6 Logam Ini Bisa Menggantikan Emas Untuk Cincin Kawin Pasangan Muslim

Para cowok muslim pun kini bisa memakai cincin kawin dengan tenang

Selama ini, kita mengenal emas sebagai logam mulia yang paling cocok untuk digunakan sebagai cincin kawin. Maknanya jelas, sebagai logam yang berharga, emas dianggap sebagai perlambang kesakralan hubungan pernikahan. Meski begitu, logam ini menimbulkan problema tersendiri bagi pasangan muslim.

Sebagaimana telah diketahui banyak orang, seorang lelaki muslim tidak diperkenankan mengenakan cincin ataupun perhiasan lain yang terbuat dari emas. Hukumnya pun jelas: haram. Oleh karena itu, saat ini telah bermunculan sejumlah logam yang bisa menggantikan posisi emas sebagai cincin kawin. Tak perlu khawatir, enam logam berikut ini tak kalah istimewa dengan emas kok!

1. Platinum

Cincin platinum – warriortraining.us

Nama platinum pastilah tidak asing di telinga kita. Maklum, cincin yang dibuat dari bahan platinum punya nilai paling mahal dari berbagai jenis cincin kawin yang beredar di pasaran. Platinum pun punya sejumlah keunggulan seperti memiliki tampilan warna yang menarik, tidak menyebabkan alergi pada kulit, tidak mudah korosi dan tahan aus. Untuk memilih cincin platinum terbaik, kamu bisa memilih yang memiliki karat 95 persen. Itu berarti cincin tersebut dibuat dari campuran  bahan platina 95 persen dan sisanya menggunakan bahan lain.

2. Titanium

Cincin platinum – jualcincintitanium.com

Titanium mungkin memang tidak termasuk dalam kategori logam mulia. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena logam ini tetap punya tampilan yang tak kalah menarik dari emas, punya daya tahan yang bagus, dan pastinya lebih murah dari emas. Kekurangannya, titanium bisa memicu alergi pada mereka yang punya kulit sensitif. Selain itu, titanium juga sulit dibedakan dengan logam lain yang mempunyai bobot ringan dan berwarna gelap.

3. Palladium

Cincin palladium – jualo.com

Saat ini, palladium adalah logam yang tengah naik daun untuk digunakan sebagai pengganti cincin kawin emas. Sebabnya, palladium termasuk logam langka yang punya tampilan dan sifat hampir menyerupai platinum atau emas putih, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau. Palladium tidak menimbulkan alergi meskipun digunakan oleh orang yang kulitnya sensitif. Palladium juga lebih tahan gores, punya warna menarik dan bobot yang ringan.

4. Perak

Cincin perak – cincinkawinmadina.com

Selain palladium yang sedang nge-trend, perak juga salah satu logam yang paling banyak menjadi pilihan alternatif untuk menggantikan emas. Perak murni mudah dibentuk karena sifatnya yang lembut. Beratnya pun ringan dan memiliki harga yang lebih terjangkau ketimbang emas. Kekurangannya, perak mudah pudar warnanya dan gampang tergores. Namun tenang saja, para pengrajin biasanya mengakali hal ini dengan melapisi perak dengan logam lain macam rhodium sehingga punya daya tahan yang lebih baik dan warnanya awet. Kalaupun cincin perakmu kelak memudar lagi warnanya, kamu cukup membawanya ke toko perhiasan untuk di repolish agar kembali berkilau.

5. Zirkonium hitam

Aneka macam model cincinzirkonium hitam – aliexpress.com

Zirkonium hitam adalah logam langka yang kabarnya lebih kuat dari titanium dan punya sifat tahan panas. Tak heran jika zirkonium juga kerap digunakan di bidang industri hingga bahan kendaraan luar angkasa. Selebriti Ananda Omesh memilih zirkonium hitam sebagai cincin kawinnya saat melangsungkan pernikahan pada 2012 silam. Menurutnya, zirkonium hitam yang ia cari dulu hanya bisa didapat di Swedia, Inggris, Kanada, serta di Amerika Serikat. Bagaimana, eksklusif dan layak digunakan sebagai pengganti emas, kan?

6. Tungsten karbida

Cincin tungsten karbida – www.orori.com

Nama tungsten carbide atau tungsten karbida mungkin terdengar asing. Meski begitu, logam yang dikenal punya titik lebur tinggi ini amat ideal untuk digunakan sebagai cincin kawin. Alasannya, tungsten karbida paling tahan gores ketimbang material logam lainnya dan mampu mempertahankan bentuknya. Bahkan, untuk memotong logam ini pun pengrajin harus menggunakan teknologi laser! Meski begitu, harganya masih terjangkau dan logam ini juga tidak berkarat atau bernoda.

Nah, bagi kamu pasangan muslim yang akan menikah, lebih baik kamu mempertimbangkan pilihan logam-logam di atas untuk material cincin kawin kalian. Masa sih, cuma pihak perempuan saja yang memakai cincin kawin?

 

 

Bagaimana Menurutmu?

Written by Dozan Alfian

Dozan Alfian

Tidak peduli pada jumlah followers di media sosial, hanya tertarik pada uang dan kekuasaan~

Hasil Penelitian Membuktikan, Angka Perselingkuhan Naik Seiring Berkembangnya Media Sosial

Kamu, Jangan Pernah Mencintaiku Jika Hanya Ingin Mencurigaiku