5 Alasan Kenapa Malang Sangat Tepat Kamu Jadikan Tujuan Melanjutkan Pendidikan

Mau lanjut kuliah? Ke Malang aja!

Siapa sih yang nggak tau Malang? Kota indah ini menduduki posisi kedua setelah Surabaya sebagai kota terbesar di provinsi Jawa Timur. Nggak cuma memiliki kota yang indah, Malang juga dikenal dengan julukannya sebagai Kota Apel. Julukan ini bukan tanpa alasan, Malang memang surganya apel karena memiliki produksi apel yang melimpah. Malang juga dijuluki sebagai Paris van Oost-Java atau bagai kota Paris di timur Jawa karena keindahan alamnya, iklim yang sejuk, dan juga kota yang bersih. Tak heran sih jika Malang dijadikan salah satu tujuan para pelancong, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Kuliah di Malang (bromoauthentictours.com)

Terlepas dari segala macam keindahan yang tak bisa dijabarkan, Malang masih punya julukan sebagai Kota Pendidikan dan juga Kota Pelajar. Ada banyak alasan kenapa Malang diminati sebagai tujuan melanjutkan pendidikan, terutama untuk calon Mahasiswa yang akan melanjutkan jenjang sarjana maupun magister. Di kota ini ada banyak universitas ternama seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan juga Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain tiga kampus tersohor itu, Malang masih punya banyak universitas, akademi maupun sekolah tinggi yang siap menyambut mahasiswa baru setiap tahunnya.

Kamu yang saat ini sedang berjuang mencari “kursi” di universitas, nggak ada salahnya lho menjadikan Malang sebagai tujuan. Tak hanya memiliki banyak tempat pendidikan, Malang juga punya 5 alasan kenapa kamu harus menjadikannya tujuan pendidikan.

1. Lingkungan dan suasana yang nyaman untuk tinggal

Sudah dijelaskan di atas, Malang bak kota Paris yang ada di timur Jawa. Kota ini memiliki lingkungan alam yang sangat mendukung untuk kalian yang ingin melanjutkan studi. Letak kota yang dihimpit gunung membuat Malang memiliki hawa sejuk nan adem yang selalu siap menjernihkan pikiranmu dikala suntuk. Banyak taman terbuka hijau dan juga taman yang nyaman untuk belajar ataupun sekedar melepas stres kuliah.

Lingkungan dan suasana nyaman (ub.ac.id)

Kota yang pernah memenangkan piala Adipura ini juga memiliki lingkungan yang sangat mendukung kegiatan belajar mengajar dengan suasana kota yang tenang. Apalagi pemerintah kota selalu mempunyai inovasi untuk menambah kenyamanan kota dengan membangun dan menatanya agar terlihat lebih apik. Dengan lingkungan yang seperti ini kamu bisa lebih fokus belajar dan mencetak prestasi yang membanggakan.

2. Banyak kampus ternama

Sebagai Kota Pendidikan, Malang memang memiliki banyak perguruan tinggi ternama yang tersebar di seluruh wilayahnya. Jika dihitung, ada puluhan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Jangan salah, meskipun swasta, kualitas pendidikan tak perlu diragukan. Selain tiga universitas yang telah disebutkan di atas, Malang masih punya Universitas Muhammadiah Malang, Universitas Merdeka Malang, Institut Teknologi Nasional hingga Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Banyak kampus ternama (umm.ac.id)

Setiap kampus tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kamu hanya harus memilih kampus yang sesuai dengan passion dan minatmu. Sudah banyak mahasiswa yang melancong ke Malang, terutama dari Indonesia Timur seperti Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Maluku hingga Papua. Nggak sedikit juga yang akhirnya memilih tinggal dan menetap karena kecintaannya pada Malang.

3. Biaya hidup murah dan akses yang mudah

Dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, Malang tergolong kota dengan biaya hidup relatif murah. Di kota ini kamu masih bisa menemukan semangkuk soto dengan harga 5 ribu rupiah hingga ayam krispi ataupun lele goreng dengan kisaran harga 7-10 ribu rupiah. Meskipun dengan harga yang terjangkau, porsinya tetap mahasiswa banget. Hal ini tentu juga tergantung dengan keahlianmu mencari dan menemukan tempat makan yang tepat sesuai kantong.

Biaya hidup murah (googleusercontent.com)

Harga sewa kos juga terbilang relatif murah. Untuk sebuah kamar dengan kamar mandi dalam, kamu bisa menyewanya seharga 2,5 juta pertahun. Tentu dengan fasilitas yang disesuaikan ya. Di Malang juga banyak mall dan pusat perbelanjaan yang menjual berbagai keperluan sehari-hari hingga memudahkan kamu untuk mencari apa yang diingini. Aksesnya? Mudah dijangkau dong.

4. Banyak tempat piknik

Ketika libur tiba ataupun saat penat melanda, piknikin aja! Jangan khawatir, Malang juga banyak tempat menarik nan eksotis yang siap membantumu melepas penat dan lelahnya kegiatan perkuliahan. Di Malang daerah selatan, kamu bisa menemukan sederet pantai menawan yang siap memanjakan seperti Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, Pantai Perawan hingga Pantai Sendiki. Tak hanya pantai, Malang juga punya air terjun atau coban seperti Coban Talun, Coban Pelangi, Coban Pitu hingga Coban Rondo yang terkenal dengan mitosnya.

Banyak tempat piknik (tripjalanjalan.com)

Gunung Bromo juga bisa kamu sambangi hanya dengan 1-2 jam perjalanan dari kota Malang. Atau piknik ke tetangga, Kota Batu juga punya banyak sekali wisata yang bisa kamu singgahi di akhir pekan. Itu baru wisata alamnya, Malang masih punya banyak museum, tugu peringatan, kampung wisata hingga sarana olahraga yang siap memanjakan jiwa dan raga.

5. Wisata kuliner yang siap memanjakan lidah

Selama menempuh pendidikan di Malang, kamu tak akan bosan dengan kuliner yang itu-itu aja. Tak hanya tentang bakso kawi atau bakso malang, kamu juga bisa berburu kuliner lezat yang tiada duanya. Kamu bisa menemukan makanan tradisional hingga makanan Eropa di kota ini. Ada orem-orem, bakso bakar, cwie mie, rawon khas Malang, soto kambing Tunggulwulung, nasi pecel, mendoan dan masih banyak kuliner yang lain.

Kuliner malang (foodyfloody.com)

Tak hanya kulinernya yang juara, Malang punya banyak tempat ngopi dan tongkrongan yang bisa kamu sambangi. Kamu bisa ngobrol, ketemu temen hingga ngerjain tugas bareng di cafe-cafe yang tersebar di Malang. Harganya? Ada yang murah ada juga yang mahal. Tapi yang pasti, tempatnya nyaman dan banyak menyediakan spot foto menarik.

Dengan 5 alasan di atas, Malang memang tempat yang tepat bagi kamu yang sedang mencari perguruan tinggi dan melanjutkan studi.

Bagaimana Menurutmu?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Berkenalan dengan Robot Cantik Erica yuk, Terminator Pertama di Dunia Nyata

Jangan Salahkan Dulu Orang Ketiga, Karena Jika Tidak Ada Ruang Dia Tak Akan Datang