Hati-hati, Dikenal Penyebab Kecacatan Bayi dan Keguguran, Inilah 5 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Lebih baik mencegah daripada mengobati kan….

Saat masa kehamilan, gaya hidup sehat dan konsumsi makanan sangat perlu diperhatikan. Selain agar gizi ibu dan calon bayi terpenuhi, ternyata makanan yang dimakan ibu hamil juga mempengaruhi kondisi kesehatan janin.

Makanan yang dihindari ibu hamil (images.parents.mdpcdn.com)

Bahkan, ada beberapa jenis makanan yang tidak direkomendasikan dikonsumsi ibu hamil. Sebab, makanan tersebut dipercaya mampu membuat kondisi janin memburuk. Bahkan bisa menyebabkan keguguran sampai kecacatan janin. Makanan apa sajakah yang perlu dihindari ibu hamil?

1. Buah Nanas

Sudah menjadi rahasia umum, buah nanas merupakan salah satu jenis pangan yang tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Terlebih bagi mereka yang usia kehamilan masih sangat muda.

Buah nanas lebih baik tidak dikonsumsi ibu hami (tribunnews.com)

Lalu apa sih yang menyebabkan nanas tidak boleh dianjurkan dikonsumsi ibu hamil? Nanas merupakan buah dengan kandungan bromelain  yang sangat tinggi. Bromelain memiliki efek buruk bagi kondisi rahim seorang wanita.

Dalam beberapa studi, bromelain dikenal memiliki efek membuat leher rahim menjadi lebih lunak dan bisa memicu gangguan kehamilan layaknya keguguran hingga persalinan dini.

2. Buah durian

Buat para pecinta durian, sepertinya anda perlu puasa dulu memakan buah tersebut saat dalam kondisi hamil. Sebab, buah yang memiliki bau menyengat ini ternyata mengandung arachidonat dan alkohol yang cukup tinggi.

Buah durian kurang baik bagi ibu hamil (istimewa)

Bagi ibu hamil, kedua kandungan durian tersebut sangat berbahaya bagi janin jika dikonsumsi berlebihan. Sifat arachidonat dan alkohol yang panas bisa menyebabkan berbagai permasalahan seperi keguguran, prematur, sampai berat badan bayi yang terlalu rendah.

3. Ikan laut tinggi merkuri

Ikan laut merupakan bahan pangan yang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan gizi dan omega 3 dan omega 6 dalam ikan laut dipercaya mampu membuat kondisi janin lebih sehat. Namun sayangnya, tidak semua ikan laut berdampak baik bagi ibu hamil.

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang tinggi kandungan merkurinya (majalahikan.net)

Ada beberapa ikan laut yang justru tidak direkomendasikan dikonsumsi ibu hamil. Ikan tersebut ialah jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri sangat tinggi. Seperti ikan hiu, ikan marlin, ikan tenggiri, dan ikan pari.

Kandungan merkuri yang cukup tinggi pada ikan-ikan tersebut bisa mengakibatkan gangguan pada janin. Seperti gangguan pertumbuhan otak dan gangguan motorik pada janin yang bisa menyebabkan kecacatan fisik dan kecerdasan janin.

4. Sushi

Sushi merupakan makanan lezat yang banyak digemari oleh masyarakat. Namun sayangnya, makanan ini merupakan salah satu makanan yang justru tidak direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sushi tidak direkomendasikan bagi ibu hamil (sushistowe.com)

Sushi yang disajikan tanpa proses dimasak, bisa jadi masih menyisakan banyak bakteri seperti salmonellae. Coli, dan toxoplasma yang mana bakteri-bakteri tersebut sangat mempengaruhi kondisi kesehatan janin di dalam rahim.

5. Buah pepaya

Pada dasarnya buah pepaya merupakan salah satu buah yang cukup baik bagi tubuh. Kandungan serat yang tinggi dipercaya mampu mengobati berbagai persoalan pencernaan dalam tubuh.

Pepaya muda tidak baik bagi janin (hellosehat.com)

Namun siapa sangka, buah pepaya setengah matang justru tidak boleh dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil. Buah pepaya setengah matang memiliki kandungan lateks yang cukup tinggi.

lateks sendiri diyakini bisa memicu kontraksi pada rahim yang tentu kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Itulah 5 jenis makanan yang bisa menimbulkan efek buruk bagi ibu hamil dan janinnya. Nah, buat jaga-jaga saja, lebih baik jika tidak begitu mendesak, hindari jenis makanan yang memiliki resiko buruk bagi ibu hamil dan janin yah.

 

 

Written by Aulawi (Aw)

Aulawi (Aw)

Salah Seorang yang Meyakini Lucinta Luna Itu Perempuan Tulen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *