Siap-Siap Antre, Ini 120 Lokasi Penukaran Uang Baru untuk Idul Fitri

Selamat berburu uang baru

Selain pulang kampung, membagi-bagikan uang baru di Hari Raya Idul Fitri kepada sanak saudara merupakan tradisi yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat Islam di Indonesia. Maka, setiap tahunnya, Bank Indonesia mau tidak mau harus menyediakan ‘uang baru’ demi kesuksesan tradisi yang sudah mendarah daging ini. Lantas, di mana saja kita bisa mendapatkannya?

Baca juga : Buruknya Masa Lalu Tak Usah Disalahkan, Sebab Itu Bagian yang Akan Selalu Indah Untuk Dikenang

Penukaran uang baru menjadi tradisi sendiri di Indonesia setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri | cloningnews.tk

Sebagai informasi, tahun 2017 ini Bank Indonesia menyediakan Rp 167 triliun khusus untuk melayani penukaran uang di seluruh cabang Bank Indonesia, perbankan, dan sejumlah pihak yang ditunjuk, di seluruh Indonesia. Jumlah yang wow ini naik 14 persen dari Idul Fitri 2016 yang ‘hanya’ berjumlah Rp 146 triliun saja.

43 + 77 titik penukaran

Sedangkan untuk lokasi penukarannya, ada 120 titik yang terdiri dari 43 kantor Bank Indonesia di daerah (satuan kerja kas keliling) dan 77 kas titipan di bank komersial, yang mulai Senin (5/6/2017) sudah melayani penukaran uang baru.

120 titik sudah disediakan sebagai tempat penukaran uang baru | voanews.com

Dari titik distribusi tadi, 13 bank BUMN maupun swasta juga termasuk di antaranya. Bank-bank tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Mandiri, Bank Tabungan Negara, Bank DKI, Bank Mega, Bank Permata, Maybank, CIMB Niaga, BNI Syariah, Mandiri Syariah, dan BJB.

Lokasi alternatif

Sementara lokasi lain (selain bank) yang menjadi tempat penukaran uang baru adalah Lapangan IRTI Monumen Nasional (Jakarta), Gedung Juang (Lampung), Lapangan Puputan (Bali), Masjid Islamic Center (Lhokseumawe), GOR Segiri (Samarinda), Alun-Alun (Bandung), dan Lapangan Benteng (Medan).

Sebagai alternatif, masyarakat juga bisa menukarkan uang di lokasi-lokasi lain selain bank | pikiran-rakyat.com

Penukaran uang juga bisa dilakukan di beberapa gedung pemerintahan seperti Gedung DPR RI (Jakarta), Gedung DPR Daerah atau Kota. Sementara itu, BI juga akan melakukan kas keliling ke pasar-pasar, stasiun dan posko mudik, dengan prioritas utama mengedarkan uang cetakan baru emisi 2016.

Batas maksimal penukaran

Yang perlu digarisbawahi adalah, layanan penukaran uang yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bersama perbankan dan sejumlah pihak yang ditunjuk ini bersifat gratis dan dipastikan terbebas dari metode tukar tambah dan potensi uang palsu.

Tahun ini diberlakukan batas maksimal penukaran uang sebesar Rp 3,7 juta per orang | kabar.news

Dan untuk mekanisme penukarannya, Bank Indonesia akan memberlakukan batas maksimal penukaran uang Rp 3,7 juta per orang. Karena itu, penukar wajib menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas diri lainnya sebagai bukti pencatatan.

Nah, sudah jelas kan sekarang? Jadi, selamat berburu uang baru dan jangan lupa.. jangan desak-desakan ya!

Bagaimana Menurutmu?

Written by Amanes Marsoum

Penulis artikel dan sastra. Penemu dari sebuah konsep sederhana: "Kita tidak pernah tahu seberapa jauh bisa berubah. Namun untuk sesuatu yang jauh lebih baik, kita tidak akan pernah menyesal."

Menurut Fatwa MUI, 5 Hal Ini Haram Dilakukan di Media Sosial

7 ‘Kebohongan’ yang Terlanjur Dipercaya Bisa Batalkan Puasa