Bisa Berakibat Fatal, Inilah 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sedang Haid

Penting untuk dibaca, daripada menyesal nantinya!

Haid merupakan proses bilogis yang terjadi pada wanita. Saat haid terjadi, terdapat proses alamiah dalam tubuh yang sedikit banyak berdampak pada wanita yang sedang haid. Jadi tidak heran saat kamu datang bulan, biasanya badan merasa capek, lemas, atau kram di bagian perut bawah.

Nyeri saat haid. (facetofeet.com)

Saat hadi, kebugaran dan kesehatan tubuh sangatlah menjadi penting. Pasalnya, menstruasi bisa dikatakan sebagai proses yang cukup mengganggu kestabilan tubuh, jika kondisi tubuh kurang fit, maka kamu bisa mengalami berbagai efek yang serius. Seperti nyeri bagian pinggang, dan selalu merasa emosi.

Untuk itu, saat menstruasi kamu perlu menjaga pola hidup sehat. Salah satunya ialah dengan menjaga makanan yang kamu konsumsi. Ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari saat menstruasi, sebab jika tetap dikonsumsi, dampaknya bisa berbahaya loh. Berikut makanan yang perlu kamu hindari saat hadi.

1. Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kafein biasanya banyak ditemukan di beberapa jenis minuman. Saat sedang haid, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein. Pasalnya, kandungan tersebut bisa berdampak gangguan pada sirkulasi darah. Sehingga bisa menjadikan abrnormalitas pada pendarahan kamu saat hadi.

Bahaya kaffein bagi wanita haid. (masbidin.net)

Beberapa minuman yang mengandung kafein diantaranya:

  • Kopi
  • Teh
  • Minuman berenergi

2. Makanan dengan kandungan minyak yang tinggi

Buat kamu pecinta makanan yang memiliki kandungan minyak tinggi, seperti gorengan, sebaiknya kamu hindari saat menstruasi. Sebab kandungan minyak tinggi pada gorengan bisa memicu kadar kolestrol yang tinggi.

Hindari gorengan saat haid. (arah.com)

Saat kolestrol naik, maka peredaran darah pada tubuh akan sedikit mengalami gangguan. Akibatnya proses menstruasi pun berdampak tidak normal.

3. Junk food

Tidak hanya untuk orang hadi, makanan junk food sebenarnya tidak baik juga bagi orang normal lainnya. Namun, dampak yang diakibatkan mengkonsumsi junk food bagi mereka yang sedang menstruasi lebih besar dari yang lainnya.

Bahaya junk food bagi wanita haid. (fredericknewspost.com)

Jika kamu mengkonsumsi junk food berlebihan, tidak menutup kemungkinan berbagai efek negatif akan menimpamu. Mulai dari tidak lancarnya proses haid sampai terjadi rasa nyeri berlebihan akibat proses kimiawi dalam tubuh yang tidak normal.

Sebaiknya, saat haid wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, protein dan juga zat besi. Hal ini tentu berdampak lebih baik untuk kesehatanmu.

4. Makanan berlemak tinggi

Sama halnya dengan makanan yang mengandung minyak tinggi, makanan dengan kadar lemak tinggi juga dilarang dikonsumsi bagi wanita haid. Pasalnya, lemak tinggi cukup beresiko bagi proses menstruasi.

Daging merah tidak baik untuk wanita haid. (uzone.id)

Salah satu makanan yang mengandung lemak tinggi, ialah daging merah. Inilah kenapa meskipun daging merah kaya akan protein, tetapi dilarang dikonsumsi wanita hadi. Kandungan lemak yang cukup tinggi pada daging merah bisa berakibat tidak lancarnya proses menstruasi dan naiknya kolestrol.

5. Aneka makanan olahan

Makanan lainnya yang sebaiknya dihindari oleh wanita haid ialah makanan olahan. Makanan jenis ini seperti mie, bakso, nugget dan makanan olahan lainnya merupakan jenis olahan yang dilarang dikonsumsi saat haid.

Makanan olahan seperti bakso, mie dan nugget tidak baik untuk wanita haid. (sickchirpse.com)

Dampak yang paling terasa jika mengkonsumsi makanan olahan saat haid ialah tidak lancarnya proses biologis tersebut. Jadi, daripada berdampak tidak baik, mendingan dihindari bukan?

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *