Ternyata, Bukan Sekedar Hiasan. Inilah Makna Gambar Ayam Jago di Mangkok yang Melegenda!

Sering lihat kan mangkok ayam jago merah? Udah tahu maknanya?

Tentu kta tidak asing dengan mangkok yang bergambarkan ayam jago. Saat kita makan mie ayam, bakso, soto, atau makan sup buah, mangkok ayam jago selalu hadir menemani hidangan yang disajikan. Namun dibalik melegendanya mangkok ayam jago yang ada saat ini, ternyata hal tersebut menyimpan makna yang dalam.

penampakan mangkuk ayam jago di film kungfu hustle (tribunnews.com)

Perlu kamu ketahui, mangkok bergambar ayam jago ternyata tidak hanya melegenda di Indonesia saja, namun di beberapa negara Asia mangkok ini ternyata menjadi mangkok idola sebagian besar masyarakatnya. Bahkan di sebuah film lama Stephen Cow, Kungfu Hustle, terdapat adegan yang memperlihatkan mangkok dengan gambar jago ini.

Sejarah gambar ayan jago pada mangkok

Terkait sejarah asal muasal mangkok ayam jago yang melegenda ini, ada dua aliran yang mengatakan asal usul mangkok tersebut. Aliran yang pertama meyakini jika asal muasal mangkok ayam jago berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Aliran ini berargumen jika gambar ayam jago yang ada di mangkok menyerupai dengan ayam hutan Gallus yang dibudidaya masyarakat Thailand sejak 8000 SM silam.

Ada yang mengatakan jika mangkok ayam jago berasal dari Thailand (nusakini.com)

Aliran kedua berpendapat jika mangkok ayam jago berasal dari Negeri Tirai Bambu, China. mereka berpendapat jika mangkok ayam jago ini sudah ada sejak kekaisaran China kuno, dimana saat itu dikuasai oleh Dinasti Ming. Selain itu, pada tahun 5300-4300 juga ditemukan fosil ayam gallus di daratan China, hal ini yang memperkuat jika ayam gallus tidak hanya berada di Thailand.

Dari kedua pendapat tersebut, pendapat kedua lebih banyak dibenarkan oleh para sejarawan dan kolektor benda-benda kuno, khususnya benda-benda peninggalan kekaisaran China kuno. Konon mangkok ayam jago masuk ke nusantara melalui proses perdagangan jaman dahulu, dimana banyak orang China yang melakukan jual beli di tanah nusantara.

Pendapat paling kuat asal muasal mangkok ialah dari China (boombastis.com)

Brand mangkok ayam jago semakin populer setelah salah satu produk penyedap makanan menjadikan mangkok ini sebagai hadiah bagi para konsumennya. Produk penyedap makanan yang bergambarkan mangkok merah tersebut membagikan cuma-cuma mangkok ayam jago kepada para pembelinya. Hal inilah yang menjadikan mangkok ayam jago semakin familiar di warung mie ayam, bakso, dan warung makan.

Makna gambar ayam jago pada mangkok

Masyarakat China merupakan masyarakat yang paling mengedepankan simbol dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika pengkalenderan mereka juga menggunakan simbol, yang dikenal dengan istilah Sio. Pun dalam persoalan mangkok ayam jago, gambar ayam jago pada mangkok tersebut bukan hanya semata-mata menjadi hiasan, melainkan mengandung makna tersendiri.

Ayam jago menurut kepercayaan masyarakat China menjadi simbol kemakmuran dan rejeki (turahlambe.com)

Menurut masyarakat China, simbol ayam melambangkan kemakmuran dan dilapangkannya rejeki. Ayam merupakan mahkluk yang bangun paling pagi untuk mencari rejeki, itulah kenapa ada istilah “jangan tidur pagi-pagi, nanti rejekinya dipatok ayam”. Dengan menggunakan simbol ayam pada mangkok, masyarakat China berharap apa yang ia selalu dilimpahi rejeki untuk mengisi mangkok tersebut.

Magkok ayam jago juga multifungsi (i.ytimg.com)

Selain sebagai simbol kemakmuran dan lapang rejeki, ayam juga melambangkan sebagai hewan yang paling bermanfaat, mulai dari dagingnya sampai telurnya, ayam bermanfaat bagi kehidupan manusia. Itulah harapannya agar mangkok tersebut bisa digunakan apa saja. Baik makanan panas seperti mie ayam atau bakso, maupun yang dingin-dingin seperti sup buah.

Itulah makna dibalik mangkok bergambar ayam jago merah yang sangat melegenda. Mungkin setiap hari kita melihatnya, namun belum tentu kita mengetahui maknanya bukan?

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amin Aulawi (Aw)

Amin Aulawi (Aw)

Penikmat Dunia, Perindu Surga,

5 Alasan Kenapa Orang Tua Jaman Sekarang Cenderung Memberikan Nama yang Sulit Untuk Anaknya

Soal Perilaku, Geng Motor Indonesia dan Amerika Bagaikan Neraka dan Surga