Alih-Alih Kebahagiaan, Ternyata Justru Kesedihan yang Memberimu Banyak Keuntungan

Udah siap sedih hari ini?

527
SHARES

Andai disuruh memilih antara sedih dan bahagia, kamu akan memilih yang mana? Saya yakin kamu akan menjatuhkan hati pada pilihan kedua: bahagia. Itu normal, karena manusia memang ingin selalu merasa bahagia. Namun, tahukah kamu kalau kesedihan justru menjadi bagian terpenting dari kehidupan?


Di luar perkiraan, ternyata justru kesedihan yang mempunyai peran terbesar dalam kehidupan. –  imgur.com

Ya, kesedihan merupakan perasaan alami yang akan terus kamu butuhkan untuk menjalani hidup. Karena secara alami juga, porsi suasana hati manusia itu mencakup lebih banyak hal-hal negatif ketimbang yang positif.

Mengenali, menghindari, dan mengatasi

Beberapa emosi negatif seperti rasa takut, marah, malu, bahkan jijik, nyatanya sangat membantu kamu untuk bisa mengenali, menghindari, dan mengatasi situasi yang mengancam atau membahayakan. Selain itu, rasa sedih juga bisa mengingatkanmu pada keadaan dunia yang perlu kamu tanggapi.

Rasa sedih mampu mengenali, menghindari, dan mengatasi situasi yang mengancam. –  patheos.com

Sebagai sinyal sosial

Lebih dari itu, kesedihan juga mampu bertindak sebagai sinyal sosial yang mengomunikasikan tentang keinginan untuk keluar dari persaingan, atau justru menawarkan perlindungan. Sehingga ketika kamu sedang dalam suasana sedih, orang akan cenderung khawatir dan berusaha membantu.

Dengan bersedih, kamu akan mendapat perhatian lebih dari orang lain. – huffpost.com

Memicu kreativitas artistik

Karena mampu memberikan sinyal sosial, itu berarti kesedihan juga mampu meningkatkan empati, kasih sayang, sensibilitas moral, dan estetika. Atau dengan kata lain, kesedihan bisa memicu kreativitas artistik yang membantumu untuk lebih memperhatikan dan fokus pada situasi sulit.

Bersedih justru bisa membuatmu fokus pada situasi tersulit sekali pun. – mikeywalks.com

Bahkan dari sisi psikologis pun, perasaan sedih yang kamu alami itu juga sangat berperan dalam membantu mengembangkan pola pikir dan kedewasaan.

Pertama, memori otakmu akan berkembang menjadi lebih baik. Karena ketika bersedih, ingatanmu akan berjalan baik, lebih detail, dan jauh dari efek gangguan seperti informasi-informasi yang tidak relevan.

Manfaat yang kedua, penilaianmu menjadi lebih akurat ketimbang biasanya. Ini, karena bersedih mampu mengurangi beberapa bias dan distorsi ketika kamu membangun kesan untuk orang lain.

Motivasi adalah manfaat yang ketiga. Ketika bersedih, kamu akan berusaha lebih keras dan lebih tekun untuk mengerjakan tugas atau mencoba melakukan apapun dengan cara yang jauh lebih baik dan benar.

Yang terakhir, rasa sedih akan membangun komunikasi yang lebih baik. Gaya berpikir dan komunikasimu akan menjadi penuh perhatian dan terperinci sehingga benar-benar mudah dipahami oleh orang lain.

Nah.. dengan segudang keuntungan dari kesedihan ini, sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk bersedih hari ini?

527
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."