Bukan Cuma Tentang Perasaan, Menurut Sains Inilah Makna Bahagia Sebenarnya

Karena bahagia bukan hanya tentang cinta saja

Ada banyak sekali definisi bahagia menurut masing-masing orang. Ada yang mengartikannya sebagai cinta dan hubungan, punya banyak uang, atau bahkan bahagia adalah ketika seseorang memiliki segalanya. Karena memang bahagia itu relatif, setiap orang bebas bagaimana mendeskripsikan.

Namun sayangnya masih banyak yang belum bisa menemukan sepenuhnya makna dari bahagia. Banyak yang bingung apakah yang di rasakan itu sungguh-sungguh bahagia atau atau hanya terlihat bahagia? Terutama dalam cinta, kamu harus paham bagaimana ciri-ciri hubungan bahagia sebenarnya dilansir dari Time.

Bisa mempertahankan hubungan emosional dengan baik

Bisa mempertahankan hubungan emosional dengan baik (lukasleonte.com)

Sebuah hubungan yang bahagia bisa dilihat dari bagaimana sepasang kekasih mempertahankan hubungan emosional mereka. Misalnya saja dengan memiliki banyak alasan untuk selalu kembali mencintai pasangannya. Bisa dengan saling terbuka tentang perasaan atau dengan nostalgia bersama agar hubungan lebih intim.

Menjaga segalanya tetap positif

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Institut Gottman, hubungan yang mudah rusak biasanya terjadi karena kedua pihak tidak bisa melakukan hal yang positif. Entah itu dalam hal pikiran maupun tindakan. Misalnya ketika terjadi masalah, mereka justru memilih diam tanpa usaha untuk menyelesaikan.

Menjaga segalanya tetap positif (candidaundmaxjan.de)

Agar hubungan tidak rusak karena hal seperti itu maka butuh apresiasi dari kedua pihak. Bisa berupa pujian, ucapan terimakasih atau yang lainnya agar sama-sama merasa dihargai. Paling penting selalu berpikir positif meski berada dalam keadaan negatif sekalipun.

Hati dan logika yang berjalan seimbang

Hati dan logika yang berjalan seimbang (greatist.com)

Hubungan yang bahagia akan terjalin jika pasangan saling memberikan perhatian dan juga memahami satu sama lain. Menjalin hubungan dengan hati memang sangat penting, namun jangan sampai melupakan logika. Jika keduanya bisa berjalan seimbang maka masalah yang muncul bisa dengan mudah ditangani. Kalian pun bisa dengan mudah memandang sesuatu dari sisi yang positif.

Hubungan yang bahagia bisa menguatkan

Hubungan yang bahagia bisa menguatkan (bestwishesever.com)

Sebuah hubungan yang didalamnya benar-benar merasakan kebahagiaan tentu jauh lebih baik dibanding yang hanya terlihat bahagia dari luar. Bukan hanya lebih baik, hubungan yang seperti itu biasanya juga semakin menguatkan. Hubungan yang baik bisa dibuktikan dengan apakah orang-orang di dalamnya mampu jadi pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya atau tidak.

Menurut sains hubungan yang positif dan saling memiliki ikatan emosional bisa mendorong  hubungan yang sehat. Tentu hal tersebut juga bisa mendatangkan bahagia. Oleh karena itu jangan cuma cinta, tapi biasakan lakukan hal positif dalam hubungan kalian agar lebih baik lagi di masa depan.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *