13 Mainan Anak 90’an yang Akan Membuatmu Ingin Jadi Anak-anak Lagi

Mainan-mainan ini bisa membuatmu kembali ke era 90an yang menyenangkan dan penuh kenangan

Pernah ngga sih kamu membayangkan seandainya bisa balik ke tahun 90an apa yang akan kamu lakukan. Buat yang lahir dan tumbuh di tahun 90an pasti punya memori masing-masing tentang asiknya mainan-mainan di jaman itu. Dimana anak-anak belum kenal gadget seperti jaman sekarang, mereka dan bahkan mungkin kamu bahagia dengan hal-hal kecil yang sederhana. Bukan hanya sekedar bertukar kertas binder dengan gambar-gambar lucu, atau main kelereng sampai lupa mandi, lebih dari itu masa 90an adalah masa paling membahagiakan dengan segudang mainan yang tak bisa lagi kita temukan saat ini. Nah, kali ini Inovasee akan membuatmu bernostalgia dengan mainan-mainanmu dulu. Jangan ngeluh kangen setelah kamu baca ini ya!

Mainan yang Ngehits di Tahun 90-an yang Bakal Kamu Kangenin! (Via papasemar.com)
Mainan yang Ngehits di Tahun 90-an yang Bakal Kamu Kangenin! (Via papasemar.com)

1. Hadiah chiki aja udah bikin bahagia

Bicara tentang mainan legenda, hadiah chiki satu ini pasti termasuk, tazos. Tazos sendiri sejenis puzzle berbentuk bulat, ada juga yang segi enam, dengan sisi-sisi yang bisa dihubungkan dengan tazos lainnya. Kamu yang kreatif pasti pernah membuat bentuk unik dari tazos. Mungkin tazos ini yang bikin kamu setiap hari ngerengek biar dibeliin chiki, ngaku aja.

Tazos (Via lucu.me)
Tazos (Via lucu.me)

2. Tiup-tiup lalu tempel ke muka temanmu

Mainan yang satu ini tak boleh kamu lupakan, balon tiup. Jangan bohong, kamu pasti pernah meniup balon ini lalu iseng menempelkannya ke muka temanmu. Atau mungkin kamu pernah meniup balon ini kemudian menempelkan satu sama lain sehingga jadi boneka? Ini mainan legenda.

Balon Tiup (Via tokopedia.com)
Balon Tiup (Via tokopedia.com)

3. Bongkar pasang, dimana anak perempuan belajar memilih busana

Kalo yang ini sih anak perempuan yang mainin. Biasa dijual di depan sekolah maupun di warung. Sepulang sekolah pasti kamu sibuk mendandani mainan kertas dengan aneka ragam baju sesuka hatimu. Bahkan (mungkin) ada yang rela membuatkan rumah-rumahan.

(Via tokopedia.com)
(Via tokopedia.com)

4. Mainan ini setiap sore sampai lupa mandi

Kelereng atau gundu atau apapun kamu menyebutnya yang setiap sore kamu mainin bersama teman-teman sampai lupa mandi. Mungkin kalau belum di suruh pulang, kamu bisa lanjut main sampai malam ya. Permainan ini membutuhkan konsentrasi tinggi agar kamu bisa menang.

Permainan Kelereng (Via papasemar.com)
Permainan Kelereng (Via papasemar.com)

5. Yang legendaris, Ketapel

Yang satu ini tak boleh ketinggalan kalau membahas mainan anak 90an. Kamu harus mengakui anak 90an memiliki kreativitas yang tinggi. Kamu harus menemukan ranting pohon yang tepat dan kuat tentunya untuk kamu jadikan ketapel. Cukup keren untuk ukuran anak-anak kalau punya benda satu ini, asal jangan digunakan untuk mengambil buah mangga milik tetangga ya.

(Via haiineola.com)
(Via haiineola.com)

6. Bangga rasanya kalau punya banyak kertas binder

Kertas binder ini cukup populer dikalangan anak cewe 90an. Fungsinya selain untuk nulis biodata juga untuk tukeran sama teman. Kertas yang tebal dengan gambar bagus biasanya susah didapat atau kamu harus beli dengan harga 200-500 rupiah per lembarnya. Bisnis yang menjanjikan disekolah, jualan kertas binder.

(Via brilio.net)
(Via brilio.net)

7. Hewan “tamagotchi” kamu udah makan belum?

Siapa yang dulu punya tamagotchi? Pasti rasanya ingin mengeceknya setiap saat, kalau-kalau peliharaanmu telat makan. Jangan sampai telat makan, nanti hewan peliharaanmu sakit. Mainan buatan Jepang ini sukses melatihmu menjadi “ontime” ya sekarang. Mainan legenda asal mula “Pou” bisa jadi.

(Via teknoologia.com)
(Via teknoologia.com)

8. Gadgetnya anak 90an nih

Kalau jaman sekarang anak-anak punya iphone dan segala macem gadget canggih, jaman dulu gimbot udah paling “wah”. Jaman dimana game tetris berjaya. Tak hanya tetris, namun permainan seperti Submarine Battle yang gitu-gitu aja udah bisa bikin ketagihan sampai lupa waktu.

(Via tokopedia.com)
(Via tokopedia.com)

9. Yoyo yoyo yoyo

Belum bisa dibilang keren kalau kamu belum main yoyo. Salah satu standar kerennya anak 90an bisa diukur dari berapa lama yoyonya bisa muter. Semakin lama kamu semakin keren. Simpel ya. Mulai dari yang terbuat dari kayu sampe ada lampunya yang nyala ketika yoyo diputar, anak cowo 90an pasti tau.

(Via youtube.com)
(Via youtube.com)

10. Kalau belum merah belum puas

Permainan satu ini bisa dibilang paling simpel tapi cukup melegenda, entah orang lain menyebutnya apa. Permainan dengan menggunakan kartu bergambar yang kemudian di tepok atau semacam hi five gitu sama temen, yang kalah harus ngasih kartunya ke lawan. Dulu sih kalau main ini dan tangannya belum merah, belum puas deh.

(Via dunianostalgia80-an.blogspot.com)
(Via dunianostalgia80-an.blogspot.com)

11. Kapal tek..tek…tek..

Permainan ini masih ada sampai sekarang, cuma ngga banyak peminat seperti tahun 90an. Kamu pasti pernah rela jongkok berlama-lama cuma karena ngliatin kapal ini muter-muter di ember sambil bunyi tek…tek…tek. Kapal ini bisa jalan kalau bagian belakang kapal kamu sulut api. Kamu masih bisa nemuin kapal ini di pasar malam.

(Via youtube.com)
(Via youtube.com)

12. Kalau yang cowo main kelereng, yang cewe main lompat tali sampe Maghrib

Permainan paling sehat nih yang biasa dimainin anak cewe setiap sore di halaman rumah, bahkan saat jam istirahat di sekolah. Talinya dibuat dari karet gelang yang dirangkai, kemudian kedua ujungnya dipegang dan yang lainnya melompat. Ada level-level tinggi yang diterapkan, semakin kamu bisa melompat di level “Merdeka” kamu keren abis.

(Via msdailylife.wordpress.com)
(Via msdailylife.wordpress.com)

13. Kejarlah layanganmu hingga ujung dunia

Kalau ini sih mainannya anak cowo banget. Semakin tinggi layanganmu terbang, semakin asik permainan. Apalagi ketika layanganmu putus, pasti semakin jauh layanganmu, kamu makin semangat ngejarnya.

(Via wajibbaca.com)
(Via wajibbaca.com)

Mungkin masih banyak mainan yang biasa kamu mainkan dulu, walaupun sekarang sudah tak ada lagi ataupun sush ditemukan, mainan ini akan tetap hidup dalam kenanan anak 90an. Generasi sederhana yang paling bahagia. Yuk share dan komentar.

Written by Erinda

"You can if you think you can"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *