7 Lagu Religi yang Pernah Memeriahkan Bulan Puasa Tahun 2000an. Kamu Hafal Salah Satunya?

Sekarang tidak ada lagi band yang menggeluarkan lagu religi saat bulan puasa.

301
SHARES

Pada tahun 2000an, bulan puasa bagi para musisi Indonesia merupakan ladang ibadah sekaligus ladang rejeki. Pasalnya kala ramadhan tiba, banyak band-band papan atas Indonesia yang berlomba-lomba menciptakan karyanya berupa lagu religi.


Opick sebagai salah satu musisi yang banyak mengeluarkan lagu rekligi (carilaguin.com)

Pada awal tahun 2000an banyak group band Indonesia yang memanfaatkan waktu bulan puasa untuk meluncurkan karyanya yang bertemakan lagu religi. Mungkin kamu juga salah satu pendengar setia lagu-lagu religi karya band-band idola kamu? Buat nostalgia mendingan kita ulas lagi beberapa judul lagu religi ini.

1. Pintu Surga (Gigi)

Judul lagu Pintu Surga sempat booming dikalangan pasar musik Indonesia pada tahun 2006 silam. Salah satu lagu dari album religi ketiga Band Gigi ini, berhasil mendapatkan tempat di hati masyarakat berkat kemampuan Band Gigi mengolah lirik dan aransemen lagu ini, sekaligus proses pemasaran lagu yang efektif.

Lagu Pintu Surga menjadi lagu andalan saat Band Gigi mengadakan konser keliling Indonesia saat bulan puasa. Acara yang disponsori merk rokok terkenal ini, dikenal dengan nama kegiatan Ngabuburit. Lewat acara inilah lagu Pintu Surga menjadi salah satu lagu religi terpopuler di bulan puasa tahun 2006 silam.

2. SurgaMu (Ungu)

Selain lagu Pintu Surga dari Band Gigi, di tahun 2006 band Ungu juga meluncurkan album lagu religinya yang pertama. Album yang diberi judul SurgaMu ini berhasil menjadi lagu religi favorit di bulan puasa kala itu. Kamu tentu masih ingat dengan lagu ini bukan?

3. Andai ku tahu (Ungu)

Masih di tahun yang sama dan album yang sama, judul lagu religi yang lainnya dari band ungu yang populer ialah lagu yang berjudul Andai Ku Tahu. Lagu yang masih berada satu album dalam album SurgaMu ini bahkan sempat menduduki tangga lagu terfavorit di belantika musik Indonesia.

4. Dengan Nafasmu (Ungu)

Mencoba mengulang kesuksesannya di tahun 2006, pada tahun 2008 Ungu kembali mengeluarkan album religi spesial bulan puasa dengan judul album Aku dan Tuhanku. Album yang terdiri dari lima lagu ini memiliki lagu andalan, yaitu Dengan Nafasmu. Ada yang masih hafal dengan lagu ini?

5. MemujaMu (St12)

Kesuksesan band-band menciptakan karya lagu religi pada bulan puasa membuat band-band lain mengikuti jejaknya. Kini St12 yang mencoba keberuntungan dengan menciptakan lagu berjudul MemujaMu. Meskipun lagu ini masuk dalam Album Puspa, namun tema yang dibawakan ialah religi. Lagu MemujaMu pun berhasil populer di bulan puasa tahun 2009.

6. Tobat Maksiat (Wali Band)

Untuk Band yang satu ini tentu tidak asing dengan lagu-lagu yang bertemakan religi, bahkan bisa dikatakan banyak lagu yang diciptakan Band Wali bertemakan religi. Salah satu lagu yang pernah booming ialah lagu berjudul Tobat Maksiat. Masuk dalam Album Spesial Religi Wali Cari Berkah, lagu tobat maksiat menjadi lagu paling populer dibandingkan dengan lagu lainnya di bulan puasa tahun 2013.

7. Tombo Ati (Opick)

Lagu religi terfavorit untuk bulan puasa selanjutnya ialah lagu Tombo Ati yang dibawakan Opick. Sebenarnya lagu ini bukanlah ciptaan Opick, sebab sebelumnya ada musisi yang membawakan lagu ini juga, Opick hanya melakukan aransemen ulang.

Namun meskipun demikian, lagu tombo ati yang dibawakan Opick selalu mendapatkan tempat dikalangan pecinta lagu religi. Bahkan sejak lagu ini dipasarkan di Album Istighfar tahun 2005, sampai saat ini lagu tombo ati masih sering diputar di radio-radio saat bulan puasa.

Itulah 7 lagu religi yang pernah meramaikan bulan puasa kita di tahun 2000an. Kalau kita membandingkan dengan sekarang, entah kenapa saat musisi saat ini tidak lagi menciptakan lagu-lagu religinya saat bulan puasa. musisi

301
SHARES
Bagaimana Menurutmu?

Penikmat Dunia, Perindu Surga,