Masih Suka Minder Tampil di Depan Umum? Lakukan 5 Hal Ini Agar Rasa Percaya Dirimu Melejit

Hari gini masih minder? Ikuti tipsnya untuk lebih PD,

507
SHARES

Beberapa diantara kita mungkin pernah merasa grogi tampil di depan umum, jangankan untuk menyatakan pendapat kita, hanya mengangkat tangan saja kita merasa berat dan malu. Kejadian seperti ini sebenarnya disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri.


Mungkin ini terdengar sepele, namun buat kamu yang masih muda khususnya yang masih sekolah dan kuliah, minimnya rasa percaya diri sangat menggangu di perkembangan kamu, baik perkembangan akademik, sosial, maupun keahlian kamu.

Kurang percaya diri bagi pelajar sangat menghambat perkembangannya (ummi-online.com)

Coba bayangkan saja jika kamu di dalam kelas hanya menjadi penikmat orang lain berpendapat, saat terjadi diskusi kelas kamu tidak berani untuk menyampaikan pendapatmu dan hanya diam menyaksikan. Dengan seperti itu kamu tentu dianggap “antara ada dan tiada”. Meskipun tubuhmu ada, namun karena kamu tidak berpendapat atau ikut serta berbaur di diskusi, kamu seolah-olah tidak ada ditempat tersebut.

Untuk mengatasai minimnya rasa percaya diri, kamu bisa melakukan 5 hal ini agar kamu lebih PD saat tampil di depan umum.

1. Awali pembicaraan dengan senyuman

Senyuman merupakan bahasa tubuh paling unik, hampir semua orang akan membalas senyuman kita. Mungkin saat kamu mau menampilkan diri di depan umum kamu merasa keadaan sangat tegang, grogi, dan penuh keseriusan. Cobalah santaikan dengan sebuah senyuman, dinginkan suasana dan fikiranmu yang grogi tersebut dengan senyuman.

Senyuman saat berbicara di depan umum memberikan aura positif, rasa bahagia, dan percaya diri (i.huffpost.com)

Saat kamu memulai percakapan di depan umum dengan senyuman, hampir dipastikan audience atau lawan bicara kamu akan membalas dengan senyuman juga, meskipun tanpa kamu suruh dan tanpa mereka sadar. Nah dengan suasana yang penuh senyuman rileks, santai, dan terasa lebih dekat, kamu bisa lebih percaya diri untuk tampil di depan umum. Senyuman selalu memiliki energi positif yang baik bagi kita.

2. Fokus dengan kelebihan yang kamu miliki

Alasan yang paling banyak ditemui saat kita merasa minder ialah karena kita terlalu fokus pada kelebihan orang lain, dan fokus pada kekurangan diri sendiri. Ingat, di dunia ini setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Membandingkan kelebihan orang lain dan kekurangan diri sendiri akan membuatmu merasa minder dan tidak percaya diri.

Untuk itu, fokuslah dengan kelebihan yang bisa kamu banggakan dalam dirimu. Ingat bahwa kamu juga memiliki kemampuan yang patut dibanggakan, jika kamu merasa belum menemukan kelebihanmu coba untuk saat ini renungkan apa yang bisa kamu banggakan pada dirimu sendiri.

Fokuslah dengan kelebihan yang kamu miliki (amazonaws.com)

Mungkin kamu punya keahlian pintar masak, renang, sepak bola, atau kamu memiliki karakter baik hati, pintar, kaya, banyak teman, atau juga kamu memiliki orang tua yang penyayang, memiliki keluarga yang harmonis, itu semua kelebihan yang ada pada dirimu yang orang lain belum tentu memilikinya.

Fokuslah dengan kelebihanmu itu yang orang lain belum tentu seberuntung kamu memilikinya, dan banggalah dengan diri sendiri serta kamu harus percaya jika kamu pasti bisa dan patut dibanggakan.

3. Berpenampilan rapi dan pas dengan situasi

Dalam teori psikologi komunikasi seorang orator yang baik setidaknya memiliki kerdibilitas, dan bagian dari kredibilitas ialah karisma, baik gaya berbicara mupun berbusana. Kita lihat saja Presiden Soekarno, ia selalu tampil rapi dan berkarakter.

Penampilan terbukti membuat kamu lebih percaya diri (idntimes.com)

Berpenampilan rapi saat tampil di depan umum tidak hanya akan menambah rasa percaya diri kamu, namun juga akan membuat lawan bicara lebih memberikan perhatian kepada kamu dan lebih percaya kepada apa yang kamu sampaikan. Sebab secara psikologi audience akan lebih percaya dengan seseorang yang berpenampilan rapi, itulah kenapa para sales man selalu berpakaian rapi bahkan berdasi.

4. Selalu upgrade dan update pengetahuan dan wawasanmu

Semakin banyak pengetahuan dan wawasanmu, kamu akan semakin percaya diri tampil di depan umum. Biasanya kamu akan merasa minder tampil di depan umum apabila lawan bicaramu adalah orang yang berpengetahuan dan berwawasan lebih banyak dari pada kamu.

Semakin banyak pengetahuan dan wawasan, maka kamu semakin percaya diri (lpminstitut.com)

Untuk itu agar kamu merasa PD sebisa mungkin kamu harus selalu mengupdate pengetahuan dan wawasan kamu. Selain kamu akan merasa percaya diri, pendapatmu juga akan lebih diperhatikan.

5. Berdoa setiap hendak tampil di depan umum, dan selalu bersyukur dengan apa yang ada pada dirimu

Berdoa bisa memberikan kekuatan tersendiri yang kadang tidak bisa masuk logika. Dengan berdoa saat hendak tampil di depan umum, selain mengharapkan hasil yang maksimal juga akan membuat kita lebih tenang, lebih yakin, dan lebih mengeluarkan aura positif. Itulah kenapa pemain bola kelas dunia pun selalu berdoa setiap hendak masuk lapangan.

Berdoalah sebelum melakukan sesuatu, sebab di dalam doa ada kekuatan yang kadang tidak masuk akal (kitamuda.id)

Berdoa terbukti mampu menghilangkan grogi dan membangkitkan percaya diri bagi pemain sepak bola. Selain berdoa, kamu juga perlu bersyukur dengan apa yang ada pada dirimu. Dengan bersyukur itu artinya kamu menerima dirimu sendiri, kamu percaya jika Tuhan memberikan anugrah kelebihan pada dirimu sendiri dan kamu patut untuk percaya bahwa kamu bisa tampil di depan umum.

Itulah 5 cara agar kamu bisa membangkitkan rasa percaya diri tampil di depan umum, selain lima hal tersebut kamu juga terus berlatih dan sesering mungkin beranikan diri tampil di kelompok lingkunganmu, bergabunglah dengan organisasi untuk melatih hal itu.

507
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,