeruk sebagai masker wajah.

Masker kulit jeruk (bacaterus.net)

Cara pembuatan masker wajah dari kulit jeruk pun cukup mudah. Pertama kamu blender kulit jeruk dengan ditambah sedikit air hingga menyerupai pasta, tambahkan sedikit madu, dan oleskan ke wajah sebagai masker. Diamkan selama 25 menit hingga kemudian bilas dengan air bersih.

Masker kulit jeruk selain menyehatkan kulit wajah, juga membuat wajahmu terlihat lebih bersih, segar, dan terbebas dari minyak berlebih. Jadi, bisa kamu coba kan tips praktis ini.

5. Merawat rambut agar tetap indah dan sehat

Manfaat kulit jeruk selanjutnya ialah untuk merawat dan menjaga keindahan rambut. Buat kamu yang memiliki rambut kering dan kusam, bisa mencoba menggunakan conditioner kulit jeruk.

Merawat rambut (bacaterus.net)

Cara pembuatannya hampir sama dengan pembuatan masker kulit jeruk. Perbedaannya terletak pada cara pemakaian. Untuk perawatan rambut, kamu bisa oleskan di rambut yang sudah sedikit dibasahkan. Kulit jeruk juga ampuh mengusir ketombe di kulit kepalamu.

Itulah 5 manfaat kulit jeruk yang tidak banyak diketahui. So, jangan anggap kalau kulit jeruk itu sampah yah. Manfaatkan segala sesuatu jika memang itu bermanfaat guys!

 

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *