Inilah 7 Hal Menakjubkan yang Bisa Dilakukan “Cinta” Untuk Tubuhmu

Karena mencintai juga berati membuat tubuhmu menjadi sehat

46
SHARES

Semua orang tahu saat jatuh cinta atau saat dihampiri cinta, kamu akan merasa lebih baik dan nyaman. Tapi apakah kamu benar-benar tahu bahwa sebenarnya ada ilmu pengetahuan yang bisa dijelaskan di balik itu?

Keajaiban cinta (Via hammond.allamericanhealthcare.net)
Keajaiban cinta (Via hammond.allamericanhealthcare.net)

Ini lho sebenarnya fakta menakjubkan, bahkan sudah terbukti secara ilmiah bahwa cinta memberikan efek pada tubuh dan pikiran kamu.

1. Cinta meringankan rasa sakit secara alami

Kita -bahkan kamu- tau bahwa, pelukan akan membuatmu lebih baik dan juga terhibur. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa oksitosin (kimia dalam otak yang menciptakan perasaan tenang dan kedekatan) akan dilepaskan selama pelukan. Dalam waktu 10-20 detik, hal ini dapat melawan rasa sakit, khususnya sakit kepala.

Cinta mengurangi sakit (Via newsread.in)
Cinta mengurangi sakit (Via newsread.in)

Terlebih lagi, saat kamu hanya melihat foto kekasih atau orang yang kamu cintai, akan meningkatkan daya tahan dan mengurangi rasa sakit (40% dalam kasus sedang dan 15% dalam kasus berat). Otak akan mengaitkan foto tersebut dengan rasa nyaman yang akan membuat segala jenis nyeri atau sakit bisa tertahankan, sehingga bertindak seperti analgesik.

Dari pandangan yang berbeda, para ilmuwan telah membuktikan bahwa rangsangan seksual, terutama orgasme bisa memblokir rasa sakit. Hal ini tentu akan sangat efektif untuk mengatasi sakit punggung kronis, gejala arthritis dan juga kram.

2. Cinta akan menjaga hatimu

Studi menunjukkan bahwa, ekspresi cinta menurunkan detak jantung menjadi setengah. Hal ini akan lebih efektif saat stres dan mengurangi resiko penyakit jantung dalam jangka panjang.

Selain itu, oksitosin -dikenal sebagai hormon cinta dan diyakini menjadi salah satu molekul paling menakjubkan di dunia- akan mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan sosial secara teratur, meningkatkan harga diri dan membantu menghindari serta melawan depresi.

Cinta menjaga hati (Via chobirdokan.com)
Cinta menjaga hati (Via chobirdokan.com)

3. Cinta membantumu melawan penyakit tubuh

Cinta juga terkait dengan gestur tubuh, mulai dari gandengan tangan untuk aktivitas seksual misalnya. Kegiatan ini akan meningkatkan produksi endorfin yang pada gilirannya, akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Demikian pula orang yang merasa dicintai, akan memiliki respon lebih baik untuk pengobatan dan motivasi kuat untuk melawan penyakit.

Membantu melawan sakit (Via framepool.com)
Membantu melawan sakit (Via framepool.com)

4. Cinta melawan insomnia

Hormon cinta (oksitosin dan endorfin) akan menghambat pelepasan kortisol. Hormon ini yang bertanggungjawab menyebabkan stres. Hormon cinta akan secara alami membuat istirahat lebih baik. Dan juga rekonfigurasi hormonal dalam menciptakan cinta, secara ilmiah terbukti menjadi salah satu perawatan paling efisien untuk tidur malam yang lebih baik.

Melawan insomnia (Via sunflower-press.com)
Melawan insomnia (Via sunflower-press.com)

5. Cinta mengurangi gejala ketergantungan

Opiat, kokain, nikotin, alkohol merupakan zat paling adiktif karena mempengaruhi tingkat dopamin dalam tubuh. Dopamin merupakan hormon yang bertanggungjawab memunculkan kesenangan dan juga efek dari euforia. Namun, dopamin juga meningkatkan pelepasan testosteron dan oksitosin yang akan membuat kombinasi terbaik untuk menghindari dan melawan kecanduan.

Dengan kata lain, jatuh cinta akan mengisi hidupmu dengan kesenangan yang kamu butuhkan. Pada saat yang sama, perasaan dicintai akan melawan kecanduan dan secara harfiah akan membantu kamu mengatasi gejala ketergantungan dan mengurangi keinginan.

Mengurangi ketergantungan (Via christiandrugandalcoholtreatment.com)
Mengurangi ketergantungan (Via christiandrugandalcoholtreatment.com)

6. Cinta membuat panjang umur

Survei membuktikan bahwa, orang-orang yang menjalani hubungan bermakna -terutama pernikahan- akan merasa lebih sehat dan mendapat manfaat dari gaya hidup sehat. Seperti memilih makanan, makan teratur, istirahat cukup, sedikit stres dan lainnya.

Menjalani hubungan secara bermakna akan membantumu yang rentan untuk mengatasi kondisi fisik secara lebih cepat. Pada dasarnya ini membuktikan bahwa, orang yang sedang jatuh cinta dan membangun komitmen dalam sebuah hubungan cenderung hidup lebih lama.

Panjang umur (Via huffingtonpost.com)
Panjang umur (Via huffingtonpost.com)

7. Cinta merupakan terapi

Seseorang menjalani terapi karena berbagai alasan, namun sebagian besar karena mereka ingin didengarkan dan dipahami. Dari semua spesialis di dunia, orang yang paling mampu dan selalu ada untuk menawarkan terapi untukmu, adalah mereka yang mencintaimu. Dukungan dari cinta dan kasih sayang baik secara mental atau psikologis merupakan obat saat kamu mengalami fobia, depresi, kecemasan sosial ataupun gangguan fisik.

Cinta untuk terapi (Via couplestherapyinc.com)
Cinta untuk terapi (Via couplestherapyinc.com)

Cinta dan hubungan tidak hanya terjadi pada kamu. Kamu memilih untuk mencintai, untuk meningkatkan hubungan, untuk berperilaku berbeda, dan pada akhirnya memilih untuk bahagia dan tetap sehat. Psikolog Robert Sternberg mengatakan bahwa, tanpa ekspresi, cinta terbesar bisa mati. Dengan begitu kamu harus menunjukkan cintamu. Karena hal ini yang paling efisien untuk mendapatkan lebih dari sekedar “cinta”.

Jadi, disarankan segeralah cari pasangan biar tubuh makin sehat :p

46
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

"You can if you think you can"